Ada hari-hari tertentu dimana pada saat sedang bersantai ataupun menjelang tidur tiba-tiba terdengar suara nyamuk yang cukup mengganggu, sering kali membuat sebagian orang segera mencari solusi yang cepat untuk menghilangkan gangguan dari nyamuk. Banyak dari kita karena permasalahan tersebut memilih menggunakan obat pembasmi nyamuk berbahan dasar kimia meski sadar bahwa nantinya akan berdampak pada kesehatan dikemudian hari. Dari keresahan terhadap efek samping yang ditimbulkan nantinya, saya bersama rekan tim saya melalui salah satu program yang ada pada matakuliah kewirausahaan merancang sebuah ide kewirausahaan yang diberi nama BIOVELA.
BIOVELA ini merupakan sebuah inovasi dari lilin aromaterapi fungsional yang dimana selain sebagai penambah estetika dan penenang, tetapi juga nantinya bisa berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami berbasis teknologi fitokimia. Produk ini nantinya juga diharapkan bisa menjadi jawaban dari kebutuhan akan solusi yang aman dan juga ramah lingkungan.
Nyamuk saat ini masih menjadi salah satu penyebab dari berbagai penyakit seperti malaria, dan demam berdarah (DBD). Namun sayangnya, banyak produk pengusir nyamuk berbahan dasar bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping pada tubuh kita seperti iritasi, dan juga dapat mengakibatkan pencemaran udara dalam ruangan, kandungan sulfur dioksida pada nyamuk bakar juga dapat memperburuk penderita asma dan bronkitis. Hal ini menjadi dilema bagi masyarakat untuk memilih antara kenyamanan atau keamanan.
Di waktu yang sama juga, adanya tren gaya hidup sehat dan ramah lingkungan saat ini sedang berkembang. Orang-orang mulai beralih ke produk alami yang lebih aman digunakan dalam jangka panjang. Peluang inilah yang dapat dimanfaatkan BIOVELA sebagi ilin aromaterapi pengusir nyamuk yang tidak hanya sebagai penenang dan penambah estetika tetapi juga memiliki manfaat tambahan sebagai pengusir nyamuk. Lebih dari sekedar sebuah produk, saya dan rekan tim saya mempunyai keinginan untuk menghadirkan pengalaman baru dalam mengatasi masalah nyamuk, dengan cara yang lebih baik, alami, dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.
BIOVELA tidak asal-asalan dalam memilih tanaman sebagai bahan dasar. tiap tanaman dipilih berdasarkan kandungan senyawa aktif yang telah terbukti secara ilmiah dapat mengusir nyamuk. Citronella mengandung citronellal san geranol, yang merupakan senyawa yang sangat tidak disukai oleh nyamuk karena mengganggu sistem penciuman mereka. Kemudian, Sereh yang secara tradisional sudah digunakan sebagi pengusir serangga, terutama di wilayah tropis. Dan Eucalyptus yang sudah terkenal karena efeknya yang menyegarkan serta kandungan eucalyptol yang efektif dalam mengurangu kehadiran nyamuk. Kombinasi bahan-bahan ini dapat menciptakan sinergi aroma yang tidak hanya dapat menyenangkan, tapi juga fungsional.
BIOVELA memanfaatkan senyawa fitokimia dari tanaman yang ada seperti sereh, eucalyptus, citronella. Senyawa ini bekerja dengan cara mengganggu penciuman nyamuk, membuat nyamuk kesulitan untuk mendeteksi keberadaan manusia dan bisa membuat nyamuk menjauh tanpa harus menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Pemilihan produk pengusir nyamuk berbentuk lilin ini dikarenakan selain cocok digunakan sebagi tambahan dekorasi tetapi juga aroma yang dihasikan bisa lebih tahan lama dan menyebar secara perlahan, estetikanya cocok digunakan sebagai elemen dekoratif di berbagai ruangan, serta proses produksi yang relatif mudah dan juga berpotensi untuk skala UMKM. BIOVELA nantinya akan hadir dalam macam-macam varian aroma yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga memberikan sensasi relaksasi. saya dan rekan tim saya juga mempertimbangkan desain kemasan yang menarik dan sangat ramah lingkungan, sehingga produk BIOVELA ini nantinya dapat menjadi pelengkap interior maupun hadiah bagi orang terkasih.
Berdasarakan pengamatan yang telah dilakukan, melalui pengamatan tren konsumen pada saat ini, dapat dilihat bahwa ketertarikan terhadap produk alami dan estetik terus mengalami peningkatan. Produk-produk mengandung bahan dasar alami yang mendukung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan semakin diminati. ini memberikan sebuah peluang yang besar bagi produk seperti BIOVELA ini khususnya untuk menembus pasar yang lebih luas. BIOVELA mempunyai potensi untuk menjangkau beberapa segmen pasar seperti para Gen Milenial dan Gen Z yang menyukai produk multifungsi dan estetik, Pelaku usaha spa, penginapan, kafe dengan nuansa estetik, dan juga keluarga muda yang peduli terhadap keamanan produk rumah tangga.
Kombinasi antara kegunaan, keindahan, dan kesadaran lingkungan menjadikan BIOVELA relevan dengan kebutuhan konsumen masa kini. Saya dan juga rekan tim saya dapat melihat peluang besar dalam mengedukasi pasar bahwa produk pengusir nyamuk tidak selalu harus berbentuk semprotan ataupun obat nyamuk bakar yang mempunyai risiko bagi kesehatan tubuh.
Saat ini di pasaran, ada berbagai jenis produk pengusir nyamuk seperti semprotan aerosol, lotion, obat nyamuk elektrik, sampai dengan lilin aromaterapi biasa. Tapi, banyak diantaranya mengandung bahan kimia aktif yang walaupun efektif, nantinya dapat memicu iritasi kulit, gangguan pernapasan, bahkan reaksi alergi. BIOVELA nantinya hadir sebagi solusi yang lebih aman. Tidak seperti obat nyamuk semprot yang harus digunakan ulang tiap beberapa jam atau alat elektrik yang membutuhkan listrik secara terus-menerus, lilin aromaterapi pengusir nyamuk BIOVELA cukup hanya dengan dinyalakan untuk memberikan efek ganda mengusir nyamuk dan menciptakan suasana yang nyaman.
Dibandingkan dengan lilin aromaterapi biasa, BIOVELA tidak hanya mempunyai aroma yang harum, tapi juga mempunyai manfaat tambahan sebagai pengusir nyamuk alami. point plus ini membuatnya lebih unggul secara fungsi sekaligus memberi kesan mewah dan kesadaran akan lingkungan.
Dalam perencanaan bisnis yang dibuat, BIOVELA dapat diproduksi menggunakan bahan yang mudah untuk didapatkan. Proses produksinya pun cukuo sederhana namun menghasilkan nilai jual yang cukup tinggi. dimana komponen produksi untuk bahan utamanya yaitu soy wax, dan sumbu lilin. minyak esensial alami seperti citronella, sereh, eucalyptus. kemudian, untuk wadahnya nanti kita akan menggunakan batok kelapa dengan bentuk yang disesuaikan dan tentunya menarik. Dan alat yang digunakan yaitu panci double boiler, stik pengaduk.
Produksi akan dilakukan dalam skala kecil dengan konsep home industry yang dimana bisa memungkinkan fleksibilitas yang tinggi dan pengawasan kualitas yang lebih baik. Selain itu, dengan menerapkan pendekatan ini juga dapat mendukung prinsip kewirausahaan berkelanjutan karena mengurangi kebutuhan investasi yang besar di awal.
Strategi pemasaran yang nantinya akan digunakan yaitu akan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk kebutuhan promosi produk BIOVELA, kemudian menjualnya lewat marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan TikTok shop. Promosi produk BIOVELA juga akan difokuskan pada edukasi manfaat produk dan juga pendekatan visual yang menarik agar sesuai dengan tren konsumen masa kini.
Proposal BIOVELA kami susun sebagai bagian dari matakuliah kewirausahaan. Tetapi, prosesnya jauh dari sekedar hanya sebuah formalitas. kami berdiskusi secara intensif untuk menyusun ide yang tidak hanya kreatif tapi juga inovatif. Kami terdiri atas tiga orang, dimana masing-masing dari kami memiliki peran dalam penyusunan proposal yang dilakukan, dari analisis untuk biaya dan strategi bisnis, membuat desain dan kemasan untuk produk, juga penyusunan dokumen. Kami berdiskusi secara bekala untuk saling berpendapat terhadap produk BIOVELA yang akan dibuat, kemudian menyamakan visi, menyederhanakan bahasa ilmiah dalam penyusunan proposal dan juga mengintegrasikan semua ide kedalam proposal yang disusun. Namun, dari proses tersebut, saya dan rekan tim saya belajar bahwa kerja tim, komunikasi, dan semangat saling mendukung merupakan kunci dari terwujudnya sebuah ide yang besar.
Selama proses penyusunan proposal, saya belajar hal yang baru di luar materi kuliah. salah satunya yang paling dapat dirasakan yaitu bagaimana menyusun ide secara sistematis dan juga banyak mempertimbangkan aspek-aspek lain dari bahan baku sampai dengan strategi pemasaran. Selain itu, saya juga semakin memahami pentingnya sebuah time management dalam tim kerja tim, dan juga bagaimana menerima kritik untuk menyempurnakan ide yang dibuat. di luar pengalaman tersebut pengalaman dalam berdiskusi, dan merumuskan konsep menjadi sebuah pengalaman yang mebuka mata tentang dunia usaha yang nyata. Tidak hanya mempelajari teori, saya bersama tim saya juga dapat belajar dalam mengambil sebuah keputusan sebagi tim dan bagaimana cara memperjuangkan ide bersama hingga dapat menjadi sebuah proposal yang utuh.
Selain kegunaan, aspek visual juga menjadi perhatian penting dalam proses pengembangan BIOVELA nantinya. saya dan rekan tim saya yakin bahwa produk yang baik harus memanjakan mata sebelum digunakan. Oleh sebab itu, desain lilin aromaterapi pengusir nyamuk BIOVELA tidak dibuat secara sembarangan. Kami juga merancang logo dengan sentuhan elegan yang mencerminkan kealamian dan ketenangan.
Membayangkan suasana di sore hari setelah hujan. Dimana udara mulai terasa lembab, dan biasanya nyamuk-nyamuk mulai bermunculan. Namun dengan menyalakan produk BIOVELA di ruang tamu ataupun di kamar, aroma lembut sereh dan citronella mulai mengisi ruangan. sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat sambil membaca buku favorit, suasana menjadi begitu tenang dan nyaman, tanpa adanya gangguan nyamuk. Atau saat akan tidur ataupun bersantai di kamar tidur menyalakan lilin aromaterapi pengusir nyamuk BIOVELA dapat memberikan ketenangan bagi kita karena selain aroma yang menenangkan, fungsinya sebagai pengusir gangguan nyamuk juga akan bekerja secara bersamaan. Selain itu juga kita dapat tidur tanpa adanya gangguan nyamuk di malam hari dan pastinya kamar kita akan wangi sepanjang malam.
Sya dan rekan tim saya sadar bahwa keberhasilan produk ini tidak hanya bergantung pada ide dan produksi internal, tapi juga kerjasama antara pihak eksternal. maka dari itu kami dapat bekerja sama dengan pengrajin lokal untuk memproduksi wadah lilin berbahan batok kelapa yang estetik. Adanya kerja sama ini juga tidak hanya mendukung pemberdayaan ekonomi lokal, tetapi juga dapat memperkuat citra BIOVELA sebagai sebuah produk sosial yang bertanggung jawab dan berbasis keberlanjutan.
BIOVELA tidak hanya kami rancang sebagi pemenuh tugas kuliah, tetapi sebagai titik awal untuk hal yang lebih besar. Adanya produk BIOVELA membuktikan bahwa ide sederhana pada akhirnya bisa menjadi solusi yang nyata. Lilin yang pada awalnya hanya dianggap sebagai penghias ruangan kini bisa berkembang menjadi sebuah produk yang fungsional yang juga aman bagi lingkungan. Melalui inovasi kecil seperti lilin aromaterapi pengusir nyamuk, saya dan rekan tim saya ingin menunjukan bahwa wirausaha sosial dapat dimulai dari ruang kelas. kami juga yakin dan percaya, perubahan yang harus dilakukan tidak selalu besar. Terkadang, perubahan dapat dimulai dengan hal-hal kecil yang menyala seperti lilin.
Ini merupakan langkah kecil kami sebagai mahasiswa yang ingin membuat dan menciptakan sebuah perubahan, berbagai fungsi pada satu waktu.