Kewirausahaan menjadi salah satu bidang yang cukup populer digeluti oleh masyarakat baik muda maupun dewasa, bahkan anak-anak sekalipun ada yang sudah bisa memulai usaha sendiri. Banyak pilihan usaha yang bisa menjadi pilihan apabila ingin memulai usaha misalnya usaha makanan atau minuman, produk kecantikan, pakaian, dan furniture, atau bisa juga berupa jasa seperti barbershop, laundy, dan masih banyak lagi.
Dalam dunia usaha banyak faktor yang mempengaruhi apakah usaha tersebut akan berhasil atau tidak, salah satunya adalah marketing atau pemasaran. Pemasaran menjadi salah satu aspek penting terutama dalam pengenalan produk atau jasa kepada konsumen sehingga konsumen menjadi tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. Contoh marketing yang sering kita lihat bisa berupa billboard, brosur, serta iklan di tv maupun sosial media dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak model marketing atau iklan, kira-kira mana yang lebih efektif dalam memasarkan produk atau jasa yang akan kita tawarkan? Mari simak ulasan berikut ini.
Menentukan Pasar Produk atau Jasa yang Kita Tawarkan
Sebelum memasarkan suatu produk atau jasa kita terlebih dulu harus menentukan pasar yang cocok agar produk atau jasa yang akan kita tawarkan lebih mudah diterima. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan pasar bagi produk atau jasa yang akan ditawarkan.
- Identifikasi masalah yang ingin dipecahkan, anda harus menentukan terlebih dahulu masalah spesifik yang bisa diselesaikan oleh produk atau jasa anda.
- Kenali target pelanggan, kelompokkan pelanggan berdasarkan demografi (usia, gender, pendapatan), geografis, dan perilaku. Setelah itu tentukan pelanggan seperti apa yang cocok menjadi target konsumen anda
- Analisis kompetitor, pelajari produk dan jasa serupa di pasaran, identifikasi kelebihan dan kekurangan mereka, lalu cari tahu apa yang menjadi keunikan dari produk anda dibanding kompetitor.
- Gunakan data dan tren pasar, analisis tren industri untuk memahami kebutuhan dan peluang pasar dengan menggunakan platform online untuk mendapatkan insight, seperti google trend, media sosial, dll.
Jika anda sudah menerapkan hal-hal diatas makan anda akan bisa menentukan pasar yang cocok untuk produk anda. Dengan demikian sasaran produk akan lebih tepat dan menyebabkan produk lebih mudah diterima di pasaran.
Kemudian setelah menentukan pasar yang cocok selanjutnya teknik marketing yang digunakan akan seperti apa, apakah dengan pameran, promosi di billboard, atau iklan di tv atau sosial media? Jika sebelumnya anda sudah mengikuti langkah dalam menentukan pasar produk anda maka seharusnya anda sudah bisa menentukan teknik marketing seperti apa yang akan anda gunakan. Contoh jika target konsumen anda adalah kebanyakan anak muda, maka promosi di sosial media akan lebih disarankan karena mayoritas anak muda sekarang merupakan pengguna media sosial yang aktif.
Sosial Media Marketing
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “media sosial” merujuk pada situs web atau aplikasi yang memungkinkan orang untuk terlibat dalam jaringan sosial dan membuat dan berbagi konten. Namun, pemasaran, atau marketing, mengacu pada proses, cara, atau tindakan memasarkan suatu produk. Artinya, pemasaran media sosial adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan media sosial untuk memasarkan barang dan jasa. Ada banyak strategi marketing sosial media, termasuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, menangani keluhan dan keluhan, mengumumkan produk baru, dan membangun komunitas pelanggan.
Sosial media memang menjadi sarana pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pelaku usaha karena mampu menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat. Namun, karena hal tersebut pemasaran di sosial media juga mempunyai banyak tantangan diantaranya jika terjadi polemik atau masalah terhadap produk atau jasa yang anda pasarkan maka juga akan cepat tersebar dan tentunya hal tersebut akan memperburuk citra produk yang anda pasarkan. Pemilihan isi konten yang tepat juga menjadi faktor penentu bagaimana konsumen menerima produk anda atau tidak.
Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memasarkan produk anda di sosial media:
- Tentukan Target Konsumen, Sebelum membuat sosial media untuk bisnis kamu, kamu perlu menentukan terlebih dahulu target konsumen yang ingin kamu raih. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk menentukan cara berkomunikasi, gaya Bahasa, dan strategi penawan lain yang interaktif untuk konsumen. Dengan begitu, informasi yang diterima akan lebih baik.
- Pilih Jenis Media Sosial yang Cocok, setelah mengetahui target konsumen, kamu bisa mengindentifikasi sosial media yang paling sering konsumen gunakan. Ini sangat penting untuk menjaga interaksi yang baik dan bisa meraih lebih banyak konsumen sehingga meningkatkan pembelian.
- Buat Konten yang Bernilai, hal yang perlu kamu perhatikan dalam memasarkan produk di sosial media adalah kamu harus bisa memastikan setiap konten yang kamu buat mampu memberikan informasi bagi konsumen. Konten yang bernilai adalah konten yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen yang berminat pada produk kamu.Dengan konten yang bernilai kamu juga bisa memberikan manfaat kepada kamu, seperti reputasi bisnis yang semakin baik sehingga dapat dikenal oleh lebih banyak orang.
- Membagikan Pengetahuan Terkait Produk Kamu, yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu membagikan informasi tentang produk yang kamu jual. Kamu bisa membagikan tips penggunaan dan penyimpanan produk kamu, membuat video informasi produk kamu dan masih banyak lagi.
- Gunakan Gambar yang Atraktif, penggunaan gambar-gambar yang atraktif dapat menarik perhatian konsumen dengan cepat. Kamu bisa mengunggahnya di sosial media kamu seperti di Instagram, Facebook atau Twitter. Gambar yang kamu gunakan juga bisa sebagai sarana penyampaian informasi agar mudah dicerna bagi yang melihatnya.
- Buat Profil yang Unik dan Berciri Khas penting untuk membuat profil sosial media kamu dengan menarik dan berbeda dari yang lain kerena profil di sosial media kamu merupakan “wajah” dari produk yang kamu jual. Profil adalah hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Jadi buatlah semenarik mungkin baik dari sisi visual maupun kalimat yang kamu unggah.
- Unggah Konten secara Konsisten, hal penting lainnya yang harus diperhatikan untuk memasarkan produk kamu di sosial media adalah melakukan interaksi secara konsisten. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada bisnis kamu dan akan membantu bertambahnya pengikuti di sosial media kamu.
- Lakukan Interaksi yang Menyenangkan bersikaplah ramah untuk menanggapi komplain pelanggan yang muncul di sosial media. Berikan solusi atas masalah yang dihadapi konsumen hingga masalah tersebut terselesaikan. Jika ada orang lain yang melihat bagaimana cara kamu berinteraksi dalam menangani komplain yang datang kepada kamu dan mereka menyukainya, kamu akan mendapat lebih banyak dukungan sehingga produk yang kamu jual akan semakin berkembang.
- Berikan Respons dengan Cepat, berikan respon yang cepat dan ramah dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh konsumen terkait produk yang kamu miliki. Jawaban yang responsif adalah bukti bahwa kamu memperhatikan pelanggan dengan baik, tidak terkecuali saat ada komplain.
- Berikan Diskon Khusus Follower, untuk mendapatkan followers yang banyak, kamu bisa mencoba dengan memberikan penawaran menarik seperti memberikan potongan harga kepada followers kamu. Dengan begitu kamu dapat menarik perhatian pengguna lain untuk mengikuti akun sosial media kamu. Diharapkan kedepannya mereka akan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.
Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk meningkatkan penjualan anda di sosial media, karena strategi yang tepat akan membuat produk anda menjadi ramai pembeli dan memberikan keuntungan yang banyak bagi anda.
Platform Sosial Media yang Bisa Dimanfaatkan
Saat ini, ada banyak platform media sosial, jadi untuk melakukan pemasaran, Anda harus mengetahui target pasar Anda dan apa yang ada di sosial media. Saat ini, beberapa media sosial yang paling populer adalah Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, Twitter, WhatsApp, TikTok, dan Reddit. Karena setiap media sosial memiliki pasar dan pengguna yang berbeda-beda, pemilihan media sosial yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan marketing media sosial. Aplikasi omnichannel yang dapat mengintegrasikan berbagai platform sosial media bahkan dapat membantu kami melaporkan dan memantau kemajuan kami.
Skill Utama dalam Social Media Marketing
Teknik marketing sosial media ini tidak diajarkan di sekolah. Namun, ada beberapa situs web yang menawarkan kursus singkat tentang pemasaran sosial media. Anda dapat mencobanya tanpa harus kembali ke sekolah. Anda juga harus aktif di media sosial untuk memahami pekerjaan ini. Di sini, Anda dapat melihat kebiasaan orang-orang, termasuk kapan mereka bermain media sosial. Anda juga dapat melihat konten apa yang menarik perhatian audiens.
Pada dasarnya, untuk menjadi ahli media sosial, seseorang harus memiliki pemahaman tentang konten berkualitas tinggi dan isu-isu yang sedang diperdebatkan di sana. Ini memberikan bekal awal untuk menjadi seorang pakar marketing sosial media.
Seorang marketer social media yang baik harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan kemampuan kreatif. Kemampuan tambahan yang diperlukan antara lain menyusun strategi, menganalisis, serta komunikasi yang baik.
Referensi:
https://mitra.bukalapak.com/artikel/cara-mempromosikan-produk-di-sosmed-116263
Memahami Social Media Marketing, dari Pengertian Sampai Strateginya