Strategi pemasaran produk adalah sebuah rencana terstuktur yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan menjual produk atau layanan mereka kepada target pasar yang dituju. Strategi ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk penelitian pasar, pengembangan produk, penentuan harga, promosi, dan distribusi, dengan tujuan untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu, seperti meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, atau memperluas pangsa pasar. Atau lebih jelasnya, Strategi pemasaran produk adalah rencana secara rinci yang berisikan tentang bagaimana cara menjual sebuah produk atau jasa (layanan). Strategi ini hadir untuk memastikan bagaimana sebuah produk dan jasa dapat dipasarkan secara efektif kepada satu target pasar tertentu.
Hal tersebut menjadikan strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis. Namun, banyak pelaku usaha yang mengambil keputusan untuk melakukan strategi pemasaran bersamaan dengan berjalannya bisnis. Bahkan ada juga yang mengikuti strategi yang digunakan oleh kompetitornya.
Dua hal tersebut tidak dilarang, tetapi tentu saja sangat berisiko karena cap negatif akan melayang pada bisnis yang kita jalankan. Bisnis kita pun akan kehilangan originalitasnya dan tidak memiliki kelebihan dan keunikan. Sebaliknya, jika menggunakan strategi yang tepat, dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness.
Hampir setiap pelaku bisnis wajib mengetahui strategi ini. Sama halnya dengan agen asuransi, mereka juga butuh memahami strategi pemasaran produk dengan tepat, agar dapat meyakinkan calon klien untuk menggunakan produk asuransi yang ditawarkan. Tanpa memahami strategi yang tepat, agen asuransi mustahil bisa mendapatkan klien.
Apabila kita membahas pemasaran dalam etika bisnis asuransi, termasuk asuransi jiwa, tujuan utama pemasaran adalah fokus pada kebutuhan konsumen dan mencapai keuntungan melalui kepuasan konsumen. Dalam hal ini, agen asuransi merupakan bagian jalur pemasaran langsung.
Strategi pemasaran yang efektif akan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya, seperti meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Sebagaimana yang telah disinggung sedikit di atas, bahwa mengetahui strategi dan metode pemasaran produk sangat penting untuk kesuksesan produk atau jasa yang kita miliki. Seperti contohnya seorang agen asuransi. Di Indonesia sendiri, asuransi bukan sebuah hal yang akrab diketahui.
Seorang agen asuransi harus memberikan edukasi terlebih dahulu kepada calon klien tentang bagaimana pentingnya sebuah asuransi bagi kehidupan. Baru kemudian menawarkan beberapa produk asuransi. Bayangkan jika seorang agen asuransi tidak mengetahui bagaimana cara pemasaran produk. Akan sangat kesulitan untuk menarik klien agar menggunakan asuransi.
Manfaat dari strategi pemasaran tersebut yaitu:
- Meningkatkan Brand awareness Ini biasanya merupakan sebuah logo atau ciri khas dari sebuah produk tersebut. Beberapa perusahaan atau sebuah bisnis biasanya akan menggunakan beberapa platform media sosial untuk promosi seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan beberapa media sosial lainnya dengan bertujuan untuk menarik konsumen.
- Meningkatkan pertumbuhan sebuah usaha bisnis
Pertumbuhan usaha atau bisnis bisa meningkat apabila brand awareness tadi sudah terpenuhi. Apabila banyak yang mengetahui usaha/brand tersebut, maka akan lebih banyak konsumen yang tertarik dan akhirnya sebuah bisnis pun mengalami peningkatan dari segi pertumbuhan.
- Menciptakan sebuah inovasi pada sebuah produk dari bisnis tersebut
Semakin luas target pasar yang dicapai, semakin banyak pula sebuah usaha mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, maka sebuah usaha bisa menciptakan berbagai inovasi dari setiap produknya untuk mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan produk. Selain itu, akan lebih banyak menarik minat pelanggan maupun calon pelanggan.
- Membangun reputasi
Dengan melakukann strategi pemasaran produk dan setelah melakukan sebuah inovasi, sebagai pemilik bisnis juga bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Bila kebutuhan konsumen terpenuhi, tentu reputasi usaha akan meningkat. KOnsumen akan selalu percaya dengan produk yang ditawarkan dengan cara selalu memunculkan sebuah inovasi terbaru yang menjadi bagian dari strategi pemasaran.
Sebelum melakukan pemasaran produk terhadap konsumen maupun calon konsumen, kita harus mengetahui terlebih dahulu target konsumen yang akan kita tuju untuk melakukan pemasaran produk. Dengan mengetahui siapa saja yang akan membeli produk atau layanan usaha adalah bagian penting dari konsep strategi pemasaran. Semakin spesifik strategi pemasaran produk yang diadopsi, maka semakin mudah sebuah bisnis menjangkau konsumen.
Mulailah dengan mendefinisikan secara jelas terhadap produk apa yang akan ditawarkan dan dipasarkan. Kemudian, tentukan orang atau bisnis yang membutuhkan dan mau mengeluarkan biaya serta waktunya untuk membeli atau menggunakan produk layanan kamu.
Untuk mendefinisikan target konsumen, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:
1. Lokasi konsumen tinggal
2. Usia target konsumen
3. Jenis kelamin target konsumen
4. Kisaran pendapatan atau keadaan ekonomi konsumen
Dengan memahami target konsumen dan kebutuhan mereka, sebuah bisnis usaha akan menemukan cara untuk memenuhinya. Lakukan pula riset pasar yang di dalamnya terdapat upaya untuk memindai ulasan industry dan melakukan survey pasar.
Pentingnya strategi pemasaran produk dalam bisnis yaitu meliputi:
- Memenuhi kebutuhan konsumen
Apabila strategi pemasaran sudah terpenuhi, maka produk menjadi solusi atas masalah atua keinginan yang dimiliki oleh konsumen. - Menciptakan keuntungan
Produk yang sukses dapat menghasilkan pendapatan dan keuntungan bagi bisnis usaha.
- Membangun citra merek
Produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan citra positif sebuah bisnis.
- Menjadi pembeda
Produk yang unik dan inovatif dapat membantu perusahaan bersaing di pasar, juga dapat memiliki cirri khas tersendiri yang dapat diketahui oleh banyaknya konsumen atau calon konsumen yang membutuhkan produk tersebut
Beberapa aspek lain yang dapat meningkatkan strategi pemasaran produk adalah:
- Menawarkan nilai lebih
Menunjukkan keunggulan produk dibandingkan dengan produk pesaing
- Membangun hubungan dengan konsumen
Menjalin komunikasi yang baik dan memberikan pelayanan purna jual yang memuaskan
Adapun Langkah dan Cara Strategi Pemasaran Produk Secara Umum
1. Pahami Target Pasar dan Kenali Pelanggan dengan Baik
Sebelum membuat strategi pemasaran produk yang terlalu jauh, cara pemasaran produk yang pertama adalah dengan mengetahui target pasar serta mengenali siapa pelanggan dari produk kita. Dengan begitu kita bisa melancarkan strategi yang tepat sasaran. Bagaimana produk kita bisa dibeli oleh pelanggan, jika kita sebagai produsen tidak memahami target pasar dan mengenali pelanggan dengan baik.
2. Buat Target Marketing yang Realistis
Langkah selanjutnya dalam melakukan strategi pemasaran produk yaitu kita harus menyadari target marketing kita. Sebagai pebisnis kita harus realistis, ketahui siapa saja target marketing kita dan buat target marketing surrealistic mungkin. Jangan terlalu naif dan berandai-andai membuat target marketing yang mustahil untuk dicapai.
3. Amati Strategi Kompetitor
Cara selanjutnya dalam melakukan strategi pemasaran produk adalah dengan mengamati strategi dari kompetitor. Ingat, ya, mengamati bukan meniru. Amati dengan seksama bagaimana kompetitor melakukan strategi produk, pelajari apa kelebihannya dan apa kekurangannya. Modifikasi dan implementasi terhadap strategi bisnis kita, sesuaikan dengan produk yang kita miliki berdasarkan demografi pelanggan yang kita miliki.
4. Buat Anggaran Usaha (Termasuk Dana Promosi) Secara Sistematis
Membuat anggaran khusus adalah langkah selanjutnya dalam melakukan cara pemasaran produk. Untuk melakukan promosi, kita harus menggunakan anggaran khusus yang terpisah dari anggaran lainnya. Memang, biaya untuk melakukan promosi sangat tinggi, namun feedback yang akan didapatkan juga sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.
5. Untuk Bisnis Offline, Bangun Tempat Usaha yang Strategis
Di era bisnis digital saat ini, tempat usaha tidak begitu penting. Namun bagi yang menjalankan bisnis offline, tempat usaha yang strategis merupakan salah satu langkah dan cara pemasaran produk yang penting untuk dilakukan. Kita wajib membangun tempat usaha yang strategis seperti di pinggir jalan, berada di lalu lintas yang ramai dan sering dilewati banyak orang. Hal ini dapat memudahkan kita mengeluarkan produk pada pelanggan.
6. Jalin Hubungan Sebaik Mungkin dengan Pelanggan
Jangan melupakan hal ini, yaitu menjalin sebaik mungkin hubungan dengan para pelanggan. Tanpa pelanggan produk yang kita tawarkan tidak akan laku terjual. Oleh karena itu salah satu cara pemasaran produk yang baik adalah dengan menjalin hubungan sebaik mungkin dengan pelanggan.
7. Buat Toko Online dengan Website Sendiri
Dari sejak tadi disinggung bahwa saat ini tengah memasuki era digital, termasuk dalam berbisnis. Oleh karena itu, cara pemasaran produk yang tepat di era digital saat ini adalah membuat toko online sendiri dengan website yang kita miliki sendiri. Memang tidak ada salahnya membuat toko online di ecommerce atau website orang lain, namun jika kita memilikinya sendiri tentu saja akan lebih menguntungkan.
8. Lakukan Promosi maupun Giveaway yang Tepat
Model promosi dengan memberikan giveaway terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, melakukan promosi dengan memberikan giveaway bisa jadi salah satu cara pemasaran produk yang wajib dicoba.
9. Optimalkan Pemasaran dengan Memiliki Media Sosial
Semenjak era digital, media sosial tumbuh dan berkembang sangat pesat. Salah satunya menjadi media pemasaran yang efektif. Karena hal tersebut juga, saat ini dikenal sistem digital marketing yang terbukti ampuh meningkatkan pemasukan. Dengan mengoptimalkan media sosial adalah cara pemasaran produk terbaik di era revolusi industri 4.0.
10. Gunakan Jasa Influencer
Influencer bisa kita gunakan sebagai cara pemasaran produk yang bisa kita coba. Dengan menggunakan jasa influencer, setidaknya akan meningkatkan brand dan produk kita serta menjangkau lebih luas calon pelanggan. Namun, hal yang perlu jadi pertimbangan adalah jumlah followers atau pengikut akun media sosial influencer tersebut. Semakin banyak maka semakin baik untuk produk kita. Namun biasanya juga biaya yang dikeluarkan lebih tinggi.
11. Manfaatkan Strategi Digital Marketing Seperti SEO dan Iklan
Cara pemasaran produk yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan digital marketing seperti SEO dan Iklan, hal ini setidaknya bisa meningkatkan engagement produk kita di website. Dan produk kita juga bisa mampir secara berkala di media sosial masyarakat yang menjadi target calon pelanggan.
12. Aktifkan Email Marketing
Mengaktifkan email marketing juga bisa menjadi salah satu cara pemasaran produk. Email marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Di era digital ini, melakukan strategi secara digital merupakan cara yang ampuh. Selain media sosial, email juga bisa menjadi media untuk melakukan strategi pemasaran.
13. Jalankan Bisnis dengan Sistem Dropship atau Reseller
Buat sistem dropship dan reseller, karena patut diakui bahwa cara pemasaran produk ini cukup efektif di era digital ini. Namun, sebelum dapat membuat sistem dropship atau reseller, salah satu hal yang perlu kita capai terlebih dahulu adalah brand yang kuat. Dengan brand yang kuat dan jaringan yang luas, kita baru bisa menjalankan bisnis dengan sistem dropship atau reseller. Tanpa brand yang kuat, para dropshipper atau reseller enggan mengambil produk yang kita miliki.
14. Tawarkan Sampel Produk
Ini merupakan cara pemasaran produk yang termasuk lama. Sebelum era digital seperti saat ini, strategi pemasaran dilakukan secara manual, salah satunya dengan menawarkan sampel produk yang dijual. Namun, di era digital saat ini memberikan sampel produk juga dirasa masih cukup efektif dilakukan. Istilah untuk cara ini dikenal dengan istilah tester.
15. Gunakan Juga Teknik Pemasaran dari Mulut ke Mulut
Teknik pemasaran produk dari mulut ke mulut merupakan cara yang sangat lama yang dilakukan sebelum teknologi informatika berkembang pesat seperti saat ini. Langkahnya adalah dengan menawarkan sampel produk, dengan syarat menyampaikan tentang produknya ke orang lain yang ada di sekitar. Sistem ini juga masih efektif walaupun terdengar begitu usang. (Qoalaplus, 2023)
Penting untuk dicatat bahwa strategi pemasaran yang efektif harus disesuaikan dengan jenis produk, target pasar, dan tujuan bisnis. Dengan perencanaan yang matang dan penerapan strategi yang tepat, bisnis dapat meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, dan mencapai keberhasilan jangka panjang.
Dengan memahami berbagai aspek produk dan strategi pemasarannya, perusahaan atau bisnis usaha sebuah produk dapat menciptakan produk yang sukses dan berkelanjutan serta mencapai tujuan bisnisnya.
Dengan memahami berbagai aspek produk dan strategi pemasarannya, perusahaan atau bisnis usaha sebuah produk dapat menciptakan produk yang sukses dan ebrkelanjutan serta mencapai tujuan bisnisnya.