Logo Wordmark Dalam Bisnis

Logo merupakan proses desain dengan membentuk teks sehingga menjadi sebuah brand. Logo umumnya digunagan oleh nama perusahaan atau merek seperti Google, Nokia, LG dll. Jika nama perusahaan terlalu panjang dan rumit bisa menggunakan Logo Teks. Logo berbasis teks dapat dimanfaatkan untuk promosi sebuah merek. Logo berbasis teks sangat populer di kalangan bisnis yang sedang berkembang maupun yang sudah sukses.

Logo berbasis teks mudah untuk dibuat. Dengan memperlihatkan kepribadian dari perusahaan tersebut. Membuat Logo Teks dapat dilakukan dengan menggunakan nama dari perusahaan tersebut. Yang perlu diperhatikan hanyalah pemilihan warna dan font yang sesuai.

Logo berbasis teks menarik untuk perusahaan. Menempatkan nama perusahaan di sebuah logo, sehingga menarik perhatian khalayak masyarakat. Hal ini terjadi sangat penting bagi bisnis yang sedang berkembang supaya memperluas pasar dan memperoleh pengakuan dari masyarakat.

Logo Wormark

Wordmark tidak lekang oleh waktu. Nilai logo berbasis gambar atau kombinasi sangat bergantung pada tren dan desain. Selain itu, jika memilih untuk terjun ke industri baru, kemungkinan besar harus mendesain logo baru untuk bisnis. Sedangkan Wordmark, logo tersebut akan bertahan lebih lama, Seperti logo Sony, Disney, atau Calvein Klein. Logo-logo tersebut hampir tidak berubah selama beberapa dekade terakhir.

Cara membuat Logo Wordmark

  • Font
    • Identifikasi Kepribadian Merek
      • Tanpa disadari pelanggan memiliki hubungan dengan merek. itulah sebabnya perlu memastikan jenis huruf untuk mencermirkan kepribadian merek. Untuk lebih memahami apa yang ditunujkan merek, buatlah daftar sifat saat merencanakan merek bisnis. Contohnya seperti: “tenang, damai, seimbang, dapat dipercaya”,”energik, eksplosif, out-of-the-box”,”halus, lembut, romantis”.
    • Pilih Font Terbaik
      • Font tersedia dalam 4 jenis, seperti :
        • Font serif
          • Solusi tipografi klasik. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang menganggap font serif sebagai sesuatu yang matang dan konsisten. jenis huruf serif dapat dilihat pada logo yang digunakan oleh The New York Times, Canon, dan Pixar.
        • Font Sans Serif
          • Terlihat ringkas dan minimalis. Orang-orang menggambarkannya sebagai informal dan inovatif. jenis huruf tanpa serif digunakan oleh Calvin Klein, Facebook, dan Duolingo
        • Font Handwriting
          • Menciptakan kedkatan emosional dengan merek. Seperti logo Coca-cola, Barbie, atau Cadbury yang cantik
        • Font Display, terlihat berani dan kreatif
          • Ini adalah cara yang bagus untuk membedakan logo satu dengan yang lain. Seperti disney, Kickstarter, dan Harry Potter.
    • Pilih Pengaturan
      • Huruf
        • Huruf besar (IKEA), huruf kecil (ebay), atau kombinasi (Pampers)
      • Ketebalan
        • Tebal (Jeep) atau normal (Tiffany)
      • Gaya
        • Normal (Levi’s) atau miring (Visa)
    • Pilih Kerning Yang Tepat
      • Menambahkan sentuhan unik
        • Misalnya, Zara menyesuaikan kerning agar huruf-huruf pada logonya sedikit tumpang tindih.
      • Meningkatkan keterbacaan
        • Agar logonya lebih lapang dan mudah dipahami, Sony menciptakan spasi besar di antara keepat huruf dalam nama mereknya.
      • Tambahkan detail yang menarik
        • Pada logo FedEx, terdapat tanda panah yang tersembunyi di antara huruf “e” dan “x”. Tanda panah tersebut melambangkan ketepatan, dua hal pokok yang menjadi ciri khas perusahaan logistik ternama ini.
        • Pada logo Braun, huruf “A” ditulis dengan huruf kapital.
        • Logo Exxon Mobil menonjol melalui huruf “XX” yang menarik perhatian
  • Warna
    • Pilih Warna Yang Tepat
      • Setiap warna memiliki asosiasi dan maknanya sendiri. Misalnya, oranye memancarkan kegembiraan, ungu melambangkan kemewahan, biru menyampaikan kehandalan, dll. Pikirkanlah tentang warna apa yang mengungkapkan kepribadian merek
    • Ciptakan Kombinasi Beberapa Warna Yang Serasi
      • Pastikan logo terlihat sama bagusnya pada latar belakang putih dan hitam. Misalnya, Facebook memiliki logo terkenalnya dalam varian biru dan putih.
    • Percobaan
      • Menyorot satu atau beberapa huruf dengan warna yang berbeda dengan warna yang berbeda (Flickr, HyperloopTT)
      • Menggunakan gradien (Ford)
      • Menambahkan bayangan berwarna (Subway)
  • Bentuk
    • Susun huruf dengan cara yang tidak biasa
      • Seperti Netfilx memilih untuk sedikit mengubah nama mereknyya, sehingga menambah volumenya.
    • Letakkan teks ke dalam bentuk geomertris
      • Misalnya, kata “Samsung” ditempatkan di dalam elipsis. “P&G” dilingkari, sementara “gap” ditemukan di dalam persegi.
    • Sorot beberapa huruf
      • Pada logo Linkedln, dua huruf terakhir ditulis dengan warna berbeda dan diapit kotak biru.
    • Pisahkan kata tersebut menjadi dua baris
      • Salah satu contoh hebat dalam hal itu adalah logo Uniqlo

Cara Membuat Logo Wordmark

  • Buatan Sendiri
    • Jika memiliki pengalaman dalam mendesain grafis, membuat logo sendiri dapat menjadi pilihan. Dengan melakukannya dalam program grafis profesional, seperti Adobe Illustrator, atau dalam editor teks biasa, Word.
  • Layanan Online
    • Pembuatan logo online adalah cara termudah untuk membuat logo bagus tanpa usaha apapun. layanan ini akan membuat tanda kata yang rapi dalam hitungan menit, memingkinkan jenis huruf khusus.
  • Desainer profesional
    • Jika memiliki anggaran yang cukup untuk membuat logo dan tahu persis logo seperti apa yang ingin didapatkan, menyewa desainer bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa situs untuk menyewanya seperti :
      • Situs web (Upwork, Fiverr, dll.)
      • Platform khusus (99designs, Designhill)
      • Promosi dari kerabat (rekomendasi dari teman, mitra bisnis, dll.)

Berbagai Jenis Logo

  • Wordmark (Logotype)
    • Logo ini terdiri dari nama merek, dirancang dengan jenis huruf tertentu, dengan fokus pada tipografi. Contoh : Logo Google
  • Lettermark (Monogram)
    • Logo lettermark yang terbuat dari inisial atau huruf, berguna untuk perusahaan dengan nama panajang. Contoh : IBM
  • Ikon (Merek)
    • Simbol atau grafik yang mewakili perusahaan tanpa menggunakan teks. Contoh : Apple
  • Merek Kombinasi
    • Merek ini menggabungkan teks dan elemen grafis seperti simbol atau ikon, sehingga memberikan keluluasaan bagi merek untuk menggunakan kedua ele tersebut secara bersamaan atau terpisah. Contoh : Adiddas.
  • Lambang
    • Logo ysng teksnya ditempatkan di dalam simbol atau lencana, sehingga menciptakan desain yang terpadu. Contoh : Starbucks.
  • Logo Abstrak :
    • Ini adalah simbol abstrak unik yang mewakili sebuah merek, yang sering kali terbuka untuk interpretasi. Contoh : Logo Nikke
  • Logo Maskot
    • Karakter atau maskot yang mewujudkan identitas merek, sering digunakan untuk menciptakan citra ramah dan mudah didekati. Contoh : Kolonel sanders dari KFC.

Pemilihan Desain

Apapun Jenis logo yang dipilih, ingatlah bahwa tujuan logo adalah untuk mewujudkan nilai-nilai merek dan kepribadian merek. Logo harus menarik secara visual dan membantu bisnis menonjol dari pesaing. Pilihan desain yang akan membantu hal itu (apaun jenis logo yang didesain) meliputi :

  • Palet warna
    • Skema warna yang dipakai agak terbatas (tidak lebih dari tiga warna). Skema warna harus mencerminkan produk/kategori sekaligus menarik perhatian bagi audiens.
  • Jenis huruf yang unik
    • Pilihan huruf benar-benar dapat membantu untuk menonjol dari yang lain, dan huruf yang tepat akan memberikan kesan yang kuat.

Logo Menjadi Pilihan Tepat

  • Memiliki nama bisnis yang pendek dan unik (satu kada sudah ideal). Tanda kata membantu membangun pengenalan nama, suatu keharusan di dunia rintisan. Jika nama bisnis lebih panjang atau mengandung beberapa kata, pertimbangkan monogram atau tanda huruf (seperti HBO atau IBM)
  • Untuk menggunakan logo di berbagai media,atau di atas gambar dan latar belakang yang berbeda. Logo wordmark lebih mudah diintergrasikan di berbagai platform (termasuk platform digital) karena tidak perlu khawatir tentang keterbacaan simbol atau ruang yang ditempatinya dan tidak perlu khawatir tentang berbagai variasi. Menggunakan warna atau jenis huruf yang cerah dan khas pada logo. Tanda kata yang kuat tidak memerluan elemen lain yang bersaing dengannya atau mengurangi dampakanya.

Hal – Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Mendesain Logo

  • Jangan berlebihan
    • Logo dimaksudkan untuk menjadi kuat karena kesederhanaanya. Jangan gunakan font tampilan yang rumit dan pilih satu dua elemen yang perlu digunakan. Pendekatan minimalis sering kali berfungsi paling baik.
  • Jangan kompromi dalam hal pengenalan merek
    • Banyak pakar merek mengeluhakan maraknya logo wormark yang terlalu disederhanakan. Mereka merasa bahwa merek lama beresiko kehilangan pengenalan merek jika mereka mengabaikan simbol logo atau elemen kreatif lainnya. Logo baru tidak perlu terjebak dalam perngakap “biasa-biasa saja” ini. Pilih sesuatuyang masih dapat langsung dikenali dan mengekspresikan identitas merek dengan cara yang cerdas.
  • Prioritaskan keterbacaan
    • Jika logo tidak jelas, maka akan membingunkan pelanggan. Pastikan logo terbaca sebaik mungkin, dan mudah dibaca baik dalam lingkungan digital maupun cetak.

Pentingnya Memilih Desain Logo

Di Pasar yang digerakkan oleh konsumen tempat sebagian besar bisnis beroperasi saat ini, ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan perusaan. Penting bagi perusaan untuk memperhatikan hubungan, hasil dan reputasi agar berhasil. Tidak dapat disangkal, salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan bisnis terkait reputasinya adalah upaya pencitraan merek dan pemasarannya. Tanpa dedikasi untuk menegakkan citra yang kuat, sulit bagi perusahaan untuk mempertahankan pasar yang besar dengan basis konsumen yang loyal dan tertarik. Untuk memastikan bahwa citra yang baik tercipta dan ditegakkan, memiliki citra literal logo menjadi sangat penting.

Ada banyak jenis logo yang dapat dipilih perusahaan saat mendesain merek dagang terdaftar. Beberapa perusahaan memilih untuk logo yang hanya berupa teks, sementara yang lain menyertakan gambar dan desain yang rumit. Untuk benar-benar membuat pernyataan yang akan melekat di benak pelanggan dan memungkinkkan pengenalan merek secara instan, logo wormark menjadi pilihan terbaik.

Logo Wordmark dalam Bisnis

Logo wordmark persis seperti namanya merek dagang yang hanya terdiri dari satu kata dengan jenis huruf atau warna yang unik. Biasanya logo semacam itu adalah teks yang dirancang khusus untuk nama suatu produk, lembaga, atau perusahaan, yang digunakan untuk membangun identifikasi dan pencitraan merek yang kuat. Banyak perusahaan, yang digunakan untuk membangun identifikasi dan pencitraan merek yang kuat. Banyak perusahaan, seperti Google, Wiipedia, FedEx, dan Coca Cola memiliki logo wordmark yang sangat ikonik dan terkenal yang telah membantu meraih kesuksesan di industri masing -masing. Di sebagian besar negara maju, wordmark dapat didaftarkan dalam kekayaan intelektual, sehingga tidak dapat digunakan oleh siapapun di luar perusahaan tanpa lisensi yang tepat.

Manfaat Logo Wordmark

Salah satu manfaat utama darii wordmark adalah kesederhanaan dan kemudahan untuk memahaminya. Merek dagang grafis yang hanya terdiri dari gambar sering kali trlalu ramai dan rumit. Kurangnya kejelasan ini dapat terlihat tidak dari ketidak profesionalan. Selain itu,dengan merek dagang bergambar, konsumen mungkin bingung mengenai apa yang sebenarnya diwakili oleh gambar tersebut, karena tidak ada kata-kata untuk menjelaskannya. Perusahaan yang berbeda dapat memiliki logo yang serupa, yang kana menyebakan lebih banyak mispersepsi.

Oleh karena itu, hal ini dapat menyebakan kebingungan merek dan pengenalan konsumen yang buruk. Namun, dengan logo wordmark, nama perusahaan satau produk menjadi jelas, karena merupakan satu-satunya komponen logo. Identitas yang mudah diingat ini akan melekat di benak konsumen, sehingga menciptakan pengenalan merek yang lebih besar. Selain itu, sifat logo wordmark yang hanya berupa teks tidak berarti bahwa logo tersebut tidak akan menarik. Dengan menggunakan warna dan font yang amenarik perhatian, perusahaan dapat memastikan bahawa logo tersebut menarik perhatian.

Oleh karena itu, dari semua jenis logo yang dapat dipilih oleh suatu bisnis untuk mewakili suatu produk, lembaga, atau perusahaan, logo wordmark sering kali menjadi pilihan yang jelas. Sementara logo berbasis gambar dapat membingunkan dan terlalu rumit, logo berbasis tekstual dapat sama menariknya sekaligus memeliki kejelasan yang lebih baik untuk promosi pemasaran yang kuat.

Logo Wordmark Sebagai Identitas Perusahaan

Logo wordmark dapat memperkuat nama merek. Sebagai bisnis baru, atau bisnis apapun dengan dana terbatas untuk pemasaran, membuat calon pelanggan mengenali dan mengingat nama Brand, menjadi salah satu faktor terpenting untuk meraih kesuksesan. Meskipun grafis yang dirancang dengan baik dapat memperkuat nama (misalnya Target atau Dominos’s), kemungkinan besar logo yang lama akan terus dikembangkan. Pengetahuan desainer tentang grafis dan merek perlu upaya lebih. Banyak perusahaan yang akhirnya memili logo grafis yang buruk.

Membuat simbol grafis yang dirancang dengan baik dan mudah diingat secara akurat mewakili citra merek membutuhkan kerja keras. Banyak logo yang dirancang dengan buruk, logo yang terlihat amatir dalam desainnya atau di mana konsep desainnya membingungkan atau tidak tepat sasaran. Menemukan desainer yang mampu memebuat logo yang kuat bisa jadi sulit, terutama ketika memiliki dana yang terbatas. Ciri khas logo yang dirancang dengan baik adalah kesederhanaan, grafis yang menyaring esensi merek menjadi grafis yang unik dan sederhan. Berfokus hanya pada tipografi dan warna tidak mencoba menyatukan seluruh merek menjadi sebuah simbol jauh lebih mudah.

Logo wordmark memiliki nilai yang lebih baik. Dengan memahami tantangan dalam menciptakan logo grafis atau ikon yang kuat, desainer yang tidak berpengalaman jarang menghasilkkan hasil yang bagus. Namun, menyewa firma branding dengan layanan lengkap pun memerlukan biaya yang besar.

Kesimpulan

Logo wordmark digunakan secara luas di berbagai industri karena suatu alasan, logo tersebut terlihat minimalis dan tidak rumit, meningkatkan pengenalan nama, dan mudah diaplikasikan di berbagai media. Yang terpenting, logo tersebut tidak lekang oleh waktu. Meski begitu, logo tersebut tidak selalu mudah untuk didesain, terutama jika bukan desainer profesional. Desain logo ini membutuhkan ketelitian dan dan perhatian yang sangat tinggi terhadapap detail agar hasilnya sempuran. Dengan lebih sedikit elemen di sekitarnya, maka pastikan setiap karakternya sempuran. Seperti halnya semua bentuk desain logo lainnya, pastikan detail apapun yang ditambahakan ke wordmark memilki funginya, bukan hanya dari segi estetika, untuk menciptakan identitas yang kuat dan merek yang bermakna.