Pada masa kini banyak para muda mudi Indonesia yang berminat sebagai entrepreneur di usia muda dibandingkan menjadi pegawai kantoran, karena dengan menjadi entrepreneur banyak sekali manfata atau keuntungan yang didapatkan seperti, lebih bisa berinovasi dan kreatif, prospek bisnis yang menjanjikan, memiliki kesempatan jangka panjang, melatih mengelola keuangan, tidak terikat oleh orang lain karena jadwalnya bisa diatur sendiri dan tentunya keluar dari zona nyaman.
Usia yang muda adalah usia yang cocok untuk kita mencoba hal-hal yang baru yang mampu mengeluarkan kita dari zona nyaman dan menghasilakn ide ide yang banyak, fresh, dan unik. Tenaga yang dimiliki oleh muda mudi pun maish sangat banyak untuk mencoba merintis usaha dan melakuakn banyak hal sekaligus. Karena hal inilah banyak sekali muda mudi yang tertarik menjadi entrepreneur di usia muda.
Enterpreneur menurut Ebbert dan Giffin adalah pelaku bisnis yang menerima gabungan atau risiko dan peluang yang menyangkut penciptaan dan pengoperasian peluang usaha baru. Enterpreneur merupakan orang yang menangggung risiko kepemilikan bisnis dengan sasaran utama pertumbuhan dan perkembangan.
Seorang entrepreneur pun adaalah seseorang yang tak hanya memiliki pengetahuan yang luas, namun juga memiliki ide yang kreatif serta kemampuan berkomunikasi yang efektif. Kemampuan ini bisa berkembang melalui pendidikan formal, berinteraksi dengan orang lain, bahkan dari pembelajaran pengalaman orang yang ahli dalam bidangnya. Dari kemampuan semacam itu, seorang entrepreneur dapat membentuk pola pikirnya. Dengan memiliki sikap yang penuh keyakinan, gigih, tidak kenal lelah, serta bersedia mencoba hal-hal baru demi peningkatan diri. Hal ini dapat menjadi elemen kunci yang dapat mendukung muda mudi kesuksesan seorang entrepreneur di usia muda agar siap menghadapi tantangan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.
Komunikasi bisnis adalah pertukaran pesan, ide, atau gagasan yang ada di dalam lingkungan bisnis untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Wyn Murlin Baty, ia berpendaapt bahwa komunikasi merupakan sebuah proses pertukarann informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh orang yang ada dalam proses komunikasi tersebut).
Dalam komunikasi bisnis pesan yang disampaikan harus jelas. Dan manfaat dari komunikasi bisnis ini adalah meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat hubungan dengan partner bisnis, dan meningkatkan efisiensi dalam dunia bisnis. Kemampuan berkomunikasi yang efektif adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seoarang entrepreneur dalam dunia bisnis, dengan hal itu dapat memiliki pemahaman yang kuat mengenai komunikasi bisnis yang nantinya akan membantu perusahaan mencapai kesuksesan yang dituju.
Komunikasi menjadi elemen kunci dalam dunia bisnis, terutama untuk entrepreneur muda yang baru saja terjun ke dunia bisnis. Karena jika tidak ada yang namanya komunikasi maka kita sebagai entrepreneur tidak akan bisa menjalaninya. Karena dalam bisnis kita sangat membutuhkan komunikasi. Bahkan keberhasilan seorang entrepreneur adalah memilki kemampuan berkomunikasi yang efektif tetapi bukan hanya dengan pelanggan saja kita melakukan komunikasi, tetapi dengan pemasok, distributor, pekerja, partner bisnis, dll. Maka dari itu kemampuan berkomunikasi sangat berdampak kepada kelancaran bisnis yang kita jalani kedepannya.
Dengan memiliki ide yang sangat cemerlang pun mungkin tidak dapat menjamin bahwa sebuah bisnis yang kita jalani akan sukses tanpa adanya kemampuan berkomunikasi yang efektif. Dikarenakan jika kita hanya memiliki ide yang cemerlang tanpa bisa menjelaskannya maka akan membuat para investor, pelanggan, partner kerja lainnya tidak ingin bekerja sama karena tidak yakin dengan penyampaiannya.
Inilah beberapa pentingnya komunikasi yang efektif untuk entrepreneur :
- Komunikasi menjadi alat untuk menyampaikan ide bisnis.
Contohnya seperti pada saat kita ingin melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti investor, pelanggan, atau partner kerja lainnya. Kita sebagai entrepreneur harus menyampaikan visi misi, ide bisnis, keunikan yang dapat membedakan dari yang lain, keunggulan, sasaran pasarnya untuk siapa, dan tentunya yang dapat menghasilkan keuntungan bagi kita semua yang terlibat. Dengan menjelaskannya dengan kemampuan berkomunikasi yang efektif, jelas, mudah dimengerti penjelasannya oleh orang lain, dan disertai dengan rasa percaya diri, maka hal tersebut akan membuat orang lain akan menerima ajakan kerjasama bisnis dengan kita dengan rasa percaya dan yakin tanpa adanya keraguan.
- Kemampuan komunikasi untuk membangun relasi
Kemampuan komunikasi yang efektif sangat membantu entrepreneur muda. Karena dalam dalam dunia bisnis komunikasi sangat berperan penting. Dikarenakan jika kita ingin mendapatkan relasi yang bisa menguntunkan satu sama lain dan dapat membantu perjalanan bisnis kita yang baru saja dimulai , maka dengan memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif sangat membantu sekali untuk bernegosiasi, menentukan kontrak pekerjaan dan juga keperluan lainnya yang diutuhkan dalam bernegosiasi dengan partner bisnis.
- Komunikasi untuk mengelola tim
Komunikasi yang diperlukan bukan hanya untuk pihak eksternal saja, tetapi dengan pihak internal pun sangat dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang efektif. Karena jika tidak adanya komunikasi yang baik antar anggota tim akan memunculkan masalah yang lebih besar dan rumit. Contohnya adalah dengan adanya kesalahpahaman, beda tujuan, beda penyampaian, beda persepsi , dan yang paling sering terjadi dengan sesame anggota tim adalah adanya miss communication. Maka dari itu, dengan sesama tim kita perlu adanya komuikasi yang efektif, transparan, dan selalu menyampaikan apapun keluh kesah yang ingin disampaikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan selalu menyebarkan sikap dan afirmasi yang positif yang akan memunculkan rasa semangat dan motivasi antar sesame anggota tim untuk mencapai kesuksesan bisnis yang dituju.
- Memanfaatkan media digital untuk berkomunikasi
Sekarang adalah era digital yang dimana orang-orang akan mempromosikan, menjual, atau membeli barang di media digital. Maka, jika menjadi seorang entrepreneur muda harus mengikuti perkembangan zaman yang ada agar tidak tertinggal dengan tren. Dengan media digital ini dapat mempermudah mempromosikan atau mengenalkan bisnis kita kepada khalayak tanpa bertatap muka hanya lewat dunia maya saja. Contohnya yang sedang tren sekarang adalah dengan mengenalkan bisnis atau produk kita lewat live berjualan di Tiktok, Instagram, Shopee, dll. Yang makin mempermudah para konsumen untuk membelinya dan tidak heran dengan melakukan live ini banyak para pembisnis yang omset nya naik secara drastis hanya dengan melakukan live berjualan melalui media digital.
- Komunikasi dapat mengembangkan soft skill
Di zaman sekarang persaingan antara individu dengan individu lainnya sangat ketat. Maka dari itu soft skill menjadi komponen penting yang membedakan individu di lingkungan kampus, kuliah, atau bisnis. Kemampuan berkomunikasi pun menjadi soft skill yang harus kita miliki pada zaman sekarang, karena komunikasi adalah hal yang sangat krusial. Dengan komunikasi kitab isa bersosialisasi dengan orang lain, bisa membangun relasi dengan orang lain, bertukar (pikiran, ide, gagasan), menyelesaikan konflik, membangun suatu hubungan. Dengan memiliki soft skill berkomunikasi dengan efektif dapat mempengaruhi empati, kepemipinan, ataupun adaptabilitas yang dapat kita kembangkan pula.
Disini dapat kita lihat contoh entrepreneur muda yang sukses yaitu pendiri Traveloka yang bernama Ferry Unardi, ia adalah pengusaha muda yang sukses yang meniti karirya dari semasa kuliah, pada saat kuliah di Harvard ia sudah mulai menjalankan bisnis menjual tiket pesawat terbang. Karena dengan hal itu, Ferry Unardi memili ide untuk membuat suatu platform yang menjual tiket pesawat yang mudah diakses oleh para pengguna dan bisa dibeli melalui online jadi orang-orang tidak perlu lagi membeli melalui agen tiket peswat dan lainnya. Dengan kesuksesan yang dimiliki oleh Ferry Unardi ini tentunya tidak mudah pasti melalui banyak sekali rintangan samapi bisa ditahap sekarang. Dengan kesuksesannya ini Ferry Unardi pasti melakukan bisnis dengan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang efektif, karena pada saat ia baru awal merintis menjual tiket peswat, tentunya ia harus berinteraksi, bernegosisasi dengan para konsumen, dan mungkin ia pun mencari relasi sebelum ia terjun ke dunia bisnis yang ia minati itu agar mencapai kesuksesan yang ia tuju.
Maka, yang perlu kita ambil dari Pelajaran kisah inspiratif diatas adalah dengan mempunyai skill berkomunikasi yang efektif dapat menghasilkan kesuksesan di usia muda yang kita impikan.
Tips yang dapat diambil dalam untuk mengembangkan kemampuan komunikasi secara efektif:
- Meningkatkan kemampuan mendengarkan
Berkomunikasi yang baik tidak hanya berbicara saja, tetapi menungkatkan kemampuan untuk mendengarkan pun sama pentingnya dengan berbicara. Karena dengan mendengarkan yang aktif kita bisa fokus untuk mendengarkan lawan bicara kita. Usahakan tidak memotong pembicaraan lawan bicara kita, gunakan eye contact agar lawan bicara kita merasa dihargai.
- Melatih Public Speaking
Berbicara di depan umum sudah harus menjadi soft skill yang kita milki pada saat ini, karena sebagai entrepreneur muda harus bisa berbicara di depan khalayak agar para partner kerja, konsumen, dll mempercayai kita dan tertarik untuk melakukan bisnis bersama kita. Cara yang dapat dilakukan untuk melatih public speaking adalah dengan mengikuti khursus untuk public speaking, beraltih lebih rajin lagi di depan kelas pada saat presentasi ataupun di depan keluarga/teman agar mendapatkan umpan balik (Feedback), atau sering merekam diri sendiri melalui handphone, dan tetus berlatih lagi sampai kepercayaan diri itu melekat pada diri kita untuk melakukan public speaking di depan khalayak.
- Memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi
Pada zaman sekarang, berkomunikasi tidak hanya attap muka saja tetapi bisa melalui email, telepon, video call, dll. Berlatih dengan menulis email yang baik dan professional untuk ditujuakan kepada partner bisnis, merekam diri sendiri untuk berlatih kemampuan bicara secara virtual, dan mempelajari cara penyampaian pesan secara visual atau infografis untuk mendukung komunikasi.
Dari penjelasan di atas maka komunikasi menjadi hal yang snagat penting bagi setiap individu, khususnya bagi para entrepreneur muda. Karena dengan komunikasi dapat mempermudah kita bersosialisasi, bernegosiasi, membangun hubungan yang baru, menyelesaikan konflik dan hal lainnya. Sebagai entrepreneur muda pada zaman sekaarang tentunya diharuskan ekali untuk mempunyai kemampuan berkomunikasi yang efektif, karena jika menjadi entrepreneur tidak bisa berkomunikasi akan mengalami hal yang sangat rumit dan sulit untuk dijalani. Karena dengan ,enjadi enterpreeneur di usia muda memiliki beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan, inilah beberpaa manafaat atau keungtungan menjadi entrepreneur di usia muda :
1.Memperluas jaringan koneksi atau relasi
Menjadi entrepreneur di usia muda bisa mendapatkan jaringan koneksi atau relasi yang sangat luas. Karena sebagai anak muda yang masih memiliki kekuatan yang besar sehingga dapat mengeksplor berbagai tempat untuk mencari koneksi ataupun relasi untuk bisnis yang akan dijalani.
2. Meningkatkan kreatifitas
Dengan menjadi entrepreneur di usia muda keuntunggannya adalah dapat berkreasi dan berinovasi sebebas mungkin untuk mencapai bisnis yang akan dilakukan atau dituju.
3. Meningkatkan rasa percaya diri
Menjadi entrepreneur di usia muda dapat meningkatkan rasa percaya diri yang lebih tinggi. Karena sebagai entrepreneur kita akan selalu berhadapan dengan partner bisnis untuk melakukan pekerjaan, Kerjasama yang mengharuskan kita berkomunikasi dan berbicara di depan banyak orang dan sekaligus bisa memotivasi individu lainnya untuk menjalani bisnis, dan pasti akan menjadi sosok yang tegas dalam memberikan Keputusan.
4. Keluar dari zona nyaman
Kebanyakan pada saat ini anak muda stuck pada zona nyaman yang kegiatannya hanya itu itu saja. Dengan menjadi entrepreneur di usia muda dapat mengeluarkan kita dari zona nyaman karena kita bisa berkegiatan yang lebih berinovasi, kreatif, dan dapat membedakan diri kita dari indivdiu lainnya.
5. Lebih Mandiri
Yang memilih sebagai enterprenur muda tentunya lebih mandiri dibanding dengan yang lainnya, karena sudah terbiasa melalui banyak rintangan yang dihadapi. Bahkan banyak yang sudah mampu untuk membiayai dirinya sendiri walaupun tidak banyak.
Dapat disimpulkan dari keseluruhan pembahasan diatas adalah komunikasi bukan hanya keterampilan tetapi menjadi kebutuhan. Dengan menjadi entrepreneur di usia muda sangatlah membutuhka kemampuan berkomunikasi yang efektif yang dapat mengasah public speaking, kemampuan mendengarkan. Karena setiap individu dapat meningkatkan kualitas komunikasi. Dengan kualitas komunikasi yang baik dapat mempererat hubungan dengan individu lain, menjani Kerjasama, memperluas relasi, meneyelesaikan konflik yang ada demi menuju kesusksesan yang ingin dicapai. Untuk mengembangkan keahlian berkomunikasi ini semua orang pun dapat melakukannya, maka dari itu jadikanlah komunikasi sebagai alat utama untuk menjadikan kita seseorang yang tumbuh, berkontribusi, dan tetap maju