Unik! inilah Perjalanan Sejarah Logo dari Masa ke Masa.

Teman-teman, kalian penasaran gak sih perjalan sejarah logo dari awal terbentuk sampai sekarang dikenal dan dijadikan pengenal sebuah perusahaan itu gimana? Ikut aku terus yuk! Mari kita mengenal perjalanan sejarah logo dari masa ke masa.

Sebelum itu, mari kita berkenalan dengan logo.

Apa itu logo?

Logo sendiri merupakan suatu gambar atau tulisan yang menggenggam erat sebuah makna identitas loh guys, identitas yang dimaksud itu seperti entitas, perusahaan, organisasi, produk, atau sebuah merek dagang. Fungsi utamanya itu untuk menjadi identitas yang membedakan antar perusahaan yang memiliki kesamaan; kesamaan dalam produk, dalam organisasi dan lainnya.

Nah, udah kenal logo kan? Ayo kita mulai sejarahnya!

Sejarah Logo!

Sebelumnya kalian udah tau kan? kalau dari dulu kita “manusia” menggunakan gambar sebagai alat komunikasi, bahkan sebelum kita mengenal tulisan, kita menggunakan gambar dulu loh untuk menjelaskan, berkomunikasi, dan bercerita tentang suatu hal. Nah, mulai dari sini nih! kita tumbuh dan berkembang bersama dengan gambar.

Awal mulanya, kita harus tarik ke sebelum masehi. Disini manusia masih dalam zaman mengumpulkan makanan atau zaman mesolitikum. Dizaman ini lukisan atau gambar yang digunakan untuk berkomunikasi itu ditemukan dalam goa dan terletak di dinding goa.

Banyak cerita yang ada dalam dinding tersebut, mulai dari imajinasi, cerita perjuangan, perjalanan hidup, percintaan, harapan, dan kepercayaan suatu ras loh! tapi tidak hanya itu, disini manusia juga sudah menemukan perbedaan warna yang akhirnya digunakan untuk menjelaskan suatu perasaan lebih dalam lagi.

Nah! disini manusia sudah mulai mengenal dan menggunakan simbol serta lambang untuk beberapa hal tertentu.

setelah itu, di sekitar tahun 8000 sebelum masehi, ditemukannya sebuah tembikar yang berisi ilustrasi, simbol, dan lambang nih! ternyata tembikar ini banyak ditemukan didaerah bangsa Asyria, Persia, Mesir, Kartago, dan Summeria. Tembikar tersebut berisikan tentang budaya, politik, agama, dan banyak lagi. Hal ini dikenal sebagai hyerogliphs.

Tapi yang menarik adalah ternyata seniman seniman jaman itu menggunakan teknik grid loh temen – temen yang akhirnya digunakan oleh seluruh logo desainer didunia. Hal ini menekankan bahwa ternyata dari dulu, seniman sudah memikirkan tentang proporsi dan keseimbangan dalam suatu karyanya.

Tidak hanya itu, Mesir kuno menggunakan ilustrasi, simbol, dan lambang untuk memberi tanda dan mengidentifikasi harta benda milik perorangan. Kejadian inilah yang membuat simbol, lambang dan ilustrasi akhirnya dikenal sebagai logo.

kemudian waktu terus berjalan dan sampailah kita diabad pertengahan. Disini, bangsa Eropa menggunakan dua teknik berbeda untuk visual, Yaitu: Lambang Heraldic dan Tanda Simbol. Kita akan fokus ke Lambang Heraldik nih, karena mulai dari sini semua menjadi lebih jelas. Lambang Heraldik sendiri merupakan salah satu sistem visual untuk membedakan status sosial yang menggunakan elemen desain.

Tingkat kebesaran kerajaan dan perbedaan bangsawan menggunakan Lambang Heraldik ini loh! tetapi hal ini berubah ketika populasi kependudukan bangsa Eropa mulai bertambah. Kok gitu? emang ngaruh ya?

Ngaruh banget tau! karena pertumbuhan yang begitu cepat, banyak masyarakat Eropa yang akhirnya berpindah ke kota dan karena itu juga, masyarakat Eropa yang awal mulanya menggunakan metode agraris mulai mengenal dan menerapkan metode perdagangan. Nah, dari sini terlihat sangat banyak masyarakat Eropa yang berpindah yang akhirnya berdagang kekota, sayangnya apa yang mereka jual tidak terlalu berbeda jauh yang mengakibatkan masing-masing dari pedagang ini membutuhkan identitas dagang mereka masing-masing.

Setelah kejadian ini, banyak pedagang yang akhirnya memasang lambang, simbol untuk menjelaskan apa yang mereka jual. Lalu ada salah satu perusahaan bir terkenal yang menggunakan logo yang unik dan sangat memperkenalkan apa yang dia jual. Dari sinilah logo mulai dikenal luas oleh masyarakat.

Penggunaan lambang atau simbol sebagai logo oleh bangsa Eropa dimulai dengan menggambarkan illustrasi apa yang mereka jual pada papan kayu dan menggantungnya didepan toko mereka. Disisi lain, pada tahun 105 masehi, cina sudah mulai menemukan percetakan kertas dan berkembang nih guys sampai Jepang di sekitar tahun 610 masehi loh!

Tidak berhenti disana, kemudian Italia mulai mengenal percetakan kertas nih dari pedagang Arab. Dari sini, percetakan terus berkembang walau hanya menggunakan alat tradisional hingga pada akhirnya Johannes Gutenberg, sebagai penemu mesin cetak membawa dunia percetakan pada era modernnya ditahun 1440, hal ini juga lah yang membuat Inggris mulai berkembang didunia percetakannya pada tahun 1495.

Mulai dari sini nih temen temen, logo era modern mulai bergerak kearah “pengklaiman” kepemilikan karya suatu lambang, logo, dan simbol.

Tapi kan ini hanya pada perkembangan pencetakannya saja? ohh, belum selesai teman-teman!

Pada abad 18 dan 19, terbukalah jalan yang sangat amat lebar untuk sebuah desain komersil logo perusahaan yang modern dan menarik perhatian banyak orang. Banyak perusahaan yang akhirnya membuat logo komersil dan terkenal salah satunya yang bertahan hingga sekarang adalah Coca-Cola.

Logo Coca-cola ini terlihat sangat tua, tetapi dizaman itu, logo ini sangatlah kuat dan sangat populer karena sangat terasa inovasi logo modern. Logo ini muncul pertama kali pada tahun 1886. Dalam logo ini, Coca-cola menampilkan logo yang terlihat seperti tulisan tangan berjenis spencerian yang sangat populer pada era itu.

Kemudian, pada abad ke 20 mulailah perusahaan besar mengerti dan mencoba hal yang disebut kesederhanaan dalam desain logo, dimana kebanyakan logo yang ada menggunakan tema yang minimalis namun mengandung banyak makna didalamnya. Logo seperti ini dikenal karena kesederhanaannya dan simbolik yang menandung makna dari sebuah visi dan misi perusahaan, produk yang dijual, organisasi, dan banyak lagi.

Contoh yang sangat iconic dari perusahaan ini adalah apple yang menggunakan jenis pictorial menyerupai apel yang seperti digigit. Terlihat sangat sederhana tetapi maknanya dalam dengan menjelaskan bahwa Apel adalah temuan Isaac newton yang menemukan teori gravitasi yang menjadikan simbol ini sebagai sumber pengetahuan.

Perkembangan logo tuh sudah mulai berkembang banget disini teman-teman, dan hal ini menjadi hal yang menarik sekali. Kenapa menarik? karena awal mulanya hingga saat ini sangat jauh berbeda walau masih ada kesamaan yang dapat dirasakan dari arti logonya ya! tapi kita bisa melihat jauh kebelakang perkembangan logo itu tidak hanya dari ilustrasinya tetapi dapat dari media yang digunakan, cerita yang ingin disampaikan, dan banyak lagi.

Hingga saat ini perusahaan banyak yang menggunakan logo sederhana dan simpel dengan warna yang cukup terlihat dikit, bahkan menggunakan tema monokrom tetapi memiliki makna yang sangat mendalam.

Lihat! jauh berbeda dengan jaman dulu kan? dimana mereka ingin menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan suatu perusahaan, produk, organisasi, entitas dan lainnya dalam satu gambar yang sangat banyak. Hal ini menjadi salah satu inovasi yang sangat menarik dan unik. Walau ada beberapa orang diluar sana yang kurang menyukai logo seperti itu karena terlalu terlihat membosankan.

Nah untuk memperjelas perbandingannya, aku akan coba untuk memasukan beberapa logo jaman dahulu dan logo jaman now yang terlihat sangat berbeda.

Sebelum itu, kita harus mengenal beberapa jenis logo nih temen-temen.

Jenis-jenis Logo:

  • Lettermark logo

Lettermark logo merupakan logo yang dibuat menggunakan huruf, misal singkatan dari nama yang panjang atau sekedar inisial huruf dari nama logo tersebut. Contoh yang dapat dilihat dari jenis logo ini adalah CNN, IBM, HBO, KFC, HP dan masih banyak lagi.

  • Wordmark logo

Wordmark logo merupakan logo yang dibuat dari keseluruhan nama logo yang berbasis font. Contohnya dapat dilihat dari perusahaan Visa, Coca-cola, Google, Asus, Lenovo dan masih banyak lagi.

  • Pictorial logo

Pictorial logo merupakan logo yang dibuat dari sebuah benda ataupun mahkluk hidup yang ada didunia nyata dan dijadikan dalam bentuk grafis. Contohnya adalah Twitter, Instagram, Apple, Target dan lainnya.

  • Abstract logo

Abstract logo merupakan logo yang tidak beraturan dan tidak umum. Contohnya seperti perusahaan BP starburst, Pepsi, Adidas, Nike dan lainnya.

  • Mascot logo

Mascot logo merupakan logo yang memunculkan 1 karakter, karikatur, dan lainnya untuk menguatkan kesan logo. Contohnya seperti, karakter Micheline, Karakter KFC, Karakter Pringles, Karakter pada Logo E-Sport dan lainnya.

  • Combination logo

Combination logo merupakan logo yang dibuat dari keseluruhan campuran logo logo yang ada dan membentuk satu logo sempurna. Contohnya ada pada logo Burgerking, Lacoste, Doritos dan lainnya.

  • Emblem logo

Emblem logo merupakan logo yang biasa digunakan untuk perusahaan, entitas, organisasi yang memiliki rasa resmi dan kuat. Contohnya seperti, logo Havard University, Starbucks, Harley, Porsche dan masih banyak lagi.

Nah! temen-temen sudah mulai mengenal beberapa jenis logo kan? mungkin ini saatnya kita membandingkan perbedaan logo jaman dahulu dan jaman now ya! kira-kira logo apa yang seru untuk kita bandingkan ya? hmm

Temen-temen ada yang tau ini dari logo apa? kalo ada yang jawab Apple, Bener banget nih temen-temen. LOH? KOK BEDA JAUH? hahaha. Beda jauh banget dengan logo yang sekarang ya temen-temen. Kalo dilihat logo yang ini lebih seperti menggunakan jenis apa nih temen-temen? Combination? Emblem? bisa ya, keduanya bisa menjadi indikasi jenis logo tersebut. Kalo temen-temen liat logo Apple sekarang jauh berbeda sekali ya. Coba lihat nih!

Tuh bisa dilihat, tampilannya seperti ini! Jauh berbeda. Logo yang dulu seperti menjelaskan dengan menggunakan banyak sekali ilustrasi ya tapi sekarang lebih simpel dan lebih unik. Dulu mereka ingin menjelaskan bahwa logo Apple yang ada Bapak Isaac Newton ini adalah lambang dari pengetahuan dan perkembangan. Sekarang logo perkembangan dan pengetahuan hanya menggunakan “pictorial” apel saja untuk menjelaskannya. lebih simpel bukan? hal ini menunjukan perbedaan yang cukup signifikan dari sebuah logo yang ada. Mau contoh lain?

Dari namanya sudah jelas ya ini perusahaan apa, McDonald’s! siapa nih yang suka makan McD? angkat tangan. Nah perkembangan logonya ternyata cukup signifikan nih temen-temen. Logo McD jaman dulu jelas menggunakan jenis logo mascot dan emblem ya. logonya begitu ramai, namun banyak yang suka logo ini loh, karena mascotnya yang unik. Nah coba kita bandingkan dengan logo yang sekarang yuk!

Wah! jauh berbeda yaaa! Logo McD yang sekarang lebih simpel ya, lebih menarik dan lebih enak dilihat dimata karena sudah mulai menggunakan warna yang sangat cocok dimata. ternyata salah satu penjualan yang meningkat juga dari logo loh. Hal ini menjelaskan kalau logo yang menarik dan bagus menjadi salah satu penilaian masyarakat untuk membeli atau menggunakan jasa suatu perusahaan.

Uniknya, mereka menjelaskan perusahaan mereka saat ini menggunakan warna yang mereka pakai loh. Seperti kuning yang menjelaskan lengkungan yang cukup terkenal dari perusahaan pertama mereka dan warna merah yang bermain psikologi manusia agar lebih menggiurkan dan menarik perhatian pembeli.

Menarik ya, Perusahaan yang sama dapat menggunakan logo yang cukup jauh dan bisa-bisa temen-temen disini jadi salah perusahaan kalo liat logo jaman dulu dari perusahaan tersebut. Hal ini sangat menjelaskan perbedaan jaman yang membawa logo desainer lebih inovatif dan lebih modern. Namun tugas logo dari jaman dahulu hingga saat ini tetep membawa pesan perusahaan dan tugas desainer lah yang membawa pesan itu dalam desain yang dia buat.

Kira-kira menurut teman-teman gimana? apakah lebih suka logo jaman dahulu atau yang sekarang? menarik bukan membahas logo dari jaman ke jaman, karena kita dapat melihat pemikiran orang yang ada dijaman dahulu dan orang orang yang ada dijaman yang lebih modern. Kesan logo jaman dahulu lebih membawa kesan formal dan kuat sehingga banyak yang menggunakan jenis emblem. Walaupun begitu, saat ini masih banyak yang menggunakan logo emblem tapi tidak disemua perusahaan, dan hanya dipakai oleh beberapa perusahaan, organisasi, atau entitas seperti Perusahaan milik negara, pendidikan dan banyak lagi.

Jadi seperti itu sejarah perubahan logo dari jaman ke jaman. Sebuah logo yang dikenal sebagai lambang atau simbol yang dahulunya hanya untuk menjelaskan kepemilikan harta dan sampai sekarang sudah menjadi sebuah pesan yang membawa perusahaan lebih sukses. Itulah logo.