Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Seiring Dengan Pesatnya Perkembangan Teknologi

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh banyak calon mahasiswa baru. Jurusan ini menjadi incaran banyak calon mahasiswa baru dikarenakan prospek kerjanya yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Berkembangnya teknologi sangat berhubungan langsung dengan bagaimana proses komunikasi dilakukan, bukan hanya proses komunikasi secara langsung, namun proses komunikasi secara tidak langsung, dengan contoh komunikasi di media massa. Komunikasi secara langsung maupun tidak langsung ini turut memiliki cara-cara yang berkembang seiring dengan perkembangan teknologinya karena proses berkomunikasi juga memiliki media untuk menyampaikan pesan komunikasi tersebut.

Jurusan ilmu komunikasi juga dianggap memiliki prospek kerja yang luas dikarenakan pada saat ini komunikasi sangat diperlukan oleh semua orang, berbagai usia dan berbagai media yang digunakan. Untuk dapat berkomunikasi pada berbagai macam media, dibutuhkan pula cara-cara spesifik yang dimiliki setiap media agar proses komunikasi berjalan efektif atau sesuai dengan tujuan awal proses komunikasi yang telah ditetapkan.

Selain itu, jurusan ilmu komunikasi mempelajari berbagai macam bidang keilmuan, karena pada dasarnya seluruh bidang keilmuan membutuhkan ilmu komunikasi di dalamnya. Contohnya pada jurusan ilmu komunikasi mempelajari ‘Psikologi Komunikasi’ yang dimana pada mata kuliah tersebut, mahasiswa mempelajari bagaimana cara manusia untuk berusaha menjelaskan, mengungkapkan, meramalkan, mengendalikan peristiwa mental, serta perilaku manusia dalam proses komunikasi. Contoh selanjutnya, mahasiswa ilmu komunikasi juga mempelajari ‘Komunikasi Kesehatan’ yang artinya bidang keilmuan kesehatan juga memerlukan proses komunikasi. Komunikasi kesehatan mengarah pada jalannya proses komunikasi dan pesan yang membahas tentang isu-isu pada dunia kesehatan. Mahasiswa ilmu komunikasi mempelajari komunikasi kesehatan adalah untuk mendalami isu-isu kesehatan melalui penelitian yang dilakukan oleh ilmu komunikasi dan masih banyak bidang keilmuan yang dipelajari oleh mahasiswa ilmu komunikasi dalam masa perkuliahan. Untuk itulah jurusan ilmu komunikasi kini menjadi jurusan yang banyak dicari khususnya untuk saat ini.

Pada era digital seperti saat ini, permintaan untuk profesional yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik terus meningkat dan banyak sekali perusahaan yang mencari individu yang dapat membantu mereka beradaptasi dengan perubahan tren yang sangat cepat dan teknologi yang terus berkembang terutama dalam pemasaran digital dan media sosial.

Berikut prospek kerja jurusan ilmu komunikasi dan alasan mengapa pekerjaan tersebut sangat cocok dengan mahasiswa lulusan jurusan ilmu komunikasi, diantaranya :

  • Public Relations (Hubungan Masyarakat / Humas)

Seorang public relations merupakan seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan dengan mengandalkan keterampilan komunikasi individu tersebut. Public relations dengan ilmu komunikasi memiliki hubungan yang sangat erat, karena pada praktiknya, seorang public relations merupakan proses pengimplementasian dari banyaknya teori-teori komunikasi yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ilmu komunikasi. Seorang public relations dalam melakukan pekerjaannya juga berhubungan langsung dengan perusahaan lain dan berusaha untuk membangun dan memelihara hubungan positif antara kedua perusahaan dan juga menjaga hubungan baik dengan public dari perusahaan tersebut.

Fungsi utama dari seorang public relations adalah untuk membangun reputasi organisasi atau perusahaan. Para praktiknya, seorang public relations dalam perusahaan harus dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan jelas kepada audiens, baik internal baik karyawan atau manajemen di perusahaan, maupun eksternal kepada masyarakat atau pelanggan. Pada pelaksanaan kerja seorang public relations mencakup penyebaran pesan atau informasi, pengelolaan krisis pada perusahaan dan interaksi perusahaan dengan media-media yang terkait.

Melalui public relations, ilmu komunikasi berperan penting yaitu untuk membentuk cirta positif dari perusahaan. Kegiatan analisis audiens dan perancangan proses komunikasi yang tepat dilakukan oleh public relations dan public relations pun harus memastikan bahwa informasi yang disampaikan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan dan dapat diterima baik bahkan diberi feedback positif oleh masyarakat.

Pada pelaksanaan pekerjaannya, seorang public relations juga bertanggung jawab pada situasi krisis yang terjadi di perusahaan. Seorang public relations harus dapat merespons dengan cepat dan tepat untuk meminimalkan dampak negatif yang akan diterima oleh perusahaan yang berdampak negatif pada reputasi perusahaan. Untuk itu, seorang public relations memerlukan keterampilan komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi yang jelas dan akurat kepada public eksternal.

  • Jurnalis

Jurnalis bertugas sebagai penghubung antara sebuah informasi di perusahaan dan publik. Sebagai penyampai informasi, jurnalis juga bertugas untuk mengumpulkan, menulis dan menyampaikan berita kepada masyarakat. Proses penyampaian ini tentunya melibatkan proses komunikasi yang efektif untuk memastikan bahwa informasi atau pesan yang akan disampaikan akurat, jelas dan dapat dipahami oleh masyarakat. Cara yang menarik dan informatif oleh jurnalis dalam menyampaikan pesan sangat membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik.

Pada pelaksanaan pekerjaannya, seorang jurnalis memiliki etika dan tanggung jawab untuk dapat menyampaikan informasi yang benar dan tidak menyebarkan informasi yang salah. Etika dalam jurnalistik juga sangat dipelajari oleh mahasiswa ilmu komunikasi yang selalu mengharuskan jurnalis untuk mengikuti prinsip-prinsip jurnalistik seperti keakuratan, keadilan, dan transparansi dalam penyampaian informasinya. Penyampaian informasi yang benar akan menciptakan kepercayaan dari masyarakat.

Seorang jurnalis dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah beroperasi dengan cara yang berbeda. Seorang jurnalis pada era ini harus memahami berbagai platform media digital untuk dapat membagikan informasi akuratnya kepada masyarakat luas. Hal tersebut membuat mahasiswa ataupun lulusan ilmu komunikasi menjadi lebih dipandang karena dianggap dapat beradaptasi dengan perubahan tren yang cepat dan dapat memanfaatkan teknologi baru untuk dapat menggapai masyarakat yang lebih luas.

Jurnalis dalam melaksanakan pekerjaannya seringkali berinteraksi dengan berbagai media berita lainnya, termasuk narasumber, para ahli dalam suatu bidang dan masyarakat secara acak. Pada hal ini, kemampuan komunikasi jurnalis sangat digunakan dan sangat penting dalam menjalin hubungan yang baik, sehingga jurnalis dapat memperoleh informasi yang akurat dan mendalam dari narasumber berita. Untuk itulah seorang jurnalis sangat membutuhkan keterampilan komunikasi yang sangat baik.

  • Social Media Specialist

Social media specialist merupakan peran atau pekerjaan yang baru saja muncul pada era ini, era dimana media digital sangat menguasai. Social media specialist sangat memiliki hubungan yang kuat dengan ilmu komunikasi karena peran mereka yang sangat penting dalam penyampaian pesan dan membangun interaksi antara sebuah brand dan audiens pada suatu platform media sosial.

Seorang social media specialist sangat bertanggung jawab untuk menciptakan dan menyebarluaskan konten yang menarik dan relevan di berbagai platform media sosial. Social media specialist harus Menyusun pesan dengan cara yang jelas, persuasif dan sesuai dengan karakteristik audiens yang ditargetkan. Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa informasi pada konten dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat bahkan mendapatkan feedback dari audiens.

Pada pelaksanaan pekerjaan social media specialist memiliki tanggung jawab untuk memahami audiens. Memahami disini adalah social media specialist dapat mengetahui apa yang diingikan oleh audiens, bagaimana ekspektasi audiens pada brand tersebut dan bagaimana cara komunikasi yang tepat kepada audiens brand. Social media specialist harus dapat menganalisis bagaimana perilaku, keinginan dan tren yang sedang hangat di audiens untuk menyesuaikan dengan strategi komunikasi yang digunakan oleh social media specialist. Pada hal ini, teori-teori yang dipelajari pada perkuliahan jurusan ilmu komunikasi mengenai komunikasi massa, komunikasi interpersonal dan lainnya sangat membantu social media specialist untuk dapat memahami bagaimana audiens berinteraksi dengan konten dan platform dari brang tersebut yang beragam.

Social media specialist dalam melaksanakan tugasnya seringkali ditugaskan untuk berinteraksi dengan para pengikut akun brand. Social media specialist harus mampu merespons komentar, pertanyaan dan feedback yang diberikan oleh audiens dengan cepat dan tepat. Social media specialist harus mampu menciptakan daya tarik yang positif terhadap brand dan menarik audiens untuk tetap setia pada brand tersebut.

Social media specialist sangat dipelajari oleh mahasiswa ilmu komunikasi bahkan mata kuliah khusus juga disediakan oleh beberapa universitas yang sangat melek akan perkembangan teknologi dan tren masa kini.

  • Graphic Designer

Graphic designer memiliki hubungan yang sangat erat dengan ilmu komunikasi karena peran graphic designer dalam menciptakan dan menyampaikan pesan visual yang efektif kepada audiens di media digital maupun masyarakat secara langsung. Graphic designer bertugas untuk dapat merancang pesan visual yang harus dapat dipahami oleh audiens atau masyarakat. Para graphic designer mengubah sebuah ide tertulis menjadi sebuah visual yang menarik seperi poster, iklan, logo yang selanjutnya akan ditayangkan di media digital ataupun pada billboard. Penyampaian informasi secara visual ini sangat sejalan dengan bagaimana kemampuan seorang graphic designer untuk melakukan proses komunikasi dan dengan design grafis, graphic designer berfungsi sebagai alat untuk dapat mencapai tujuan dari design grafis yang dibuat.

Pada pelaksanaannya, seorang graphic designer juga seringkali berkolaborasi dengan berbagai tim untuk dapat menciptakan desain grafis yang sesuai dengan keinginan brand dan sejalan dengan strategi komunikasi dari perusahaan brand tersebut. Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam proses perencanaan ini karena jika semua yang terlibat atau bahkan salah satu yang terlibat dalam proses ini tidak dapat menangkap maksud dari tim lain maka pesan yang akan disampaikan melalui desain grafis pun tidak akan tersampaikan dengan baik.

Pada perkuliahan, mahasiswa ilmu komunikasi mempelajari komunikasi visual, yang artinya mahasiswa ilmu komunikasi mempelajari bagaimana cara penyampaian pesan atau informasi melalui visual yang disebarkan di media sosial atau media digital. Selain itu, mata kuliah fotografi dan videografi juga dipelajari oleh mahasiswa ilmu komunikasi agar mahasiswa ilmu komunikasi juga mempelajari bagaimana menangkap gambar yang berisikan pesan, mempelajari bagaimana cara untuk mendapatkan momen-momen tertentu dalam suatu kegiatan hingga mempelajari bagaimana melaksanakan proses penyuntingan foto dan video untuk menghasilkan produk yang terbaik. Untuk itu, prospek kerja graphic desain sangat sesuai dan sejalan denga napa yang dipelajari mahasiswa selama perkuliahan.

  • Event Organizer

Event organizer berhubungan sangat kuat dengan ilmu komunikasi karena keberhasilan sebuah event yang menggunakan jasa event organizer sangat bergantung pada bagaimana keterampilan event organizer tersebut dalam berkomunikasi dengan perusahaan atau klien. Pada pelaksanaan tugasnya, seorang event organizer harus melakukan proses komunikasi dengan semua pihak yang terlibat dalam acara, termasuk klien, vendor dan tim internal. Proses komunikasi tersebut harus mudah dipahami dan efektif dan event organizer harus memastikan bahwa semua pihak memiliki persepsi yang sama mengenai pemahaman keputusan dalam sebuah acara dan mengenai tujuan dan rincian acara.

Pada pelaksanaan tugasnya, event organizer seringkali berperan sebagai perantara antara klien dan vendor. Keterampilan komunikasi yang baik sangat amat penting dalam proses ini karena event organizer harus mendapatkan kesepakatan terbaik, baik dari sisi klien maupun dari sisi vendor mengenai harga, layanan dan fasilitas. Event organizer dalam melaksanakan tugasnya harus dapat memahami kebutuhan dan harapan klien serta dapat menyampaikannya kembali kepada vendor dan event organizer merupakan kunci dalam mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Pada pelaksanaan sebuah acara yang menggunakan jasa event organizer, bisa saja terjadi situasi yang terjadi secara tidak terduga, seperti perubahan mendadak atau masalah teknis. Seorang event organizer harus mampu melakukan proses komunikasi yang baik dan efektif untuk menangani situasi krisis tersebut. Keterampilan komunikasi darurat oleh event organizer kepada klien, vendor dan tim internal harus tetap tenang, solutif dan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam situasi dan waktu yang sangat terbatas bahkan di bawah tekanan.

Event organizer dalam bermedia sosial juga harus memelihara hubungan baik dengan audiens dan publik masyarakat untuk membangun dan meningkatkan citra positif perusahaan agar perusahaan dapat bertahan dalam waktu yang lama. Event organizer juga harus turut mengikuti perkembangan tren di masyarakat agar tidak tertinggal dengan event organizer lainnya.

Kelima prospek kerja di atas merupakan beberapa prospek kerja mahasiswa jurusan maupun lulusan ilmu komunikasi dan pastinya masih banyak lagi prospek kerja lainnya yang kian bertambah seiring dengan berkembanganya teknologi, komunikasi dan informasi di Indonesia. Prospek-prospek kerja di atas dianggap berhubungan dengan ilmu komunikasi karena dalam perkuliahan ilmu komunikasi juga mempelajari bidang-bidang di atas dan juga berbagai bidang peminatan lainnya yang pastinya akan membuat ilmu komunikasi semakin memiliki banyak peminat.