PERAN INFLUENCER SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN

Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk menarik perhatian target audiens, adalah dengan menggunakan brand ambassador dalam mempromosikan usahanya. Influencer ialah seseorang yang memiliki pengaruh signifikan dalam media sosial yang dimana mereka juga mampu dalam mempersuasi khalayak atau audiens mereka dengan apapun yang mereka sampaikan. Mereka juga biasanya dilibatkan dalam hal kegiatan promosi atau pemasaran melalui sosial medianya karena mereka memiliki banyak pengikut pada media sosialnya yang memungkinkan dalam memperkenalkan suatu usaha lebih luas dengan memiliki tujuan untuk memberi informasi terkait suatu merek ataupun untuk meningkatkan brand awarness dari merek atau usaha itu sendiri. Dalam pemilihan untuk dijadikan sebagai brand ambassador dari suatu usaha atau merekpun tentu biasanya disesuaikan dengan brand image dari masing-masing merek nya, hal ini dilakukan agar target konsumen yang dituju sesuai dengan usaha yang dijalankan dan tepat sasaran.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat, dunia bisnis harus terus memperbarui strategi pemasarannya agar lebih inovatif dalam pengembangan dan promosi produk. Keterampilan untuk memengaruhi secara daring, serta mengubah sikap dan perilaku terutama melalui media sosial dikenal pula sebagai “Brand Ambassador” di ranah media sosial.

Brand Ambassador sendiri ialah individu yang dipilih atau dipekerjakan oleh suatu perusahaan atau pemilik usaha dan dianggap sebagai perwakilan dari suatu merek atau usaha tersebut dengan meningkatkan berbagai macam hal melalui cara yang positif sehingga usaha yang di promosikan dapat lebih dikenal luas sebagaimana banyaknya jumlah audiens yang dimiliki oleh influencer itu sendiri.

Dalam pemilihan untuk dijadikan sebagai brand ambassador juga tentu terdapat kriteria khusus dalam memilihnya, yaitu:

  • Ketenaran, yaitu tingkat kepopuleran atau popularitas dari individu itu sendiri di khalayak  yang akan dijadikan sebagai brand ambassador itu sendiri.
  • Kredibilitas, yaitu keahlian individu dalam memahami informasi yang berkaitan dengan produk atau usaha tersebut dan kemampuannya dalam mempersuasi khalayaknya.
  • Daya tarik, yaitu tentang kesamaan antara khalayak dan individunya tersebut terhadap sesuatu yang disukainya.
  • Power, yaitu kemampuan individu tersebut dalam menarik konsumen.

Dalam dunia pemasaran, penggunaan brand ambassador terutama dari influencer di dalamnya terbilang penting untuk ada, karena dengan brand ambassador pemilik usaha dapat meningkatkan berbagai macam pada prosesnya seperti untuk meningkatkan kredibilitas produk, menjangkau khalayak lebih luas lagi, mempromosikan usaha yang ada dengan cara soft sales dengan mempersuasi khalayaknya dan yang paling terpenting adalah untuk meningkatkan kepercayaaan pelanggan di pasaran. 

  • Brand Ambassador dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran merek dengan cara membagikan konten dan merekomendasikan produk kepada pengikut mereka. Tindakan ini dapat menarik konsumen potensial untuk membeli produk yang disarankan oleh Brand Ambassador.
  • Brand Ambassador dapat berkontribusi dalam membangun kepercayaan konsumen melalui rekomendasi produk yang mereka gunakan secara pribadi. Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki oleh Brand Ambassador, konsumen sering kali merasa lebih nyaman untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer yang dapat dipercaya.
  • Brand Amabassador dapat berperan dalam meningkatkan keterlibatan konsumen dengan cara merekomendasikan produk yang relevan dan menarik. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang disarankan oleh Duta Merek.

Pada prosesnya, penggunaan brand ambassador dari suatu individu influencer bisa dikatakan lebih cepat menjangkau audiens baru terutama audiens yang memang memiliki kepercayaan lebih terhadap influencer itu sendiri yang dimana ketika audiensnya tahu bahwa suatu usaha menjadikan influencer yang memang mereka percayai dan sukai pasti akan tertarik bahkan langsung membelinya walaupun pada sebelumnya tidak mengetahui atau memakai merek tersebut. Maka dari itu, penggunaan brand ambassador dari influencer adalah hal yang penting dalam suatu usaha.

Dalam pelakasanaannya pun Brand Ambassador harus dapat memberi kesaksian kepada pelanggan dengan menyampaikan informasi tentang merek, seperti cara penggunaan, kenyamanan pemakaian, dan keuntungan produk, sehingga meyakinkan pelanggan untuk membeli barang yang digunakan oleh Brand Ambassador. Brand ambassador berfungsi sebagai perwakilan merek agar merek tersebut melekat di benak pelanggan atau meningkatkan kesadaran, mendorong pembelian. 

Perusahaan menggunakan Brand Ambassador dengan harapan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Setiap bisnis dapat menggunakan saluran yang sama untuk pemasaran mereknya.3 Brand Ambassador dapat diidentifikasi berdasarkan citra yang dimiliki oleh selebriti yang terkenal yang memenuhi kriteria merek. Oleh karena itu, para selebriti dan influencer di sosial media memiliki peluang untuk menjadi Brand Ambassador untuk sebuah merek. Menjadi perwakilan merek tentu tidak mudah. Seorang Brand Ambassador harus dapat menggambarkan dengan baik produk yang dibintangi dan menyampaikan pesan kepada pelanggan.

Komunikasi pemasaran sendiri ialah suatu proses dalam hal penyampaian pesan kepada konsumen untuk memberikan informasi juga membujuk konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa pada suatu usaha. Komunikasi pemasaran ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan banyak media dan salah satunya yaitu penggunaan media sosial dalam mempromosikannya seperti yang digunakan oleh para brand ambassador dari influencer yang memang berkecimpung dalam dunia media sosial.

Pemasaran dilakukan oleh bisnis dengan berbagai strategi dan taktik. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajemen untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran nilai dengan orang lain dan memperolehnya. Selain menghasilkan keuntungan dari penjualan produk, tujuan pemasaran adalah untuk memastikan bahwa pelanggan puas. Strategi pemasaran yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan dan minat pelanggan dapat digunakan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Maka dari itu tentu penggunaan influencer sebagai brand ambassador dalam proses pemasaran tentu sangat berguna karena kedua nya saling berhubungan juga memberikan manfaat kepada dua belah pihak. Selain itu juga komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh influencer pada media sosial cenderung lebih disukai oleh khalayak karena dengan berkembangnya teknologi secara pesat, hal apapun lebih mudah dilakukan dengan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Selain itu juga khalayak bisa lebih tertarik terhadap suatu usaha ketika melihat siapa yang menjadi brand ambassador nya karena hal ini sangat berpengaruh terhadpa tingkat kepercayaan khalayak terhadap suatu usaha.