Kumpulan Artikel dari Para Mahasiswa Unggul
Universitas Komputer Indonesia
PengantarPemasaran adalah elemen penting dalam mengelola bisnis, baik berskala kecil maupun besar. Di zaman digital sekarang, teknik pemasaran berkembang dengan pesat, terutama dalam dua pendekatan utama: pemasaran digital (pemasaran internet) dan pemasaran tradisional di pasar lokal. Masing-masing metode memiliki keuntungan dan kelemahan yang perlu dipahami agar bisa dimanfaatkan secara efektif sesuai kebutuhan usaha maka dari… Continue reading
Indonesia, dengan posisinya yang rawan bencana geologis dan hidrometeorologi, terus-menerus menghadapi ancaman yang mematikan. Statistik menunjukkan bahwa minimnya sistem peringatan dini yang efektif dan kurangnya literasi kebencanaan masyarakat menjadi faktor krusial di balik tingginya angka korban jiwa dan kerugian material. Aplikasi SIBALA (Sistem Informasi Bencana Alam) hadir sebagai terobosan inovatif berbasis Android yang memanfaatkan Kecerdasan… Continue reading
Pendahuluan Bayangkan seorang pengusaha muda dari Jakarta yang mendirikan startup untuk membantu petani kecil memprediksi hasil panen menggunakan kecerdasan buatan (AI). Dengan teknologi ini, mereka tidak hanya meningkatkan pendapatan petani, tetapi juga mengurangi limbah makanan. Kisah seperti ini bukan lagi sekadar mimpi di era digital 2025, di mana wirausaha sosial memanfaatkan AI untuk menciptakan dampak… Continue reading