Artikel poster

Pengertian poster

Poster pertama kali muncul pada abad ke-19 sebagai alat promosi untuk acara dan produk. Seiring dengan perkembangan teknologi cetak, poster menjadi media yang populer untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas.Poster merupakan medium publikasi yang menggabungkan tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya untuk menyampaikan ide dan gagasan dengan maksud memberikan informasi kepada khalayak. poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, bisa berupa pengumuman atau iklan. Tidak hanya sebagai penyampai informasi, fungsi poster juga mencakup ajakan atau imbauan untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Poster umumnya dipasang di dinding atau lokasi strategis yang sering dilalui banyak orang agar lebih mudah terbaca. Tujuan poster harus tersampaikan kepada masyarakat banyak. Itulah mengapa poster dipasang di tempat-tempat yang begitu strategis seperti jalan-jalan utama, pasar-pasar, dan tempat-tempat lainnya.

Tujuan dari poster dapat bervariasi sesuai dengan keinginan atau kepentingan pembuatnya, melibatkan aspek komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan, atau lainnya. Dengan berkembangnya zaman, poster tidak lagi terbatas pada format cetak saja, melainkan juga hadir dalam bentuk online. Karya seni grafis ini sering ditempatkan pada media datar seperti dinding atau permukaan yang datar dengan memanfaatkan beragam warna, gambar yang mencolok, dan slogan untuk menarik perhatian.

Tujuan poster

  • Sebagai media informasi
  • Sebagai media pulikasi
  • Untuk tujuan komersil menjual produk atau jasa

Ciri-ciri poster

1.memuat komposisi gambar dan huruf

2.dibuat menggunakan dengan singkat padat dan jelas

3.berisi tulisan atau gambar yang menarik

4.ukuran poster menyesuaikan dengan tempat pemasangan

5.perpaduan warna yang kuat dan kontras

6. Menggunakan kombinasi elemen-elemen seperti huruf, angka, simbol, dan gambar untuk menyampaikan pesan

7. enggunaan tulisan yang jelas dan variasi gaya tulisan untuk menambah daya tarik visual

8. Biasanya didesain pada media kertas atau kain dengan motif yang menarik

9. Mengandung elemen visual seperti sketsa, lukisan, dan perpaduan warna untuk menambah daya tarik dan memperkuat komunikasi visual

10. si konten yang disajikan tidak bertele-tele

11Mampu menarik perhatian orang dan meninggalkan kesan yang kuat meskipun dilihat sebentar saja

12. Bertujuan menyampaikan ide tertentu dan mencapai suatu tujuan pokok.

Pengertian poster menurut para ahli

-Nana Sudjana dan Ahmad Rivai:

Poster adalah gabungan visual desain yang kuat, diperkuat dengan penggunaan warna-warna menarik, dan pesan yang dirancang untuk menarik perhatian masyarakat serta menanamkan ide yang berkesan dalam ingatan mereka.

-Azhar Arsyad:

Sebagai media visual dua dimensi, poster mengandung gambar dan pesan singkat yang ditujukan untuk menyampaikan informasi khusus serta memengaruhi orang yang melihatnya.

-Sri Anitah:

Poster adalah gambar yang mengintegrasikan unsur-unsur visual seperti garis, kata-kata, dan gambar, dengan tujuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara singkat.

-Departemen Pendidikan dan Kebudayaan:

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, poster dapat didefinisikan sebagai media yang terdiri dari simbol atau lambang kata berisi anjuran atau larangan yang sangat sederhana dan mudah dipahami.

Fungsi poster

-Sarana Kreativitas Desainer: Poster memberikan peluang bagi para desainer untuk menuangkan kreativitas mereka. Proses perancangan poster melibatkan penggunaan elemen-elemen desain seperti warna, komposisi, dan tipografi, sehingga desainer dapat mengekspresikan ide-ide kreatif

-Media Penyampaian Informasi: Poster berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif. Dengan penggunaan warna, gambar, dan kata yang menarik, poster dapat membuat pembaca tertarik untuk memahami isi informasi yang disampaikan.

-Dapat Menjangkau Target: Poster memungkinkan promosi yang lebih tertarget karena dapat ditempatkan di lokasi-lokasi strategis sesuai dengan target market. Hal ini membuat informasi yang disampaikan lebih relevan dan dapat menjangkau audiens yang lebih spesifik

-Media Promosi Barang atau Jasa yang Cenderung Ekonomis: Poster digunakan sebagai sarana promosi untuk memasarkan barang atau jasa. Dengan desain yang menarik, poster dapat memikat perhatian target market dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian atau mengambil tindakan tertentu. Pembuatan poster cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan media promosi lainnya, seperti televisi atau radio. Hal ini membuat poster menjadi pilihan yang lebih terjangkau, terutama bagi pelaku usaha atau individu dengan anggaran terbatas.

Jenis-jenis poster

Poster berdasarkan isisnya

Jenis-jenis poster berdasarkan isinya dapat dibagi menjadi lima kategori, yaitu poster layanan masyarakat, poster kegiatan, poster karya seni, poster niaga, dan poster pendidikan

-Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat berisi informasi mengenai layanan-layanan yang ditawarkan kepada masyarakat, seperti layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat. Poster ini bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat

-Poster Kegiatan

Poster kegiatan berisi informasi tentang suatu kegiatan yang akan diadakan. Tujuan dari poster ini ialah agar banyak orang mengetahui kegiatan tersebut dan ikut serta dalam meramaikan acara tersebut

-Poster Karya Seni

Poster karya seni lebih bersifat ekspresif dan dapat diinterpretasikan secara berbeda oleh setiap individu. Poster ini biasanya digunakan untuk tujuan artistik atau pameran seni

-Poster Niaga

Poster niaga berisi penawaran atau promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari poster ini adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan

-Poster Pendidikan

Poster pendidikan berisi informasi yang dapat memberikan arahan atau pendidikan kepada masyarakat. Poster ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan penting mengenai pendidikan kepada khalayak.

Poster berdasarkan tujuan

Poster Kampanye

Poster kampanye sering muncul saat masa pemilu. Tujuannya adalah untuk meraih simpati masyarakat umum agar mereka memilih orang yang ada di dalam poster saat pemilu tiba

-Poster Kelas

Poster kelas adalah poster yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa. Biasanya, poster ini dipajang di dalam kelas-kelas di sekolah.

-Poster Propaganda

Poster propaganda bertujuan untuk memberikan semangat atau motivasi kepada masyarakat dalam menjalani hidup dan lainnya, serta untuk memengaruhi orang lain.

-Poster Afirmasi

Poster afirmasi memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca dengan kalimat yang dapat memengaruhi pikiran mereka.

-Poster Film

Poster film bertujuan untuk mempromosikan film terbaru yang akan tayang agar masyarakat tertarik untuk menontonnya.

-Poster “Dicari”

Poster ini dibuat untuk mencari seseorang atau benda yang dibutuhkan. Contohnya, poster perusahaan yang mencari pekerja, poster orang hilang, poster barang hilang, dan sebagainya

-Poster “Cheesecake”

Poster ini dibuat untuk mencari perhatian masyarakat umum. Biasanya berisi gambar-gambar orang terkenal seperti penyanyi, artis, dan sebagainya yang dapat menarik perhatian banyak orang

-Poster Komersial

Poster komersial adalah jenis poster yang digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Poster ini sering disebut juga sebagai poster niaga

-Poster Komik

Poster komik dibuat untuk memopulerkan komik kepada masyarakat umum atau banyak orang agar tertarik untuk membacanya

-Poster Riset

Poster riset dibuat untuk memberikan informasi terkait kegiatan penelitian atau riset kepada banyak orang. Seringkali kita temui poster ini di sekolah atau kampus

Cara membuat poster

-Menentukan Tema dan Tujuan Poster

Langkah pertama sebelum membuat poster adalah menentukan tema dan tujuan dari poster tersebut. Jika poster ditujukan untuk promosi barang atau jasa, perlu dilakukan pertimbangan yang matang. Melakukan riset dan meminta bantuan desainer poster juga dapat membantu dalam pembuatan poster yang lebih menarik.

-Menentukan Kalimat yang Akan Ditulis di Dalam Poster

Pemilihan kata-kata yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami sangat penting dalam poster. Informasi atau promosi yang terlalu panjang dan rumit akan membuat pembaca malas membaca poster sampai selesai. Oleh karena itu, pilihlah bahasa yang singkat agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Jika ingin membuat poster promosi, pilihlah kata-kata yang dapat mempengaruhi pikiran pembaca

-Menggunakan Gambar yang Menarik

Kombinasi antara tulisan dan gambar yang baik akan membuat tampilan poster menarik bagi pembaca. Desain poster yang menarik dapat memberikan efek visual yang kuat. Pastikan proporsi antara gambar dan tulisan seimbang agar poster dapat menarik perhatian pembaca

-Memilih Media Poster yang Tepat

Pilihlah media pembuatan poster yang sesuai, seperti kertas, kain, atau bahan lainnya yang mendukung. Pemilihan media pembuatan poster juga harus sesuai dengan tempat penempelan poster tersebut.