Apa sih Formula 1? FIA Formula One World Championship adalah kelas tertinggi dari balap mobil kursi tunggal yang diatur oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan dimiliki oleh Formula One Group.
Kata formula di “Formula Satu” mengacu pada peraturan dan regulasi yang harus diikuti oleh semua peserta. Formula Satu terdiri dari sejumlah seri balapan, yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan-balapan tersebut diselenggarakan baik dalam sirkuit yang dibangun khusus atau jalan raya tertutup.
Hasil setiap balapan dihitung dengan menggunakan sebuah sistem poin untuk menentukan dua gelar juara dunia: satu untuk pembalap, dan satu lagi untuk konstruktor. Setiap balapan harus mempunyai Super Licence, kelas izin balapan yang paling tinggi yang diberikan oleh FIA. Balapan-balapan F1 harus diselenggarakan di sirkuit berperingkat “1” (dulu “A”), yang merupakan peringkat sirkuit yang tertinggi di dalam sistem peringkat FIA.
Mobil Formula Satu adalah mobil balap yang tercepat di dunia, karena kecepatan menikung yang tinggi yang dihasilkan oleh aerodinamika gaya turun yang besar. Sebagian besar gaya turun tersebut berasal dari sayap depan dan belakang, yang memiliki efek samping, yaitu turbulensi di belakang mobil. Turbulensi tersebut mengurangi gaya turun yang dapat dihasilkan oleh mobil yang mengikuti di belakang, dan membuat penyalipan sukar dilakukan.
Perkembangan mobil Formula 1 (F1) dari tahun ke tahun sangat dipengaruhi oleh perubahan peraturan teknis, inovasi teknologi, dan evolusi desain yang fokus pada kecepatan, efisiensi aerodinamis, keselamatan, dan keinginan. Berikut adalah gambaran perkembangan mobil F1 dari tahun ke tahun secara detail :
1. 1950-an: Era Awal Formula 1
- 1950
Formula 1 dimulai pada tahun 1950 sebagai Kejuaraan Dunia Balap Mobil yang diakui oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). Balapan ini bertujuan untuk mempertemukan tim dan pembalap terbaik di dunia untuk bersaing dalam sebuah seri kejuaraan. Pada awalnya, mobil F1 menggunakan mesin 1.5 liter atau 4.5 liter dengan konfigurasi mesin yang beragam.
Penampakan mobil f1 1950-an
Sumber : cintamobil.com
Di era pertama ini, mesin mobil F1 masih berada di depan. Panjang roda kanan dan kiri sangat dekat, tidak terlalu lebar. Dari sisi aerodinamika, mobil ini hanya mengandalkan bodi seperti peluru. Mobil F1 pada masa ini belum didukung dengan adanya perangkat sayap atau perangkat aerodinamika lainnya.
2. 1960-an: Awal Inovasi Teknologi
- 1960
Formula Satu musim 1960 merupakan musim Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu yang ke-11, yang dimulai pada tanggal 7 Februari 1960, dan berakhir pada tanggal 20 November setelah sepuluh lomba. Di musim ini juga digelar beberapa balapan non-kejuaraan yang melengkapi lomba-lomba resmi. Tampil sebagai juara dunia adalah Jack Brabham. Sementara gelar juara dunia konstruktor berhasil diraih oleh tim Cooper.
Tahun terakhir formula 2,5 liter menghasilkan kemenangan berulang untuk Jack Brabham dan Cooper, dan melihat Lotus, Porsche, dan BRM mengkampanyekan mobil bermesin belakang. Scarab Lance Reventlow, seperti Aston Martins, bermesin depan dan kalah bersaing. Rob Walker Lotus milik Stirling Moss memberi Colin Chapman kemenangan Grand Prix pertamanya di Monako dan mengikutinya dengan kemenangan di AS. Semua Grand Prix lainnya dimenangkan oleh Cooper, kecuali untuk Italia yang diboikot oleh konstruktor Inggris karena Italia menggunakan sirkuit Monza.
Sistem penilaian poin diubah dengan menghilangkan poin untuk lap tercepat dan memberikan poin untuk posisi keenam. Enam skor terbaik diperhitungkan dalam kejuaraan, meningkat dari lima dari musim sebelumnya.
Ini adalah Kejuaraan Dunia terakhir yang menyertakan Indianapolis 500, dan musim terakhir yang menyaksikan kemenangan untuk mobil bermesin depan dalam perlombaan Kejuaraan Dunia.
Tiga pembalap meninggal di musim balap Grand Prix ini. Harry Schell dari Amerika dalam balapan non-kejuaraan di Silverstone, dan pembalap Inggris Chris Bristow & Alan Stacey, keduanya tewas di Grand Prix Belgia di Spa-Francorchamps. Stirling Moss mengalami cedera parah dalam kecelakaan saat latihan di ajang ini dan tidak berkompetisi di sebagian besar musim.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1960-an
Sumber : www.ricardbonette.com
Pada periode ini, yang paling menonjol adalah mulainya penggunaan sayap untuk kepentingan aerodinamika. Selain itu, di ujung depan sudah menggunakan ‘lubang hidung’ juga. Suspensi yang digunakan juga sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Juga bandingkan posisi mesin dengan periode ’50-an, pada ’60-an mesinnya sudah berada di belakang.
- 1966
Formula Satu musim 1966 merupakan musim Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu yang ke-17, yang dimulai pada tanggal 11 Mei 1966, dan berakhir pada tanggal 23 Oktober setelah sebelas lomba. Di musim ini juga digelar beberapa balapan non-kejuaraan yang melengkapi lomba-lomba resmi. Tampil sebagai juara dunia adalah Jack Brabham. Sementara gelar juara dunia konstruktor berhasil diraih oleh tim Brabham.
Musim ini adalah yang pertama dari ‘formula 3 liter’, yang membuat kapasitas mesin maksimum menjadi dua kali lipat dari musim sebelumnya. Konstruktor Inggris terpaksa mencari tempat lain setelah Climax menarik diri dari balapan. Ferrari tampaknya dipersiapkan dengan baik seperti pada tahun 1961, tetapi John Surtees, setelah memenangkan Grand Prix Belgia, meninggalkan tim setelah perselisihan di Le Mans untuk bergabung dengan Cooper. Di bawah peraturan baru, mobil-mobil yang menyelesaikan kurang dari 90% jarak balapan tidak diklasifikasikan dan tidak menerima poin, bahkan jika mereka finis di enam besar. Selain itu, jarak balapan maksimum dikurangi dari 500 km menjadi 400 km.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1966-an
Sumber : www.pinterest.fr
Mobil pada tahun ini menggunakan mesin V8 menjadi lebih dominan, mengingat peraturan yang membatasi kapasitas mesin menjadi 3.0 liter untuk mesin atmosferik.
- 1968
Musim Formula Satu 1968 adalah musim ke-22 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini menampilkan Kejuaraan Pembalap Dunia ke-19 , Piala Internasional ke-11 untuk Pabrikan F1 , dan tiga balapan non-kejuaraan yang terbuka untuk mobil Formula Satu. Kejuaraan Dunia diperebutkan dalam dua belas balapan antara 1 Januari dan 3 November 1968.
Pada topik teknologi, berita utama tahun 1968 didominasi oleh sayap yang diperkenalkan oleh pemilik Lotus Colin Chapman . Ia memasang sayap depan sederhana dan spoiler belakang pada Lotus 49 B miliknya di Grand Prix Monaco 1968.
Brabham dan Ferrari tampil lebih baik di Grand Prix Belgia 1968 dengan sayap lebar yang dipasang pada penyangga tinggi di atas pengemudi. Lotus membalas dengan sayap lebar penuh yang terhubung langsung ke suspensi belakang yang memerlukan desain ulang wishbone dan poros transmisi . Matra kemudian memproduksi sayap depan yang dipasang tinggi yang terhubung ke suspensi depan. Inovasi terakhir ini sebagian besar digunakan selama latihan karena membutuhkan banyak tenaga dari pengemudi. Pada akhir musim, sebagian besar tim menggunakan sayap yang canggih.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1968-an
Sumber : buy.motors.com
Lotus 49, dirancang oleh Colin Chapman, memperkenalkan penggabungan mesin dan sasis (engine-in-the-back), yang menjadi standar desain mobil F1.
3. 1970-an: Aerodinamika dan Keamanan
- 1970-1977
Musim Formula Satu 1970 adalah musim ke-24 balap mobil Formula Satu milik Federasi Otomotif Internasional . Musim ini menampilkan Kejuaraan Pembalap Dunia ke-21 , Piala Internasional ke-13 untuk Pabrikan F1 , dan tiga balapan non-kejuaraan yang terbuka untuk mobil Formula Satu. Kejuaraan Dunia diperebutkan dalam tiga belas balapan antara 7 Maret dan 25 Oktober.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1970 – 1977
Sumber : www.oldracingcars.com
Aerodinamika menjadi lebih maju dengan penggunaan sayap depan dan belakang yang lebih
besar, serta efek ground effect yang memaksimalkan downforce.
4. 1980-an: Dominasi Elektronik dan Mesin Turbo
- 1980
Musim Formula Satu 1980 adalah musim ke-34 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Pembalap 1980 dan Piala Internasional untuk Konstruktor F1 1980 , yang diadakan bersamaan dari 13 Januari hingga 5 Oktober dalam rangkaian empat belas balapan. Musim ini juga mencakup satu balapan non-kejuaraan, Grand Prix Spanyol.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1980-an
Sumber : www.autosport.com
Mesin turbocharged V6 1.5 liter mulai mendominasi, memberi mobil F1 tenaga yang jauh lebih besar (hingga 1000 hp pada beberapa saat). Hal ini bertujuan pada mobil F1 yang lebih cepat, meskipun dengan masalah ketahanan mesin.
5. 1990-an: Mesin V10 dan Elektronik Canggih
- 1990
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 1990 merupakan musim ke-44 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Formula Satu 1990 untuk Pembalap dan Kejuaraan Dunia Formula Satu 1990 untuk Konstruktor, yang diperebutkan secara bersamaan dalam rangkaian enam belas balapan yang dimulai pada 11 Maret dan berakhir pada 4 November. Ayrton Senna memenangkan Kejuaraan Pembalap untuk kedua kalinya, dan McLaren – Honda memenangkan Kejuaraan Konstruktor ketiga berturut-turut.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1990-an
Sumber : www.goodwood.com
Di dekade ini, ada beberapa part yang mulai bersinar muncul dan memelopori perkembangan industri roda empat. Beberapa di antaranya adalah adanya traction control, launch control, dan semi-automatic gearboxes. Selain itu, ada spion lebih lebar dibanding sebelumnya, juga kemudi yang bisa dilepas.
Mesin V10 dengan kapasitas 3.5 liter menjadi standar. Inovasi di bidang elektronik, termasuk sistem pengapian dan pengaturan bahan bakar yang lebih canggih, mulai terlihat.
- 1994
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 1994 merupakan musim ke-48 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Formula Satu 1994 untuk Pembalap dan Kejuaraan Dunia Formula Satu 1994 untuk Konstruktor, yang diperebutkan secara bersamaan dalam rangkaian enam belas balapan yang dimulai pada 27 Maret dan berakhir pada 13 November.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1994
Sumber : maxf1.net
Keamanan menjadi fokus utama setelah kematian Ayrton Senna dan Roland Ratzenberger. Mobil-mobil F1 mengalami desain ulang untuk meningkatkan perlindungan bagi pengemudi, seperti penggunaan bahan yang lebih kuat dan perbaikan di area kokpit.
- 1998
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 1998 merupakan musim ke-52 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Formula Satu 1998 untuk Pembalap dan Kejuaraan Dunia Formula Satu 1998 untuk Konstruktor, yang diperebutkan secara bersamaan dalam rangkaian enam belas balapan yang dimulai pada 8 Maret dan berakhir pada 1 November.
Penampakan Mobil F1 Tahun 1998
Sumber : www.pinterest.com.mx
Mobil-mobil F1 mulai mengadopsi teknologi elektronik yang lebih canggih, seperti kontrol traksi dan pengaturan daya mesin otomatis.
6. 2000-an: Perubahan Peraturan dan Inovasi Mesin
- 2000
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2000 merupakan musim ke-54 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini dimulai pada 12 Maret dan berakhir pada 22 Oktober setelah tujuh belas balapan. Michael Schumacher menjadi Juara Pembalap Dunia pertama Ferrari dalam 21 tahun, setelah meraih gelar Pembalap pada balapan kedua terakhir musim tersebut. Ferrari berhasil mempertahankan gelar Konstruktornya. Musim ini menandai musim pertama bagi calon juara dunia Jenson Button.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2000-2005
Sumber : www.pinterest.com.au
Ferrari dan Michael Schumacher mendominasi, dengan mesin V10 3.0 liter yang semakin efisien. Penekanan pada aerodinamika semakin meningkat, dengan pengembangan saluran udara dan diffuser untuk meningkatkan downforce.
- 2006
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2006 adalah musim ke-60 balap mobil Formula Satu . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Formula Satu ke-57 yang dimulai pada 12 Maret dan berakhir pada 22 Oktober setelah delapan belas balapan. Kejuaraan Pembalap dimenangkan oleh Fernando Alonso dari Renault untuk tahun kedua berturut-turut, dengan Alonso menjadi juara dunia ganda termuda saat itu. Juara dunia tujuh kali yang saat itu sudah pensiun, Michael Schumacher dari Scuderia Ferrari, menjadi runner-up, tertinggal 13 poin. Kejuaraan Konstruktor dimenangkan oleh Renault, yang mengalahkan Ferrari dengan selisih lima poin.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2006
Sumber : formulaonestuff.com
Mesin V8 2.4 liter menggantikan V10, dengan fokus lebih besar pada efisiensi bahan bakar dan penurunan daya mesin. Peraturan juga mulai membatasi perangkat aerodinamis untuk mengurangi downforce berlebih.
- 2009
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2009 merupakan musim ke-63 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini merupakan Kejuaraan Dunia Formula Satu ke- 60 yang dipertandingkan dalam 17 pertandingan yang dimulai dengan Grand Prix Australia pada tanggal 29 Maret dan berakhir dengan Grand Prix Abu Dhabi perdana pada tanggal 1 November.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2009
Sumber : www.bbc.co.uk
Pengenalan mobil dengan KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang memanfaatkan energi kinetik yang disimpan untuk memberikan dorongan ekstra dalam balapan.
7. 2010-an: Hybrid dan Efisiensi Energi
- 2014
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2014 adalah musim ke-68 balap mobil Formula Satu FIA . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Formula Satu ke-65 , sebuah kejuaraan balap mobil untuk mobil Formula Satu, yang diakui oleh badan pengatur olahraga tersebut, Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), sebagai kelas kompetisi tertinggi untuk mobil balap roda terbuka . Musim ini dimulai di Australia pada 16 Maret dan berakhir di Abu Dhabi pada 23 November. Dalam sembilan belas Grand Prix musim ini, total sebelas tim dan dua puluh empat pembalap berkompetisi untuk kejuaraan Pembalap Dunia dan Konstruktor Dunia . Musim ini adalah musim Formula Satu pertama sejak 1994 yang melihat kecelakaan dengan konsekuensi fatal karena Jules Bianchi meninggal pada 17 Juli 2015 setelah menghabiskan sembilan bulan dalam keadaan koma setelah kecelakaan di Grand Prix Jepang 2014.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2014
Sumber : www.ausmotive.com
Formula 1 memasuki era mesin hybrid dengan mesin V6 turbocharged 1.6 liter, yang dipadukan dengan sistem pemulihan energi (ERS) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. Mobil-mobil ini lebih rumit secara teknis dengan banyaknya sistem elektronik untuk mengatur aliran energi.
- 2017
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2017 adalah musim ke-71 balap mobil Formula Satu . Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Formula Satu ke-68, sebuah kejuaraan balap mobil untuk mobil Formula Satu yang diakui oleh badan pengatur olahraga tersebut, Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) , sebagai kelas kompetisi tertinggi untuk mobil balap roda terbuka . Tim dan pembalap berkompetisi dalam dua puluh Grand Prix dimulai di Australia pada 26 Maret dan berakhir di Abu Dhabi pada 26 November untuk kejuaraan Pembalap Dunia dan Konstruktor Dunia.
Tahun 2017 adalah pertarungan gelar antar-tim pertama yang sesungguhnya selama lima tahun. Lewis Hamilton dan Mercedes harus bersaing dengan tim Ferrari yang bangkit kembali dengan pembalap utama Sebastian Vettel memimpin kejuaraan selama 12 putaran pertama dan menantang hingga akhir musim balapan yang memasuki dua puluh. Pada akhir kejuaraan, Hamilton memenangkan gelar Kejuaraan Pembalap Dunia keempatnya. Hamilton finis 46 poin di depan Sebastian Vettel di posisi kedua dengan 317 poin dan Valtteri Bottas di posisi ketiga dengan 305 poin. [ 6 ] [ 7 ] Dalam Kejuaraan Konstruktor Dunia, Mercedes memenangkan gelar keempat berturut-turut mereka di Grand Prix Amerika Serikat 2017 dan finis dengan 668 poin. Ferrari finis kedua dengan 522 poin dan Red Bull Racing berada di posisi ketiga dengan 368 poin.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2017
Sumber : indysmaidwidluv.blogspot.com
Mobil F1 mengalami perubahan desain besar-besaran dengan sayap depan yang lebih lebar, ban yang lebih besar, dan pengurangan drag untuk meningkatkan kecepatan.
- 2018
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2018 merupakan kejuaraan balap mobil untuk mobil Formula Satu dan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Formula Satu yang ke-69 . Formula Satu diakui oleh badan pengatur olahraga bermotor internasional , Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) , sebagai kelas kompetisi tertinggi untuk mobil balap roda terbuka . Pembalap dan tim berkompetisi dalam dua puluh satu Grand Prix untuk memperebutkan gelar juara Pembalap Dunia dan Konstruktor Dunia.
Pada tahun 2018, kejuaraan tersebut menyaksikan diperkenalkannya perangkat perlindungan kokpit baru, yang dikenal sebagai “halo” . Pengenalan halo merupakan tahap pertama dari peluncuran terencana yang akan menjadikan perangkat tersebut diadopsi di semua seri roda terbuka yang disetujui FIA pada tahun 2020.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2018
Sumber : www.motorauthority.com
Peraturan aerodinamika dikhususkan untuk meningkatkan daya cengkram dan mengurangi kesulitan dalam mengikuti mobil lain (udara kotor), sekaligus memperbaiki efisiensi bahan bakar.
8. 2020-an: Keberlanjutan dan Keamanan
- 2022
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2022 adalah kejuaraan balap mobil untuk mobil Formula Satu , yang merupakan penyelenggaraan ke-73 Kejuaraan Dunia Formula Satu . Kejuaraan ini diakui oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), badan pengatur olahraga bermotor internasional , sebagai kelas kompetisi tertinggi untuk mobil balap roda terbuka . Kejuaraan ini diperebutkan dalam dua puluh dua Grand Prix , yang diadakan di seluruh dunia, dan berakhir lebih awal daripada tahun-tahun sebelumnya untuk menghindari tumpang tindih dengan Piala Dunia FIFA .
Pembalap dan tim berkompetisi untuk memperebutkan gelar Juara Pembalap Dunia dan Juara Konstruktor Dunia , masing-masing. Kejuaraan 2022 menyaksikan pengenalan perubahan signifikan pada regulasi teknis olahraga tersebut. Perubahan-perubahan ini dimaksudkan untuk diperkenalkan pada tahun 2021 , tetapi ditunda hingga tahun 2022 sebagai respons terhadap pandemi COVID-19 . Max Verstappen , yang merupakan Juara Pembalap saat itu, mengklaim gelar keduanya di Grand Prix Jepang , sementara timnya, Red Bull Racing , meraih Kejuaraan Konstruktor Dunia kelima mereka, dan yang pertama sejak 2013 , di Grand Prix Amerika Serikat berikutnya . Juara Bertahan Konstruktor, Mercedes gagal mempertahankan kejuaraan mereka dan turun jauh ke posisi ketiga dengan satu-satunya kemenangan mereka di São Paulo, setelah gagal beradaptasi dengan regulasi baru yang diterapkan oleh FIA.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2022
Sumber : www.autoevolution.com
Peraturan baru memperkenalkan desain mobil F1 yang lebih seragam dengan fokus pada ground effect dan aerodinamika untuk meningkatkan kemampuan balapan yang lebih dekat antar pembalap. Suspensi dan ban juga diperbarui untuk mendukung desain baru ini.
- 2024
Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2024 adalah kejuaraan balap mobil Formula Satu yang sedang berlangsung dan merupakan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Formula Satu yang ke-75 . Kejuaraan ini diakui oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), badan pengatur olahraga bermotor internasional , sebagai kelas kompetisi tertinggi untuk mobil balap roda terbuka . Kejuaraan ini diperebutkan dalam rekor dua puluh empat Grand Prix yang diadakan di seluruh dunia. Kejuaraan ini dimulai pada bulan Maret dan akan berakhir pada bulan Desember.
Pembalap dan tim bersaing untuk mendapatkan gelar Juara Pembalap Dunia dan Juara Konstruktor Dunia . Max Verstappen memenangkan gelar Juara Pembalap keempatnya secara berturut-turut di Grand Prix Las Vegas. Red Bull Racing – Honda RBPT adalah Juara Konstruktor yang masih bertahan.
Penampakan Mobil F1 Tahun 2024
Sumber : www.alvolante.it
Peraturan F1 saat ini mengarah pada penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan peningkatan teknologi yang fokus pada pengurangan emisi dan pengelolaan energi. Mesin hybrid V6 masih menjadi standar, dan efisiensi bahan bakar serta pemulihan energi tetap menjadi aspek penting dari desain mobil.
Teknologi yang Berkembang:
- Aerodinamika : Desain sayap depan dan belakang, penggunaan diffuser dan desain bodi yang memungkinkan mobil mendapatkan downforce lebih besar tanpa menambah drag.
- Mesin : Dari mesin besar V12 dan V8 di era awal hingga mesin turbocharged dan akhirnya mesin hybrid V6 di era modern.
- Keamanan : Pengembangan Halo, penguatan kokpit, penggunaan bahan yang lebih kuat, dan sistem proteksi lainnya yang mengurangi risiko cedera parah.
- Elektronik dan Telemetri : Penggunaan kontrol traksi, ABS, dan sistem pemulihan energi yang memungkinkan pengaturan mesin yang lebih efisien dan strategis selama balapan.
Perkembangan mobil F1 selalu mengikuti peraturan dan inovasi teknologi terbaru, namun yang tetap konsisten adalah tantangan untuk mencapai keseimbangan antara kecepatan, efisiensi, dan keselamatan.