Keunikan Desain Porsche RWB: Sentuhan Pribadi Akira Nakai

Sumber:Mike Kuhn Racing

Haii para pencinta modifikasi mobil khususnya modifikasi Porsche RWB. Perkenalkan saya Ali Muhammad Ibrahim dari Universitas Komputer Indonesia Prodi Desain Komunikasi Visual. Pastinya kalian sudah tidak asing dengan hasil modifikasi oleh Akira Nakai.

Disini saya akan kasih tau seberapa jauh Akira Nakai memulai di dunia modifikasi mobil, Pertama saya akan memberitahu apa sih RWB?

Sejarah Rauh-Welt Begriff

Rauh-Welt Begriff, yang berarti “Konsep Dunia Kasar” dalam bahasa Jerman, berawal di Chiba, Jepang. Nakai memulai perjalanannya sebagai penggemar balap jalanan dan modifikasi mobil. Sebelum mendirikan RWB, ia aktif dalam balapan drift dan time attack, yang menginspirasi pendekatannya terhadap modifikasi.

Sumber: Cintamobil.com

Porsche 911 menjadi kanvas favorit Nakai. Mobil ini memiliki desain klasik dengan performa tinggi, tetapi bagi Nakai, ia melihat peluang untuk memberikan sentuhan yang lebih personal. Pada 1990-an, ia mulai memodifikasi Porsche 911 miliknya sendiri, yang kemudian dikenal sebagai “Stella Artois.” Mobil ini menjadi awal dari perjalanan RWB.

Keunikan Desain RWB

Desain RWB mudah dikenali berkat pendekatan overfender yang dramatis, penggunaan material berkualitas, dan tampilan agresif namun elegan. Berikut adalah beberapa elemen utama yang membuat desain Porsche RWB unik:

  1. Overfender Ikonik

Sumber: Bincang Bincang Mobil

Overfender lebar adalah ciri khas utama Porsche RWB. Fender ini memberikan tampilan lebih agresif dan memungkinkan penggunaan ban berukuran besar, meningkatkan traksi dan performa. Namun, pemasangan overfender ini bukan hanya soal fungsi, melainkan juga estetika.

Nakai memotong bodi asli Porsche secara manual sebelum memasang overfender. Proses ini dilakukan dengan sangat hati-hati untuk memastikan kesesuaian sempurna. Banyak yang menganggap tindakan ini sebagai “sakral” karena Porsche dianggap mobil yang sempurna tanpa modifikasi.

  • Tampilan Ground Hugging

Sumber: Driven Car Guide

Porsche RWB sering memiliki posisi yang sangat rendah, hampir menyentuh tanah. Hal ini dicapai melalui penggunaan suspensi khusus yang dapat disesuaikan untuk memberikan stabilitas maksimal dan tampilan yang mencolok.

  • Spoiler Besar dan Aerodinamika

RWB identik dengan penggunaan spoiler belakang besar yang memberikan keseimbangan aerodinamis pada kecepatan tinggi. Bentuk spoiler ini sering kali terinspirasi dari gaya balap Porsche di era 1970-an dan 1980-an.

  • Warna dan Grafis Khas

Sumber: RWB.JP

Setiap Porsche RWB memiliki skema warna unik yang dipilih oleh pemiliknya bersama Nakai. Warna ini sering dipadukan dengan grafis sederhana atau logo yang menonjolkan identitas mobil.

1. Dominasi Warna Matte dan Glossy

Mobil RWB sering kali dicat dengan warna matte (doff) atau glossy (mengkilap) yang kuat dan dramatis. Beberapa warna yang menjadi favorit di antaranya:

  • Hitam Doff: Warna ini menciptakan tampilan yang misterius dan elegan, sering kali dipadukan dengan aksen kontras seperti putih atau merah.
  • Hijau British Racing: Memberikan nuansa klasik dan sporty, warna ini sering dikombinasikan dengan velg emas atau perak.
  • Merah Cerah: Warna yang mencolok ini menonjolkan agresivitas desain bodi lebar RWB.
  • Putih Bersih: Pilihan sederhana tetapi elegan, sering dilengkapi dengan grafis hitam atau aksen karbon.

Selain itu, Nakai juga kadang bereksperimen dengan warna yang lebih mencolok seperti biru neon, ungu metalik, dan oranye terang untuk memberikan efek visual yang unik.

2. Grafis Minimalis hingga Ekspresif

Grafis yang digunakan pada Porsche RWB sering kali menonjolkan identitas merek atau tema khusus. Beberapa gaya yang populer meliputi:

Logo “RWB” atau “Rauh Well Begriff”

  • Biasanya ditampilkan dengan huruf besar pada kaca depan atau bagian bodi.
  • Warna huruf disesuaikan dengan tema warna mobil, sering kali putih, hitam, atau emas untuk memberikan kontras.

Nomor Balap

  • Sentuhan balap sering hadir dalam bentuk angka besar yang dicat pada pintu atau kap mesin.
  • Angka-angka ini memberikan nuansa motorsport klasik dan sering diiringi dengan garis balap (racing stripes).

Goresan dan Blok Warna

  • Garis geometris atau blok warna diagonal yang memotong bodi mobil memberikan tampilan modern.
  • Kombinasi hitam, putih, dan merah sering menjadi pilihan populer untuk desain ini.

3. Stiker dan Livery Ikonis

Nakai sering mengaplikasikan stiker atau livery khas yang mencerminkan tema mobil atau afiliasi dengan sponsor. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sponsor Balap Retro: Nakai kadang mengambil inspirasi dari mobil balap klasik, menambahkan logo seperti Martini Racing, Gulf, atau Rothmans pada mobil RWB.
  • Nama dan Identitas Mobil: Setiap mobil yang dimodifikasi sering memiliki nama unik seperti “Stella Artois” atau “Pandora One,” yang dicetak di bagian bodi.
  • Tipografi Jepang: Tulisan kanji atau katakana sering digunakan untuk memberikan nuansa otentik Jepang pada mobil.

4. Aksen dan Detail Kustom

Selain warna utama dan grafis, Nakai juga memberikan perhatian pada detail kecil seperti:

  • Velg Kustom: Warna velg sering kali dirancang untuk melengkapi tema mobil, misalnya emas untuk tampilan mewah atau hitam untuk kesan agresif.
  • Kaliper Rem Berwarna Kontras: Misalnya, kaliper merah pada mobil dengan bodi putih atau hitam.
  • Aksen Karbon: Bagian seperti kap mesin, spoiler, atau lip depan sering dibuat dari serat karbon, memberikan kesan sporty dan modern.

5. Fleksibilitas dalam Warna dan Grafis

Setiap mobil RWB adalah karya seni yang unik, sehingga Nakai bekerja sama langsung dengan pemilik untuk memilih skema warna dan desain grafis yang sesuai. Fleksibilitas ini membuat tidak ada dua mobil RWB yang benar-benar sama. Hal ini juga memperkuat reputasi RWB sebagai merek tuning yang mengutamakan personalisasi dan estetika tinggi.

Proses Manual dan Eklusif

Setiap mobil RWB dirancang dan dimodifikasi langsung oleh Akira Nakai sendiri. Ia melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk bekerja langsung di garasi pemilik mobil. Proses ini memastikan bahwa setiap mobil RWB adalah karya seni yang sepenuhnya personal.

Filosofi Akira Nakai dalam Desain

Bagi Nakai, setiap Porsche RWB bukan hanya mobil, tetapi juga karya seni yang mencerminkan kepribadian pemiliknya. Filosofinya adalah menciptakan mobil yang tidak hanya cantik untuk dilihat tetapi juga nyaman untuk dikendarai.

  1. Kustomisasi Berdasarkan Kepribadian Pemilik

Nakai selalu melibatkan pemilik mobil dalam proses desain. Ia bertanya tentang gaya hidup, preferensi, dan tujuan penggunaan mobil tersebut. Hasilnya, setiap Porsche RWB memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada mobil lain.

  • Harmoni Antara Fungsi dan Estetika

Meskipun tampilan mobil RWB sangat mencolok, Nakai memastikan bahwa setiap modifikasi memiliki fungsi. Overfender, spoiler, dan suspensi bukan hanya untuk estetika, tetapi juga untuk meningkatkan performa mobil.

  • Proses yang Personal dan Tidak Tergesa-gesa

Nakai terkenal karena pendekatannya yang teliti dan tidak terburu-buru. Ia biasanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan satu mobil, memastikan setiap detail sesuai dengan visi awal.

Balancing Form dan Function

Walaupun desain RWB terlihat agresif dan terkesan fokus pada estetika, setiap elemen dibuat dengan tujuan spesifik:

  • Aerodinamika: Fender lebar dan splitter depan didesain untuk meningkatkan stabilitas saat melaju di kecepatan tinggi.
  • Handling: Wide body memungkinkan penggunaan ban yang lebih lebar, memberikan grip yang lebih baik, terutama di lintasan balap.
  • Keseimbangan Estetis: Dimensi mobil tetap mempertahankan proporsi klasik Porsche, memberikan kesan harmonis antara keagresifan dan keindahan.

10. Dampak Emosional pada Pemilik

RWB tidak hanya tentang mobil, tetapi juga tentang pengalaman:

  • Proses yang Mendalam: Pemilik sering kali ikut menyaksikan proses pemasangan, menciptakan kenangan tak terlupakan.
  • Hubungan Personal dengan Nakai: Setiap pemilik merasa seperti memiliki hubungan langsung dengan Nakai, karena ia melibatkan mereka dalam proses modifikasi.
  • Identitas Unik: Nama khusus yang diberikan oleh Nakai pada setiap mobil memberikan rasa kepemilikan yang mendalam. Nama-nama ini sering kali mencerminkan cerita, emosi, atau filosofi tertentu.

11. Material Berkualitas Tinggi

RWB menggunakan material yang dirancang untuk performa tinggi:

  • Fiberglass Reinforced Plastic (FRP): Material ini digunakan untuk body kit karena ringan, kuat, dan mudah dibentuk.
  • Carbon Fiber: Untuk beberapa bagian yang membutuhkan bobot sangat ringan namun kekuatan tinggi, seperti spoiler belakang.
  • High-Quality Paintwork: Proses pengecatan sering kali disesuaikan dengan preferensi pemilik, menghasilkan tampilan eksklusif.

12. Pengaruh Budaya Drift dan Balap

Akira Nakai memiliki akar dalam dunia drifting dan balap, yang memengaruhi desain RWB:

  • Inspirasi dari Bosozoku: Gaya wide-body dengan over-fenders besar terinspirasi dari subkultur otomotif Jepang, seperti Bosozoku dan Kaido Racer.
  • Adaptasi untuk Sirkuit Balap: Banyak pemilik RWB menggunakan mobil mereka untuk track day, menunjukkan bahwa desain ini tidak hanya untuk gaya, tetapi juga performa.

13. Eksklusivitas dan Komunitas

RWB memiliki komunitas yang kecil tetapi sangat eksklusif:

  • Jumlah Terbatas: Karena Nakai mengerjakan setiap mobil secara pribadi, hanya ada sedikit mobil RWB di seluruh dunia.
  • Acara Khusus: Pemilik sering berkumpul di acara seperti RWB Meet, di mana mereka merayakan keunikan karya mereka.
  • Simbol Status: Memiliki RWB adalah bukti kecintaan seseorang terhadap otomotif dan seni modifikasi tingkat tinggi.

14. Perpaduan Estetika Jepang dan Klasik Porsche

RWB memadukan filosofi desain Jepang dengan keindahan ikonis Porsche:

  • Jiwa Jepang: Elemen seperti spoiler besar, fender lebar, dan sentuhan manual mencerminkan semangat seni Jepang.
  • Keaslian Porsche: Meski dimodifikasi, RWB tetap menjaga garis desain khas Porsche, sehingga tidak kehilangan identitas aslinya.

15. Nilai Investasi

Mobil Porsche RWB tidak hanya menjadi karya seni otomotif, tetapi juga investasi jangka panjang:

  • Koleksi Langka: Dengan meningkatnya popularitas RWB, harga mobil yang sudah dimodifikasi oleh Nakai cenderung naik.
  • Sejarah dan Cerita: Setiap mobil membawa cerita unik, menjadikannya barang koleksi yang dihargai dalam komunitas otomotif.

16. Pengalaman yang Menginspirasi

Bagi Nakai, RWB adalah perpanjangan dari hasratnya terhadap seni, mobil, dan ekspresi individu. Prosesnya mengajarkan:

  • Kesabaran dan Dedikasi: Membuat sesuatu yang unik memerlukan waktu dan perhatian terhadap detail.
  • Kreativitas Tanpa Batas: Tidak ada aturan tetap dalam modifikasi RWB, memberikan kebebasan berekspresi.\

Pengaruh RWB di Dunia Otomotif

Popularitas Rauh-Welt Begriff telah melampaui Jepang dan menjadi fenomena global. Berikut adalah beberapa alasan mengapa RWB memiliki dampak besar dalam dunia otomotif:

  1. Merayakan individualitas

Di dunia di mana mobil sering diproduksi secara massal, RWB memberikan alternatif bagi mereka yang ingin mengekspresikan individualitas mereka. Setiap mobil RWB adalah satu-satunya di dunia.

  • Menyatukan Komunitas Pecinta Otomotif

tersebar di seluruh dunia. Acara dan pertemuan RWB menjadi ajang bagi pemilik dan penggemar untuk berbagi pengalaman dan apresiasi terhadap desain unik ini.

  • Menginspirasi Gaya Modifikasi Baru

Pendekatan Nakai yang berani dan kreatif telah menginspirasi banyak modifikator untuk berpikir di luar kotak. Banyak yang mencoba meniru gaya RWB, meskipun keaslian tetap menjadi milik Nakai.

Kontroversi dan Kritik

Meski RWB memiliki banyak penggemar, tidak semua orang menyukai pendekatan ini. Kritik utama datang dari puris Porsche yang merasa bahwa modifikasi ini merusak keaslian desain asli Porsche 911. Namun, Nakai selalu menegaskan bahwa ia menghormati karya asli Porsche dan hanya ingin memberikan sentuhan yang lebih personal.

Kesimpulan

Rauh-Welt Begriff dan Akira Nakai telah menciptakan jejak yang mendalam di dunia modifikasi otomotif. Dengan pendekatan unik, perhatian terhadap detail, dan dedikasi penuh, Nakai telah mengubah Porsche 911 menjadi kanvas seni yang hidup.

Bagi banyak orang, RWB bukan hanya soal mobil, tetapi juga filosofi tentang bagaimana menciptakan sesuatu yang indah, fungsional, dan benar-benar unik. Sentuhan pribadi Akira Nakai adalah alasan utama mengapa RWB akan terus dikenang dan dihormati dalam dunia otomotif.

FUNFACT AKIRA NAKAI PERNAH KE BANDUNG ‘TERROR GARAGE’

Akira Nakai pernah memodifikasi Porsche RWB di Bandung, Indonesia. Hal ini menjadi momen bersejarah bagi komunitas otomotif lokal, mengingat reputasi global Nakai sebagai salah satu modifikator paling ikonis. Kehadiran Nakai di Bandung menarik perhatian banyak pecinta otomotif di Indonesia, terutama penggemar Porsche klasik dan gaya modifikasi RWB.

Untuk yang kedua kalinya, Akira Nakai datang ke Indonesia, hari Minggu (26/1) lalu. Tuner asal Jepang tersebut memang selama ini dikenal sebagai modifikator spesialis mobil Porsche klasik. Melalui bendera rumah modifikasi RAUH-Welt BEGRIFF atau RWB, Akira Nakai behasil ‘menghipnotis’ ribuan pasang mata dengan hasil modifikasinya.

Bagi kalangan modifikator, Nakai-san adalah legenda hidup. Hasil tangan kreatifnya memang selama ini dikenal sangat ekstrim, eksotis namun tetap fungsional. Porsche hasil garapannya pun kerap dianggap sebagai karya seni bernilai tinggi ketimbang mobil modifikasi.

 dalam kesempatan yang kedua ini Nakai-san kembali ‘membedah’ mobil Porsche 993 milik Yanto Widodo dan Michel Lesmana dari Terror Garage, Bandung. Sebelumnya, Nakai-san sempat pula menggarap sebuah mobil Porsche 964 tahun 1994, juga di tempat yang sama.

51922204 Ali Muhammad Ibrahim

Program Studi Desain Komunikasi Visual https://unikom.ac.id/fakultas/dekan-fd

Fakultas Desain https://unikom.ac.id/fakultas/dekan-fd

Universitas Komputer Indonesia https://unikom.ac.id/

Referensi:

https://www.soundandmachine.com/artikel/25252/Garap-Banyak-Porsche-911-RWB-Kembali-Ramaikan-Kultur-Otomotif-di-Indonesia-Tahun-Ini

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/11/072714515/modifikasi-porsche-rwb-garapan-akira-nakai-jadi-investasi-mahal-demi-karya