Peran Media Sosial Tiktok Terhadap Pemasaran Produk

MEDIA SOSIAL

Pengertian Media Sosial

Media sosial merupakan sebuah wadah yang dipakai untuk berkomunikasi secara virtual atau bisa juga disebut dengan komunikasi yang dilakukan secara jarak jauh. Media sosial berguna sebagai tempat untuk menyalurkan ide dan bertukar pikiran dengan orang lain. Di zaman yang serba modern ini media sosial sangat dibutuhkan dalam kehidupan, baik untuk bertukar kabar, mencari informasi, bahkan untuk memasarkan sebuah produk. Dengan media sosial kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang-orang diluaran sana, kita bisa dengan mudah menemukan orang yang mempunyai interest yang sama dengan kita.

Tujuan Media Sosial

Media sosial memiliki tujuan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, tujuan utamanya yaitu untuk menyatukan orang-orang yang berjauhan agar lebih mudah untuk bertukar kabar dan agar hubungan antar keduanya tidak terputus oleh jarak dan waktu. Dengan Media sosial, kita akan lebih mudah untuk menghubungi kerabat, saudara, teman, dan bahkan berbagai orang dibelahan penjuru dunia manapun. Bayangkan saja jika sampai saat ini media sosial belum ditemukan, kita akan sangat kesulitan dalam berkomunikasi dengan sanak saudara kita. Tetapi dengan adanya media sosial maka kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk ongkos dan juga menghemat waktu, maka bisa diartikan bahwa media sosial terkesan praktis dan simple, bahkan sangat bisa diandalkan.

Selain untuk media komunikasi, media sosial bertujuan untuk menyebarkan informasi secara cepat dan mudah diakses oleh semua orang, informasi yang ditawarkan pun bermacam-macam. Media sosial juga bertujuan untuk menyebarkan edukasi, contohnya bisa berupa karya ilmiah, jurnal, artikel, dan edukasi lainnya yang dibutuhkan. Informasi dan edukasi bisa lebih mudah didapatkan hanya dengan hitungan detik saja, hal ini dapat membuat kita mempunyai pengetahuan yang luas.

Tujuan lain dari media sosial yaitu mengenai pemasaran produk, Perusahaan atau sebuah brand dapat memasarkan produknya melalui platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Pemasaran produk di media sosial akan lebih mudah dalam menjangkau  audiens, produk akan dengan mudah tersebar dan jangkauannnya pun luas.

Manfaat Media Sosial

Manfaat yang saat ini kita rasakan dengan adanya media sosial sangatlah terasa, media sosial sebagai media komunikasi, informasi, hiburan, edukasi, pemasaran, promosi, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan media sosial ini dengan baik.

Tantangan Media Sosial 

Jika kita tidak menggunakan media sosial dengan baik, maka media sosial malah akan membawa dampak negatif bagi diri kita. Tantangan atau resiko yang muncul ketika menggunakan sosial media pun tidak luput dari pembahasan mengenai sosial media ini.

Tantangan yang sering sekali kita jumpai yaitu seperti ketergantungan dengan media sosial, ini akan membuat kita lupa waktu dan asyik sendiri, lingkungan sekitar kurang diperhatikan dan hal ini akan membuat kita kurang produktif. Maka dari itu kita harus membuat batasan terhadap media sosial ini, jangan terlalu terlena dengan media sosial walaupun banyak manfaat yang kita dapat, tetap harus ada batasannya. 

TIKTOK

Banyaknya keuntungan yang kita dapatkan dari media sosial harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, salah satunya yaitu dengan memasarkan produk yang kita punya. Salah satu platform media sosial yang biasanya digunakan untuk pemasaran produk yaitu Tiktok. Sebelum membahas pemasaran produk pada platform Tiktok, ayo kita kupas terlebih dahulu apa itu Tiktok dan fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Pengertian Tiktok

Tiktok adalah sebuah platform media sosial yang fokus utamanya adalah video pendek, di aplikasi ini pengguna dapat membuat video, mengedit, dan memakai filter sesuai dengan keinginan. Saat ini Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, penggunaannya yang mudah dan fitur yang ditawarkan sangatlah banyak. Mari kita bahas aplikasi Tiktok ini.

Fitur Tiktok

1. Beranda / FYP

Saat pertama kali kita membuka Tiktok, akan muncul berbagai video yang disarankan, video yang mucul berdasarkan dengan preferensi yang sering kita lihat atau kita sukai. Terkadang juga video yang muncul adalah video yang sangat viral, viralnya video bisa disebabkan oleh menariknya konten yang ditampilkan sehingga banyak yang menyukainya. Selain itu banyak juga video yang viral karena konten yang ditampilkan sangat kontrovesial.

2. Filter dan efek

Filter dan efek digunakan oleh pengguna agar videonya terlihat lebih bagus dan keren, filter yang ditawarkan pun bermacam-macam seperti filter kecantikan, filter lucu, dan masih banyak filter lainnya. Filter dan efek dapat meningkatkan kepercayaan diri pengguna dalam mengunggah videonya.   

3. Musik dan efek suara

Ketika kita membuat video, terkadang kita membutuhkan musik atau pun efek suara untuk menambahkan kesan terhadap video yang kita buat. Video akan terasa lebih hidup dengan adanya musik dan efek suara, video yang kita buat tidak akan membosankan dan lebih enak untuk ditonton.

4. Edit Video

Tiktok menyediakan fitur edit video, jadi setelah kita selesai mengambil video, kita dapat mengeditnya secara langsung dalam aplikasi. Pengguna tidak perlu repot-repot keluar aplikasi ini, semua tersedia dalam aplikasi. Pada fitur ini kita dapat memangkas video, menambahkan stiker, dan menambahkan teks ke dalam video.  

Tiktok Sebagai Pemasaran Produk

1. Tiktok Ads

Tiktok Ads adalah sebuah fitur iklan yang dapat digunakan oleh pengguna, fitur ini dapat membantu dalam memasarkan produk yang kita miliki. Hal ini dikarenakan Tiktok Ads bisa mengatur target pasar yang kita butuhkan dalam menyebar luaskan sebuah produk. Tiktok Ads juga dapat membantu menganalisis dan mengumpulkan data yang nantinya dapat membantu dalam  perkembangan produk. Intinya Tiktok Ads ini memiliki kegunaan untuk mengiklankan produk sesuai dengan segmentasi yang kita inginkan. Biaya yang dikeluarkan untuk memakai fitur ini dapat disesuaikan, pengguna dapat memilih harian atau pun dalam jangka waktu yang lebih panjang.  

2. Tiktok Shop

Pengguna Tiktok dapat melakukan jual beli dengan mudah pada aplikasi ini, jika kita tertarik pada suatu produk dan belum mempunyai uang untuk membelinya maka kita dapat menyimpan produknya di keranjang, sehingga jika kita sudah mempunyai uang maka kita dapat langsung membeli produk tersebut. Tiktok Shop juga bekerja sama dengan aplikasi Tokopedia, hal ini bertujuan untung mengembangkan strategi pemasaran.

3. Tiktok Live

Tiktok live adalah sebuah fitur yang cara kerjanya yaitu interaksi antar kreator dengan pengguna lainnnya secara langsung, respon dan interaksinya dilakukan saat itu juga (real time). Tiktok Live juga dapat digunakan untuk memasarkan produk, kita dapat membeli produk pada saat live berlangsung dan biasanya akan ada potongan harga yang ditawarkan, tidak jarang juga kita akan mendapatkan gratis ongkir. 

4. Tiktok Promosi

Tiktok promosi biasa digunakan untuk iklan dengan durasi yang pendek, iklan ini bisa diatur target pemasarannya sesuai dengan yang kita inginkan. Hal ini memudahkan pengguna dalam mempromosikan sebuah produk dan hal ini cukup efektif.

Strategi Pemasaran Produk di Tiktok

1. Bekerjasama dengan Influencer

Merek atau brand dapat melakukan kerjasama dengan influencer yang nantinya jangkauan promosi yang dilakukan akan meluas dan akan cepat dikenal oleh banyak orang. Dan dengan adanya dukungan dari tokoh publik / influencer maka orang-orang akan lebih percaya terhadap kualitas produk yang kita miliki.

2. Konten Menarik

Salah satu alasan yang menjadikan sebuah video viral adalah konsep videonya yang menarik dan relevan, hal ini dapat membantu meningkatkan strategi pemasaran produk. Biasanya video yang ditampilkan menggunakan kreativitas yang tinggi atau pun berkaitan dengan isu yang sedang hangat dibicarakan, sehingga views videonya cepat naik.  Dalam membuat konten yang menarik juga kita dapat menggunakan musik yang sedang viral.

3. Menentukan Khalayak Sasaran

Sebelum membuat konten, hal utama yang perlu dipelajari yaitu mengenai khalayak sasaran. Khalayak sasaran sendiri yaitu target penjualan produk, ditujukan untuk siapa produk yang kita buat, apakah untuk anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan orang tua. Konten yang dibuat menyesuaikan dengan khalayak sasaran yang sudah ditetapkan, jadi nanti isi dari kontennya relevan dengan calon konsumen.

4. Menggunakan Fitur Promosi

Merek atau brand dapat menggunakan fitur promosi pada Tiktok, ini dapat membantu merek dalam menyesuaikan khalayak sasaran yang cocok dan relevan dengan preferensi pengguna terhadap produk.

5. Hashtag

Jika kita belum mempunyai budget yang cukup untuk memakai jasa promosi pada Tiktok, maka kita dapat memasukkan hashtag pada video yang telah kita buat. Hashtag yang digunakan harus sesuai dengan konten yang kita buat agar memudahkan audiens dalam menemukan produk yang sesuai dengan keinginannya.

6. Menanggapi Komentar

Komentar audiens yang bertanya mengenai produk jangan diabaikan, kita harus menjawab komentar tersebut dengan bahasa yang baik dan bersifat informatif. Hal ini dapat menjadikan audiens lebih tertarik terhadap produk yang kita tawarkan.

Alasan Tiktok Sebagai Tren Pemasaran Produk

1. Algoritma Tiktok

Media sosial Tiktok memiliki algoritma yang canggih, Tiktok bisa memilah dan menyesuaikan video apa saja yang cocok dengan para pengguna. Tidak jarang juga kita menemukan video viral di beranda kita. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini, maka informasi yang sedang hangat dibicarakan akan dengan mudah kita ketahui dengan rentang waktu yang terbilang cepat. Dan algoritma ini tentunya sangat membantu dalam meningkatkan pemasaran produk.

2. Korelasi Tinggi

Pengguna Tiktok mempunyai korelasi atau hubungan yang tinggi, biasanya para pengguna berinteraksi lewat komentar, like konten video, bahkan membagikan konten video itu sendiri. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh merek agar bisa berinteraksi dengan konsumen secara langsung. 

3. Khalayak Sasaran Beragam

Pengguna Tiktok sangatlah banyak, dari berbagai kalangan usia menggunakan aplikasi ini. Tidak heran jika khalayak sasarannya beragam, khalayak sasaran sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Pertama khalayak sasaran pada segmen demografis, ini meliputi umur, pendidikan, gender, dan agama yang dianut. Kedua yaitu khalayak sasaran pada segmentasi geografis, ini biasanya meliputi wilayah dan iklim. Ketiga yaitu khalayak sasaran berdasarkan segmentasi psikografis, ini meliputi gaya hidup seseorang. Dengan adanya khalayak sasaran ini, brand atau merek dapat memanfaatkannya dengan bijak agar target audiensnya meluas.

Tantangan Dalam Memasarkan Produk Di Tiktok

1. Persaingan Ketat

Banyaknya merek atau brand yang bermunculan menjadikan persaingan yang ketat antara merek. Salah satu cara untuk mengatasi persaingan yang ketat ini yaitu merek yang kita miliki harus memiliki ciri khas yang unik dan memiliki kualitas yang bagus, dengan begitu audiens akan lebih tertarik pada produk yang kita miliki. 

2. Konten Harus Menarik

Konsep video yang dibuat oleh merek atau brand sebaiknya dibuat dengan menarik, baik menarik dalam hal visualnya, pengambilan gambarnya, ataupun cerita yang tersirat di dalamnya. Pada hal ini juga, kita harus memperhatikan tren yang muncul dan tren seringkali berubah dengan cepat. Jika sebuah brand tidak memiliki tim kreatif yang memadai, maka akan sedikit kesulitan bahkan kewalahan dalam mengikuti tren yang terjadi saat itu.  

3. Konsisten dalam Membuat Konten

Views akan semakin banyak bertambah jika kita upload konten video dengan konsisten. Jika kita tidak konsisten, maka views akan tetap segitu saja bahkan bisa berkurang. Maka dari itu, konsisten dalam membuat konten dapat menghasilkan pemasaran produk yang lebih efektif.

4. Algoritma Mengalami Perubahan

Dengan waktu yang signifikan, algoritma Tiktok terus mengalami perubahan secara berskala. Untuk itu, merek atau brand harus terus belajar mengenai perkembangan algoritma ini agar views videonya tidak stuck disitu saja.

Dampak Positif dan Negatif Tiktok dalam Pemasaran Produk

1. Dampak Positif

Berbagai jenis fitur yang dimiliki oleh Tiktok dapat mendatangkan dampak yang positif  bagi suatu brand atau merek dalam memasarkan produknya, diantara dampak positif yang sangat terasa yaitu jangkauannya yang sangat luas sehingga dengan mudah tersebar ke audiens, meningkatkan ekonomi digital, mempermudah interaksi antara brand dengan audiens, platform ini juga bisa mendorong kreativitas, karena di dalam aplikasi ini kita bisa langsung mengambil video, menambahkan efek atau filter, dan mengedit sesuai dengan selera yang diinginkan.

2. Dampak Negatif

Setiap aplikasi pasti tidak luput dari dampak negatifnya, begitu pun dengan aplikasi Tiktok. Dampak negatif yang sangat ketara saat ini yaitu adanya persaingan yang tidak sehat antar brand atau merek, ini bisa berupa saling menjatuhkan atau bisa juga menyewa buzzer dan menyebarkan hal yang negative mengenai produk yang dihasilan suatu brand. Dampak negatif lainnya yaitu produk dibuat asal-asalan bahkan kualitasnya jelek, plagiarisme antar brand atau merek, adanya penipuan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Tiktok menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, kegunaannya yang beragam sebagai sarana informasi, hiburan, edukasi, kreativitas, dan sarana pemasaran membuatnya bertahan di era digital ini. Tiktok sudah membuktikan bahwa fitur-fitur yang dimilikinya efektif dalam hal pemasaran produk. Dengan fitur yang mudah digunakan, algoritma yang kompleks, konten video yang kreatif, jangkauan yang luas, dan korelasi yang tinggi membuatnya sangat cocok untuk memasarkan produk.

Merek atau brand hanya perlu berusaha lebih dalam mempelajari platform media sosial satu ini. Dengan mengikuti setiap tren yang muncul, konsisten dalam membuat konten video, dan memahami algoritmanya maka merek atau brand ini sedikit demi sedikit akan mendapatkan hasil yang optimal dalam memasarkan produk.