Kamu tau ga sih apa itu blender? Atau mungkin kamu pernah denger nama aplikasi ini? Ya, Blender itu aplikasi yang digunakan untuk membuat objek 3d. Disini aku mau bahas nih tentang apa sih Blender itu dan mungkin aku bakalan ngasih beberapa tutorial penggunaan blender ke kalian, mohon disimak ya.
Menurutku Blender itu kayak aplikasi ajaib gitu deh beneran!. Bayangin aja nih ya kamu punya objek atau bangun datar digital, terus kamu bisa bentuk itu jadi apa aja! Mau dibikin karakter kartun yang lucu lucu? Bisa kok! Atau mungkin mau bikin animasi film pendek yang keren? Blender bisa kok bikin kaya gitu
Terus apa aja sih yang bikin Blender itu keren? Selain bikin aplikasi 3d tadi Blender juga bersifat gratis, jadi kamu gak perlu tuh keluar duit sepeser pun buat pakai Blender. Jadi, kamu bisa eksplorasi semua fiturnya tanpa khawatir boncos hehe. Terus Blender itu menurutku serba bisa, mau dibikin animasi lah, modeling 3D lah, atau sekalian ngedit video? Semuanya bisa dikerjain kok pakai Blender. Pokoknya, ini aplikasi serba bisa banget.
Terus Komunitas pengguna Blender itu gedeee banget. Jadi, kalau kamu ketemu masalah, pasti banyak yang siap bantuin kamu. Selain itu Blender juga bersifat Open Source, Blender itu kayak software “rakit-rakitan”. Jadi, banyak banget developer yang terus ngembangin dan nambahin fitur-fitur baru.
Terus gimana sih cara pakai Blender? Awal-awal pasti bingung, seriusan aku pun begitu, dan wajar aja kok hehe. Tapi tenang aja, banyak banget tutorial di YouTube atau website-website lain yang bisa kamu ikutin. Tinggal cari aja keyword yang sesuai dengan apa yang mau kamu bikin.
Jadi, buat apa aja sih sebenernya Blender ini? Kamu bisa bikin karakter game 3D sendiri, lho! Mulai dari karakter, lingkungan, sampai efek-efek visualnya. Terus di Blender juga kita bisa bikin animasi loh mau bikin animasi pendek buat tugas kuliah atau sekadar hobi? Blender kok bisa jadi alat bantu yang ampuh.
Terus juga Blender bisa bikin Visual Efek. Kalau kamu suka film-film dengan efek visual yang keren, Blender bisa jadi sarana buat kamu belajar bikin efek-efek serupa. Dan Blender bisa kok buat bikin Desain Produk, Blender juga bisa dipake buat bikin desain produk 3D, misalnya desain furnitur atau perhiasan.
Oke, jadi gini deh simpelnya, Blender itu kalo diibaratin kayak aplikasi lego digital gitu. Kamu bisa ngumpulin berbagai bentuk dasar (kayak kubus, bola, silinder) terus ditempel-tempel, dipotong-potong, sampe jadi bentuk yang kamu mau. Tapi, supaya kamu jadi makin jago nih mainin Blendernya, ada beberapa konsep dasar yang wajib kamu pahami.
Yang pertama ada Object Mode dan Edit Mode. Bayangin kamu lagi main lego. Terus di Object Mode, kamu bisa ngatur posisi lego-legoan nya secara keseluruhan. Nah, kalau udah kepilih satu lego, kamu bisa masuk ke Edit Mode buat ngubah bentuk lego itu secara detail, kayak nambahin atau ngilangin bagian-bagian tertentu. Jadi lego yang udah di edit itu bisa jadi bentuk yang sempurna.
Terus yang kedua ada Vertex, Edge, dan Face. Ini kayak bagian-bagian kecil dari lego. Vertex itu titik sudutnya, edge itu garis penghubung antara dua vertex, dan face itu permukaan yang dibatasi oleh edge. Dengan ngatur ketiga elemen ini, kamu bisa bikin bentuk 3D sesuka kamu.
Yang ketiga ada Modifier, Modifier itu kayak filter di aplikasi edit foto. Bedanya, kalau di Blender, modifier ini bisa ngubah bentuk objek secara drastis. Misalnya, kamu mau bikin bola jadi kotak, tinggal tambahin modifier Subdivision Surface. Atau kamu mau bikin mencerminkan objek, bisa pake modifier Mirror
Yang keempat ada Material. Nah, kalau kamu mau objek 3D kamu jadi keliatan lebih nyata, kamu butuh material. Material ini yang nentuin warna, tekstur, dan sifat fisik dari objek. Material ini bisa kamu atur sesuai yang kamu mau.
Yang kelima ada Lighting. Cahaya itu penting banget buat bikin objek 3D jadi keliatan hidup. Blender punya berbagai macam sumber cahaya, mulai dari matahari, lampu bohlam, sampai cahaya buatan.
Dan yang terakhir ada Rendering. Setelah selesai bikin objek dan atur cahaya, tahap terakhir adalah rendering. Proses ini buat ngubah data 3D jadi gambar 2D yang bisa kita lihat di layar.
Jadi intinya Blender itu kayak kanvas kosong yang siap kamu warnai dengan imajinasi kamu. Dengan pahamin konsep dasar di atas, kamu bisa mulai bikin karya 3D yang keren. Jangan takut deh buat coba-coba dan eksplorasi berbagai fitur yang ada di Blender. Dijamin deh, nanti kamu bakal ketagihan.
Sekarang aku mau jelasin apa aja sih yang ada pada Object Mode dan Edit Mode. Bayangin kamu lagi ngatur furnitur di sebuah ruangan. Dan setiap furniture itu adalah sebuah objek. Jadi di Object Mode, kamu bisa bayangin lagi , Mindahin sofa, seperti Menggeser sofa ke tempat yang berbeda. Terus kamu bisa muter meja, Memutar meja agar menghadap jendela. Terus ngubah ukuran lemari seperti membuat lemari lebih besar atau lebih kecil. Menduplikasiin kursi, kaya Membuat beberapa kursi yang sama. Serta Menghapus lampu: Menghapus lampu yang tidak dibutuhkan.
Di Object mode ada beberapa tools yang biasa dipake buat ngatur objek kaya di Transformasi, ada opsi Geser / Grab (G), Mutar / Rotate (R), dan ngubah skala / Scale (S) objek. terus Pemilihan, buat milih satu atau beberapa objek. Duplikasi, untuk membuat salinan objek. Serta hapus, untuk menghapus objek.
Ada contoh penggunaan lainnya, seperti Membuat sebuah adegan, ngatur posisi kamera, lampu, dan semua objek dalam adegan. Lalu ngatur hierarki objek, seperti Membuat objek-objek menjadi anak dari objek lain untuk memudahkan animasi.
Lalu aku bakalan jelasin apa yang ada di Edit Mode, Bayangin kamu lagi ngebentuk patung dari tanah liat. nah Di Edit Mode, kamu bisa ngolah setiap bagian kecil apapun dari patung tersebut.
Contohnya seperti buat wajah, kaya nambahin detail pada wajah, seperti mata, hidung, dan mulut. terus ngebentuk tubuh, kaya ngubah bentuk tubuh agar lebih proporsional. ngebuat pakaian, kaya buat pakaian yang nempel pada tubuh patung. Lalu membuat rambut, seperti Menambahkan detail pada rambut, seperti helai rambut dan tekstur.
Terus di Edit Mode ada alat alat utama yang biasa digunain buat mengatur objek. Seperti Selection untuk Memilih vertex, edge, atau face. Lalu ada Extrude untuk Menarik keluar bagian-bagian dari objek untuk membuat bentuk baru. Terus Inset untuk Membuat bagian dalam dari sebuah face. Bevel untuk Membulatkan tepi-tepi objek. Lalu yang terakhir Subdivide untuk Membagi face menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Contoh penggunaan lain nya seperti, Membuat karakter, bisa Membentuk tubuh, wajah, dan pakaian karakter. Lalu membuat property sepert Membuat benda-benda seperti senjata, perhiasan, atau makanan. serta membuat lingkungan seperti Membuat lanskap, bangunan, atau objek alam lainnya.
Kira kira kapan aja nih penggunaan Object Mode dan Edit Mode? Jadi Object Mode bisa kamu gunakan ketika kamu ingin mengatur tata letak objek dalam adegan. Misalnya objek tersebut ingin kamu pindahkan. Lalu kamu juga bisa gunakan ketika kamu ingin membuat duplikasi atau menghapus objek. Kamu juga bisa gunakan saat kamu ingin menerapkan modifier pada objek (misalnya, untuk membuat objek menjadi lebih halus atau menambahkan tekstur).
Bagaimana dengan Edit Mode? Kira kira kapan nih penggunaan Edit Mode? Jadi kamu bisa gunakan Edit Mode ketika Kamu ingin membuat bentuk objek dari awal. Lalu Edit Mode bisa kamu gunakan jika kamu ingin mengubah bentuk objek yang sudah ada. Kamu juga bisa gunakan Edit Mode ketika kamu ingin menambahkan detail pada objek. Serta kamu bisa gunain Edit Mode saat kamu ingin membuat UV map untuk menerapkan tekstur.
Aku kasih contoh Workflow nya ya jadi yang pertama di Object Mode, kamu bisa buat sebuah kubus sebagai dasar untuk sebuah rumah. Lalu kamu bisa ke Edit Mode untuk Ubah bentuk kubus menjadi bentuk rumah yang sederhana dengan menambahkan dinding, atap, dan jendela. Kembali lagi Object Mode lalu Duplikasi rumah untuk membuat beberapa rumah yang berbeda. Lalu kamu bisa ke Edit Mode lagi untuk menambahkan detail pada setiap rumah, seperti pintu, cerobong asap, dan hiasan.
Jadi Kesimpulan nya nih Object Mode dan Edit Mode adalah dua mode yang saling melengkapi didalam Blender. Dengan kamu menguasai kedua mode ini adalah kunci untuk membuat model 3D yang kompleks dan realistis. Serta dengan latihan yang cukup, kamu akan dapat membuat berbagai macam objek 3D, mulai dari karakter animasi hingga lingkungan yang realistis.
Tips dari aku nih kamu bisa pelajarin shortcut keyboard, Shortcut keyboard bakalan sangat ngebantu kamu supaya bekerja lebih efisien di Blender. Kamu juga bisa Manfaatkan tutorial, karna ada banyak tutorial Blender yang tersedia secara gratis di internet. Dan coba untuk Bergabung dengan komunitas Blender coba untuk Berinteraksi dengan pengguna Blender lainnya supaya membantu kamu belajar dan mendapatkan inspirasi.
Sekarang aku mau jelasin lebih rinci tentang Vertex, Edge, dan Face nih biar kamu makin ngerti cara kerja nya di Blender. Bayangin lagi coba kalau objek 3D itu kayak lego, nah Vertex, Edge, dan Face ini adalah bagian-bagian kecil dari lego itu.
Jadi Apa itu Vertex? Vertex itu jadi kayak titik-titik sudut dari sebuah lego. Coba deh kamu perhatiin kubus, semua sudutnya itu adalah vertex. Fungsinya apa? Vertex ini jadi dasar buat bikin bentuk. Bayangin aja, kalau nggak ada vertex, nggak bakalan ada garis atau permukaan. Gimana cara ngedit nya? Di Edit Mode, kamu bisa nambah, hapus, atau pindah-pindahin vertex. Dengan ngubah posisi vertex, kamu bisa ubah bentuk objek nya secara keseluruhan.
Terus apa itu Edge? Edge itu jadi kaya garis lurus yang menghubungkan dua vertex. Bayangin rusuk-rusuk pada kubus, nah itu contoh edge. Fungsinya buat apa? Edge ini membentuk batas-batas dari sebuah permukaan. Gimana cara ngedit nya? Sama kayak vertex, kamu bisa nambah, hapus, atau pindah-pindahin edge. Dengan ngedit edge, kamu bisa buat bentuk yang lebih kompleks.
Selanjutnya Apa itu Face? Face itu permukaan datar yang dibatasi oleh edge. Bayangin sisi-sisi dari sebuah kubus, nah itu contoh face. Fungsinya buat apa? Face ini membentuk permukaan objek 3D. dan gimana cara ngeditnya? Kamu bisa nambah, hapus, atau ubah bentuk face. Dengan ngedit face, kamu bisa bikin objek 3D jadi terlihat lebih halus atau lebih detail.
Contoh simple nya gini deh coba bayangin kamu lagi bikin bentuk bola. Pertama, kamu buat beberapa vertex secara acak. Terus, kamu hubungkan vertex-vertex itu jadi edge. Nah, setelah itu, kamu buat face dari edge-edge tersebut. Dengan cara ini, secara bertahap kamu bisa membentuk bola yang mulus.
Jadi intinya Vertex, Edge, dan Face ini adalah elemen dasar dalam pembuatan objek 3D di Blender. Dengan memahami ketiga elemen ini, kamu jadi bakal lebih mudah dalam mengedit dan membuat model 3D yang keren.
Sekarang akum au jelasin apa itu Modifier, jadi Modifier itu kayak filter di aplikasi edit foto. Cuma kalau di Blender, filter ini diaplikasiin ke objek 3D. Jadi, kamu bisa ngubah bentuk, tekstur, atau bahkan gerakan objek dengan mudah.
Kenapa sih harus pake Modifier? Supaya bentuk jadi lebih kompleks, Mau bikin objek yang bentuknya nggak beraturan? Pakai Modifier. Terus nambahin detail, Mau bikin objek jadi lebih halus atau kasar? Pake Modifier juga. Ngefek Gerakan, Mau bikin objek bergerak mengikuti bentuk lain? Modifier juga bisa.
Ada beberapa Modifier yang biasa dipake kaya Subdivision Surface biar Bikin objek jadi lebih halus dan mulus. Cocok banget buat bikin karakter atau objek organik. Bevel untuk Bikin tepi objek jadi lebih bulat atau miring. Mirror untuk Duplikasi objek secara simetris. Array untuk Membuat banyak duplikasi objek dalam pola tertentu. Displace untuk Mengubah bentuk permukaan objek berdasarkan tekstur. Boolean untuk Menggabungkan atau memotong objek.
Selanjutnya ada Material, Material itu adalah kumpulan sifat-sifat visual yang menentukan tampilan sebuah objek 3D. Dan Sifat-sifat ini bisa berupa Warna, Tekstur ,Kilap, Transparansi, Efek khusus.
Kenapa sih Material penting? Jadi Material membuat objek 3D kamu terlihat lebih realistis dan menarik. Bayangin kalau semua objek di dunia ini cuma berwarna abu-abu dan tidak ada tekstur, pasti bakalan ngebosenin kan?
Sekarang di Blender ada Lighting, jadi Lighting adalah elemen yang mengatur bagaimana cahaya menerangi objek dalam sebuah scene 3D. Cahaya ini bisa berasal dari berbagai sumber, seperti matahari, lampu, atau bahkan dari objek itu sendiri. Pencahayaan yang baik akan membuat objek terlihat lebih hidup, realistis, dan menarik.
Terus kenapa Lighting penting? Jadi lighting bisa bantu kamu buat menentukan suasana, cahaya yang lembut bisa menciptakan suasana yang hangat dan nyaman, sedangkan cahaya yang keras bisa menciptakan suasana yang dramatis. Lalu kamu bisa menonjolkan detail, pencahayaan yang tepat bisa menonjolkan detail-detail kecil pada objek. Lighting juga bisa membuat objek terlihat 3 dimensi, dengan mengatur arah dan intensitas cahaya, kamu bisa membuat objek terlihat memiliki kedalaman.
Yang terakhir aku mau jelasin ap aitu rendering, jadi rendering itu proses mengubah model 3D yang masih berupa data komputer menjadi gambar 2D yang bisa kita lihat di layar. Proses ini mirip seperti mengambil foto di dunia nyata. Kamera akan menangkap cahaya yang memantul dari objek dan menghasilkan gambar. Nah, di dunia 3D, komputer yang akan melakukan tugas kamera ini.
Kenapa 3d model kita harus di render? Jadi Rendering itu adalah salah satu cara untuk melihat hasil akhir, Rendering memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana model 3d kamu terlihat dalam kondisi pencahayaan dan material yang sebenarnya. Hasil rendering bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti presentasi, portofolio, atau bahkan untuk film animasi. Serta Rendering memungkinkan kita untuk menambahkan efek khusus, seperti partikel, asap, atau api.
Jadi setelah semua pembahasan kita tadi bisa kita simpulin kalau Blender itu sebuah perangkat lunak yang bisa membantu kita untuk menciptakan objek tiga dimensi secara digital. Proses pembuatannya dimulai dari membentuk objek dasar menggunakan titik-titik (vertex), garis (edge), dan permukaan (face). Setelah itu, kita bisa modifikasi bentuk objek tadi dengan berbagai alat seperti Modifier. Untuk ngasih tampilan yang realistis, terus kita perlu nambahin material dan pencahayaan. dan Tahap akhir yaitu rendering,sebagai proses mengubah model 3d menjadi gambar dua dimensi yang bisa kita lihat. Dengan materi yang udah dikasih tadi, kamu bisa membuat karya seni tiga dimensi yang keren banget.
REFERENSI
THE MAGIC OF BLENDER 3D MODELLING, KARYA HENDI HENDRATMAN