Kesuksesan dalam dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dari strategi pemasaran yang efisien dan tepat sasaran. perkembangan teknologi informasi di era digitalisasi ini telah mengubah cara komunikasi antara pelaku bisnis dengan konsumen. perubahan itu membuat kita harus beradaptasi dengan berbagi cara baru untuk menjangkau konsumen.
di era modern seperti ini penggunaan internet sangat masif mulai dari kalangan muda hingga kalangan tua. ini menjadi kesempatan untuk para pelaku bisni untuk menjadikan pemasaran digital(digital marketing) sebagai kebutuhan dalam melakukan bisnis, mulai dari skala kecil, menengah, hingga skala besar.
agar pemasaran secara digital dapat menjangkau konsumen dengan efektif, diperlukan strategi digital marketing yang tepat sehingga pesan disampaikan dapat berdampak terhadap konsumen.
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing merupakan jenis strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai platform atau media digital terutama yang terhubung dengan internet, hal tersebut dapat menjangkau konsumen secara luas dan lebih interaktif, yang dimana dengan jangkauan yang lebih dapat meningkatkan eksposur dan dampak bisnis yang lebih besar.
Pentingnya Digital Marketing
Berdasarkan website statista.com tercatat ada lebih dari 5 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan dan mengakses internet, dan lebih dari 4,5 miliar pengguna sosial yang aktif selama februari tahun 2025. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa potensi marketing menggunakan platform internet dapat menjangkau segmen konsumen. selain itu digital marketing dapat memberikan pendekatan yang lebih personal dan real-time.
Di era marketing saat ini, penggunaan AI (Artificial Intelligence), machine learning, dan data analytic dapat menjadi pendongkrak dalam analisis dan personalisasi strategi dalam digital marketing.
Cara Bisnis Online Berjalan
untuk menjdapatkan keuntungan dari Digital Marketing kita perlu memahami bagaimana cara kerja Bisni Online.
Infrastruktur dan Fondasi Digital, Bisnis Online pada dasarnya merupakan bentuk kegiatan jual beli yang bebasis pada media internet. agar bisini online dapat berjalan dengan optimal diperlukan infrastruktur digital yang memadai seperti website atau platform e-commerce, plaform tersebut akan menjadi tempat untuk menampilkan produk dan memberikan informasi tentang usaha yang dilakukan, selain itu platform tersebut dapat menjadi tempat transaksi dari usaha yang dilakukan. kemudian sistem pemabayaran digital, pembayaran menjadi hal yang perlu diperhatikan karena demi kemudahan pembayaran oleh pelanggan, diperlukan berbagai jenis pembayaran digital seperti payement gateway Midtrans atau Xendit, E-Wallet seperti GoPay, OVO, Dana maupun Transfer Antar Bank. Kemudian bila bisnis yang dijalani berbentuk fisik maka diperlukan jasa logistik atau pengiriman, pemilihan jasa pengiriman sangat penting untuk memastikan barang yang dikirimkan ke konsumen dapat sampai dengan selamat. kemudian ada manajemen hubungan pelanggan, hal ini diperlukan karena sebagai pelangga terkadang kita mengalami kendala terhadap produk yang telah kita beli. dengan manajemen hubungan pelanggan diharapkan pelanggan akan terbantu sehingga dapat memberkan kepercayaan dan membangun loyalitas yang baik dengan pelanggan.
Proses Operasional Bisni Online, dalam bisni online terdapat tahapan yang harus dilalui seperti pengelolaan produk. pengelolaan produk ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk memiliki stok yang memadai, deskripsi produk yang sesuai dan menarik, dan memiliki foto produk yang menampilkan kualitas dan jenis produk. kemudian promosi dan pemasan dilakukan untuk meningkatkan traffic dari bisini yang jalan. layanan pelanggan bertujuan untuk melakukan komunikasi terhadap konsumen, menjawab permasalah yang konsumen alami, menerima komplain dari konsumen dan mengelola ulasan yang diberikan user.
Contoh Digital Marketing
ada beberapa bentuk dari strategi digital marketing yaitu sebagai berikut.
- Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik untuk mengoptimalkan dan meningkatkan visibilitas konten online agar lebih sering muncul jika dicari menggunakan mesin pencari seperti google. dengan SEO yang baik maka akan meningkatkan traffic dari mesin pencari.
- Content Marketing, Content Marketing menjadi strategi untuk membuat dan mendistribusikan konten yang berkualitas dan relevan dengan bisnis yang dijalani sehingga mendapat menarik perhatian konsumen.
- Social Media Marketing, Pengguna media sosial menjadi tempat untuk berbagai kalangan berinteraksi, dengan membuat strategi marketing untuk sosial media sangat penting. terdapat berbagai platform media sosial yang tersedia dengan berbagai kriteria pengguna yang berbeda-beda.
- Affiliate Marketing merupakan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan pihak ketiga diluar perusahaan untuk memasarkan produk.
- Influencer Marketing, mirip seperti affiliate marketing namun influencer marketing menggunakan figur yang sering muncul dan dipercaya oleh masyarakat seperti artis, youtuber ataupun selebgram. dengan bantuan figur tersebut dapat membantu memperluas jangkauan, meningkatkan kredibilitas dan memberikan dampak.
- Email Marketing menjadi salah satu teknik promosi dengan konten yang lebih personal sesuai dengan perliaku dan histori dari pengguna.