12 PRINSIP ANIMASI

12 Prinsip Animasi – Pasti semua tidak asing kan kalau dengar kata animasi. Saat nonton film animasi pernah nggak sih kalian penasaran bagaimana pembuatannya? Kelihatannya kok susah ya cara pembuatannya.

Memang dibutuhkan seorang yang benar-benar ahli untuk dapat menciptakan sebuah gambar yang seolah-olah mempunyai nyawa dan bergerak layaknya manusia.

Seorang yang ahli dalam   menciptakan   animasi   disebut sebagai animator. Sebelum menciptakan sebuah animasi, seorang animator diharuskan untuk memahami prinsip-prinsip animasi.

Kenapa harus mengetahui prinsip animasi?

Prinsip animasi sangat dibutuhkan oleh seorang animator sebagai bekalnya untuk berkarya menciptakan sebuah animasi. Karena dengan mengetahui prinsip animasi, seorang animator dapat menghasilkan karya yang menarik, dinamis, dan tidak membosankan.

Adanya prinsip animasi diciptakan sebagai teori dasar yang bersifat wajib dimiliki dan dikuasai oleh animator agar dapat menghidupkan karakter animasinya. Kemampuan meng-capture momentum ke dalam runtutan gambar sehingga seolah-olah menjadi gambar yang bergerak atau hidup adalah modal utama seorang animator.

Seorang animator berbeda dengan seorang ilustrator, komikus, atau karikaturis yang menangkap gambar dalam keadaan diam (still). Sedangkan animator harus mempunyai kepekaan gerak daripada hanya sekedar kemampuan menggambar.

Dalam dunia animasi, gambar yang bagus tidak akan berguna jika tidak didukung dengan kemampuan menghidupkan objek tersebut. Sebagaimana definisi dasar animasi yaitu “membuat seolah-olah menjadi hidup”.

Prinsip dasar animasi yang harus dikuasai oleh seorang animator tidak hanya satu. Melainkan ada 12 prinsip animasi yang menjadi penentu bagaimana sebuah karya animasi yang dihasilkan.

Perumus atau penemu dari 12 prinsip animasi adalah tokoh animator kawakan dari Walt Disney Studios yang bernama Ollie Johnston

dan Frank Thomas. Mereka menulisnya dalam buku mereka yang diberi judul “The Illussion of Life: Disney Animation” pada tahun 1981.

Prinsip ini muncul karena Ollie Johnston dan Frank Thomas memiliki semangat yang tinggi untuk meneliti dan mengembangkan sebuah karya seni baru ketika mereka masih muda.

Prinsip dasar ini tidak hanya berasal dari experiment dan latihan mereka. Melainkan juga karena keinginan dari Walt Disney untuk memikirkan suatu cara bagaimana membuat animasi yang memiliki kemiripan dengan gerakan nyata.

Kemipiran tersebut baik objek itu benda, hewan, maupun manusia. Serta untuk menunjukkan bagaimana ekspresi dan kepribadian sebuah karakter.

  • 12 Prinsip Animasi
  1. Squash and Stretch

Prinsip animasi yang pertama ini adalah prinsip yang berfungsi untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda. Squash and strecth merupakan upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.

Penerapan prinsip ini pada objek hidup (misalnya: maklhuk, hewan, manusia) akan memberikan peningkatan sekaligus efek dinamis terhadap gerakan atau aksi tertentu. Sedangkan pada benda mati (misalnya: kursi, meja, botol, piring, gelas) akan membuatnya tampak seolah-olah benda hidup.

Contoh pada benda mati:

Ketika sebuah bola dilempar kemudian memantul, maka saat bola menyentuh lantai seolah-olah akan berubah bentuk. Pada mulanya berbentuk bulat sempurna kemudian menjadi sedikit lonjong.

Meskipun dalam keadaan nyata tidak selalu seperti itu. Itu yang dimaksd member efek dinamis dan lebih hidup.

Contoh pada benda hidup:

Ketika lengan ditarik dan ada beban, maka akan terjadi kontraksi pada otot bisep sehingga nampak “memuai”, inilah yang disebut sebagai squash pada animasi. Sedangkan yang disebut sebagai stretch adalah ketika dilakukan gerakan sebaliknya, yaitu saat bisep “menyusut”.

  • Anticipation

Prinsip anticipation merupakan prinsip dimana kita sebagai animator memberikan tanda untuk penonton mengenai apa yang akan

terjadi pada karakter. Prinsip ini biasa digunakan sebagai transisi dari 2 major actions. Contoh diantara posisi berdiri dan berlari.

Dari contoh gambar di atas, kita sudah bisa menebak apa yang akan dilakukan oleh objek tersebut, yaitu dia akan memukul. Itu adalah pengaplikasian prinsip animation yang berfungsi untuk transisi dari 2 major action.

Gerakan anticipation yang dibuat selalu kebalikan dari gerakan berikutnya. Misalkan gerakan berikutnya mengarah ke atas, pasti gerakan anticipationnya ke bawah. Anticipatio bisa juga disebut sebagai gerakan ancang-ancang.

Misalnya ada orang yang duduk dan akan berdiri. Maka untuk berdiri pastilah dia membungkukkan badan dulu sebelum benar-benar berdiri.

  • Staging

Staging adalah gerak keseluruhan dalam sebuah adegan yang harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.

Meskipun tokoh-tokohnya berupa siluet, kita dapat mengetahui dengan jelas apa yang sedang mereka kerjakan. Bisa saja hanya dengan mengubah angle kamera untuk mendapatkan siluet yang tepat meskipun actionnya sama.

  • Straight Ahead and Pose to Pose

Animator biasanya menggunakan 2 pendekatan umum dalam menganimasikan, yaitu:

  1. Straight Ahead

Metode ini dengan cara menggambar secara berurutan mulai dari gambar pertama hingga seterusnya. Dimana gambar awal sampai akhir menunjukkan satu rangkaian gerakan yang sangat jelas maksud dan tujuannya.

Prinsip straight ahead meliputi perubahan ukuran, volume, proporsi, bisa juga berupa gerakan yang spontan.

  • Pose to Pose

Metode ini adalah cara animator membuat animasi dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja. Untuk selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar atau dilanjutkan oleh asisten, bisa juga animator lain.

Cara ini memiliki kelebihan dalam waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat karena melibatkan lebih banyak sumber daya, sehingga cocok diterapkan dalam industri.

Pada metode ini semua pergerakan sudah diplanning terlebih dahulu. Jadi, gerakan utama (key pose) telah disiapkan oleh animator, selanjutnya baru dilanjutkan dengan detail gerakan diantara (in-between) masing- masing key pose itu.

  • Follow Through And Overlapping Action
    • Follow Through

Follow Through adalah prinsip animasi tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun sesorang telah berhenti bergerak. Contohnya rambut yang tetap bergerak meskipun sudah   tidak berlari.

Ketika ada satu benda yang berperan sebagai “lead” (benda utama yang bergerak), maka semua benda-benda yang tersambung dengan benda “lead” akan ikut bergerak, namun tidak secara bersamaan.

  • Overlapping Action

Kita bisa menganggap Overlapping Action sebagai gerakan saling silang. Yaitu serangkaian gerakan saling mendahului. Misalnya gerakan tangan dan kaki ketika sedang berjalan.

  • Slow In And Slow Out

Prinsip animasi ini menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi ketika sebuah gerakan diawali dari lambar kemudian semakin cepat. Sedangkan slow out terjadi ketika gerakan benda yang relatif cepat kemudian melambat.

Contoh:

Gerakan tangan ketika mengambil gelas. Kecepatan tangan akan berbeda ketika akan menjamah gelas dan ketika sudah menyentuh gelas.

Saat tangan masih jauh dari gelas, tangan bergerak relatif cepat. Sedangkan ketika sudah mulai mendekati gelas, secara refleks gerakan tangan akan melambat. Dalam hal ini kita menyebutnya slow out.

  • Arch

Prinsip arc berperan untuk membuat gerakan animasi tampak lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia dan hewan. Cara berpikir pada prinsip ini adalah seperti pendulum.

Semua gerakan mengikuti sebuah kurva, seperti gerakan kaki, tangan, bola mata, kepala, dan lain-lain. Biasanya prinsip ini diaplikasikan ketika membuat inbetweening. Kta bisa membuat gerakan dimensi pada animasi dengan arch.

Dalam dunia animasi, sistem pergerakan semua makhluk hidup bergerak mengikuti pola atau jalur (maya) yang disebut sebagai Arch. Inilah yang membuat animasi bergerak secara ‘smooth’ dan lebih realistik. Pergerakan animasi mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung.

  • Secondary Action

Prinsip ke delapan ini merupakan prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama. Prinsip ini sebagai pelengkap untuk memperkuat gerakan utama agar animasi tampak lebih realistik.

Secondary action bukan sebagai pusat perhatian, namun lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.

Contoh:

Misalkan animator membuat animasi seseorang berjalan. Gerakan utamanya adalah melangkahkan kaki sebagaimana berjalan. Secondary action yang diberikan animator adalah gerakan ayunan tangan.

  • Timing

Prinsip terpenting dalam animasi adalah timing. Timing merupakan penentu berapa gambar yang harus kita buat di antara 2 pose atau yang biasa disebut dengan istilah in-between.

“Animasi adalah tentang timing dan spacing”

Timing yang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan. Sedangkan spacing yang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.

  1. Appeal

Keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi mengarah pada prinsip appeal. Appeal ialah tentang bagaimana kita membuat karakter kita menjadi menarik dan tidak selalu harus yang lucu, seperti yang kebanyakan orang pikirkan.

  1. Exaggeration

Prinsip exaggeration merupakan upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis. Berfungsi untuk menampilkan ekstrimitas ekspresi tertentu, pada umumnya dibuat secara komedik.

Contoh:

Prinsip ini sering kali dijumpai pada film animasi seperti Tom & Jerry, Doraemon, Donald Duck, dan sejenisnya. Misalnya saat adegan:

Ketika marah muka Donald berubah membara

Ketika Tom kaget, bola matanya sampai melompat keluar Ketika menangis air mata Nobita mengalir seperti air terjun

  1. Solid Drawing

Prinsip solid drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai sudut pengambilan gambar sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi.

Semua atribut yang ada pada karakter tersebut tetap konsisten bentuk dan letaknya. Prinsip ini lebih menekankan pada bagaimana karakter tersebut bisa dengan baik dianimasikan dalam ruang 3D.

Memahami prinsip animasi memang sangat penting. Prinsip animasi dimanfaatkan sebagai perantara komunikasi antar pembuat film animasi (studio) dengan penonton atau penikmat film.

Seorang animator dapat menyisipkan ekspresi karakter dan menarik perhatian para penontonnya. Dengan memahami prinsipnya sebelum membuat animasi maka akan memaksimalkan hasil karya yang dihasilkan.

Dalam bab ini menjelaskan tentang Software yang dapat digunakan saat pengerjaan membuat animasi.

Adobe after effect

Adobe after effect dalah perangkat lunak 5omputer5nal pengolah motion graphic (grafik gerak digital) untuk editing konten video serta efek visual. Software inilah yang secara luas dan Handal digunakan untuk kebutuhan pembuatan video, konten multimedia, film, hingga web. Kemampuan utama dari software ini yaitu dapat mengubah objek menjadi animasi. Software Adobe After Effects memiliki fasilitas editing video yang lebih lengkap dibandingkan software editing lainnya. After Effects menggait fitur lengkap dari beberapa software, di antaranya tool Shape seperti Adobe Photoshop (untuk membuat bentuk), tool Keyframe (untuk mengatur kunci frame pada animasi) seperti pada Adobe Flash.

Fitur dalam adobe after effect:

  • Text Animation

Animasi teks akan membantu Anda dalam menganimasikan kata- kata. Fitur ini juga memiliki beberapa efek khusus seperti menggunakan efek tipografi 5ompute pada teks. Bahkan After Effects juga memudahkan Anda dalam menganimasikan logo (logo ini adalah grafis vector yang sebelumnya dibuat dari Illustrator). Anda juga bisa menambahkan animasi 5ompute pada teks secara 3D, untuk membuat animasi dan tampilan

tampak indah gunakanlah pro presets dan templates. Jika Anda tertarik membuat judul teks animasi berupa gulungan indah, tool pada Text Animation ini akan membantu Anda menyulap kata-kata Anda menjadi animasi. Olah dan atur dari preset yang tersedia atau Anda bisa membuat sendiri dengan menggunakan fitur keyframing. Beberapa ikon menarik dari Text Animation yaitu, Text animators, Graph editing, 3D text animation, dan Mask paths.

VFX/Visual Effects

Dengan fitur ini Anda bisa membuat keajaiban visual dari beberapa hal seperti menghilangkan objek pada video, menambah animasi 3D, membuat efek cuaca pada layer video, dan menambahkan efek khusus untuk membuat karya terlihat 6ompu dan nyata. Beberapa efek visual dari fitur ini yaitu ‘Smooth handheld footage’, dengan ini Anda bisa melacak 6ompute video dan membuat gerakannya menjadi halus dan seimbang menggunakan Stabilizer VFX. Kemudian ‘Add the weather’ untuk menambahkan cuaca seperti hujan, badai salju, pijar lensa/cahaya, efek kabut asap pada pemandangan yang Anda edit. Lainnya yaitu ‘Add 3D geometry and depth’ untuk mengubah animasi menjadi resolusi tinggi. Dengan bantuan render Cinema 4D akan memudahkan Anda dalam membuat ruang 3D pada layer, juga untuk meng-konversi bentuk dan teks menjadi obyek 3D.

Motion Graphics

Suguhan fitur yang satu ini sangat berguna sekali untuk Anda gunakan yaitu ‘Motion Graphics’. Dengan fitur ini Anda bisa menganimasikan grafik gerak dengan efek visual yang mempesona. Fitur ini juga menyediakan template desain 6ompute yang berkualitas atau bisa juga dengan membuatnya untuk dipakai berulang pada proyek yang ingin diedit. Beberapa fitur lengkapnya di antaranya, ‘Animasi logo menggunakan komposisi’, caranya buat komposisi dengan mengimpor file dari Adobe Illustrator, Photoshop, atau lainnya, dan atur skala, posisi, memutar objek, membuat rekaman objek, serta menganimasikannya. Fitur

lainnya seperti, ‘Menghidupkan/menganimasikan objek dengan background-nya’, ‘Membuat transisi secara khusus’ dengan menambahkan transisi secara dinamis, Anda juga bisa memberikan sentuhan warna dan bentuk serta membuat topeng animasi pada adegan video. Kemudian pada fitur ini juga terdapat ‘Expressions untuk motion graphics’ yang digunakan untuk membuat grafik gerak secara 7ompu pada animasi objek dengan menghemat waktu tanpa membuat ratusan 7ompute berulang. Ekspresi ini juga akan menciptakan 7ompute dinamis dan tertata secara efisien.

Rotoscoping

Rotoscoping ini digunakan untuk memotong 7ompute objek dari video. Di fitur ini Anda bisa menghapus elemen dari video dan menambahkan ke live-action footage. Pada rotoscope ini Anda juga bisa menemukan 7omput pengomposisian untuk menggabungkan elemen yang bergerak dari proyek video.

Motion Tracking

Seperti nama fiturnya yaitu Motion Tracking, Anda bisa melacak pergerakan obyek di dalam video. Anda bisa mempelajari 7omput dari fitur ini untuk menyematkan elemen grafis ke dalam objek untuk menciptakan 7ompute dinamis dan mulus dengan bantuan kamera.

Adobe illustrator

Adobe Illustrator merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh perusahaan software terkemuka Adobe System yang dapat digunakan untuk editor gambar 7omput. Secara garis besar fungsi Adobe Illustrator adalah sebagai software editing gambar 7omput. Akan tetapi secara lebih

khusus lagi, sobat 8omputer dapat menggunakan Adobe Illustrator untuk keperluan membuat desain – desain sebagai berikut :

  • Membuat desain logo
  • Desain Aplikasi
  • Desain Gambar
  • Desain Wallpaper
  • Desain Kartun
  • Desain Ikon
Fitur yang ada dalam Adobe illustrator
  • Pen toolpathfinder.Clipping maskTypePatternDll.
Paint Tool Sai

Paint Tool Sai adalah aplikasi dimana kamu bisa membuat gambar seperti anime dengan cukup mudah. Paint Tool Sai memiliki beberapa fitur yang mudah untuk di jalankan. dan sebelum aku mulai memberi tutorial tentang Paint Tool Sai aku akan memeperkenalkan terlebih dulu pada kalian apa saja fitur yang ada di dalam Paint Tool Sai. Banyak para digital

artist yang menggunakkan SAI dalam membuat karya, karena hasil gambar yang dibuat oleh SAI (menurut pandangan beberapa orang) terlihat lebih bagus daripada oleh software lain. SAI memiliki fitur pressure dan sensitivitas pen untuk pengguna drawing tablet, hal ini memungkinkan pengguna untuk bisa menghasilkan goresan gambar yang berbeda (tergantung tekanan yang ia berikan saat menggambar).

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau biasanya di sebut sebagai Photoshop merupakan perangkat lunak, Untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Photoshop dikhususkan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP oleh karena itu Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer. Format File Photoshop mampu untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti

.png, .gif, .jpeg, dan lain-lain.   Adobe   Photoshop   hanyalah    untuk aplikasi pengedit foto ataupun gambar dengan tipe raster atau bitmap. Namun sebagai aplikasi pengedit gambar, fungsi Photoshop dapat dijabarkan lebih khusus lagi, yaitu untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar. Fungsi Photoshop juga untuk merekayasa gambar yaitu dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar gambar tersebut

terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya

Fitur yang ada dalam Adobe Photoshop :
  1. Mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru.
  2. Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar.
  3. Memberi atau merubah warna
  4. Merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar
  5. Mempertajam warna dan kualitas gambar
  6. dll
Bagian penting dalam Adobe Photoshop
  1. Layer
  2. Tool
  3. Menu
  4. Toolbox
Blender

Blender merupakan sebuah perangkat lunak grafika 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video. Umumnya Blender dikenal luas oleh masyarakat sebagai paket pembuatan 3D gratis, Software ini juga dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, misalnya Windows, macOS, dan Linux. Memang pada kenyataannya banyak software animasi 3D yang dapat digunakan, meski demikian Blender tetap menjadi software animasi 3D terbaik.

Fitur yang ada dalam Blender :
  1. Modeling dan sculpting
  2. Texturing dan UV unwrapping
  3. Rigging dan animasi
  4. Fitur dan tool tambahan
Microsoft word

Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, teks atau tulisan. Contohnya seperti pembuatan laporan, buku, makalah, jurnal dll. Dalam definisi lain,

Microsoft word adalah software yang berfungsi untuk membuat, mengedit dan memformat data dalam bentuk dokumen yang hasilnya bisa disimpan dalam bentuk softcopy (file) ataupun hardcopy (hasil print). Microsoft word mempunyai beragam fitur yang dapat membantu kebutuhan para penggunanya. selain masukan huruf dan angka, word juga mendukung penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran halaman dan format keluaran file yang beragam mulai dar .txt sampai format pdf.

  • Fungsi utama Microsoft word :
  • Untuk Pembuatan Dokumen
  • Untuk Pengeditan Dokumen
  • Untuk Alat Keluaran Dokumen (output)
Adobe premiere

Adobe Premiere merupakan sebuah perangkat lunak berupa program video editing yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Adobe sendiri pertama kali merilis software tersebut pada tahun 1991, tepatnya di bulan Desember dengan versi 1.0 yang hanya bisa digunakan pada platform OS Mac saja.

Baru pada tahun 1993, Adobe Premiere versi 1.0 yang dapat digunakan untuk platform Windows pertama kali dirilis. Hal tersebut semakin mengukuhkan kepopuleran Adobe Premiere sebagai program editing video. Hingga aplikasi ini mengalami perkembangan desain, dan meluncurlah Premiere Pro di tahun 2003.

Adobe Premiere Pro adalah acuan dari versi yang lebih baru dengan berbagai macam fitur anyar yang ditawarkan. Adobe Premiere Pro pun

sampai sekarang masih terus dikembangkan agar menjadi lebih baik. Tidak heran jika para profesional sering memanfaatkannya dalam bidang pertelevisian, broadcasting, film, sampai sinetron.

  • Fungsi dan Fitur Utama Adobe Premiere

Setelah melihat pengertian Adobe Premiere, tentunya sudah sedikit tergambarkan apa fungsi dari software tersebut. Jadi fungsi utamanya adalah sebagai program pengolah video, jadi bisa anda gunakan untuk menghasilkan proyek video menjadi maksimal. Fitur utama yang ditawarkan antara lain adjust sound and import graphics, colour gradient, dan efek khusus lainnya dari aplikasi Adobe.

Sejak pertama kali rilis, fitur Adobe Premiere memang terus mengalami perkembangan. Dimana Premiere Pro sendiri mendukung editing video dengan kualitas tinggi sampai 4K x 4K resolusi di 32 bit per channel warna. Bahkan pada Premiere Pro CS3, ditambahkan pula dukungan output ke blu ray disc yang akan memudahkan pengguna.

  • Kelebihan Adobe Premiere

Kelebihan dari aplikasi perlu diketahui oleh pengguna, selain pengertian Adobe Premiere itu sendiri. Yang mana perangkat lunak besutan Adobe System tersebut memiliki cukup banyak kelebihan, sehingga membuatnya kerap menjadi pilihan untuk dimanfaatkan pada ranah pekerjaan yang berkaitan dengan multimedia.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan antara lain tersedianya fasilitas efek yaitu sound effects dan video effects, kemampuan timeline dalam memasukkan audio dan video ke banyak kolom, kemampuan membaca berbagai format file, pengoperasian yang mudah, serta begitu komprehensif ketika dikombinasikan dengan software Adobe lainnya.

Sebagai contoh, anda bisa mengkombinasikan efek animasi dari After Effects dalam proyek editing yang sedang dilakukan. Jadi anda pun dapat memadukan banyak efek yang telah disiapkan untuk menciptakan tampilan video yang lebih komunikatif serta kreatif untuk audience. Selain itu, Adobe Premiere Pro juga mendukung pembuatan video Virtual Reality (VR)-360 derajat.

  • Kekurangan Adobe Premiere

Pengertian Adobe Premiere ditambah penjelasan mengenai fitur fiturnya, tentu masih kurang sebagai bahan pertimbangan. Oleh karena itu, anda juga perlu mengetahui kekurangan dari aplikasi tersebut sekadar untuk berjaga jaga. Beberapa kekurangan yang dimiliki antara lain ukuran software tergolong besar dan tidak hemat penyimpanan disk. Anda juga butuh spesifikasi komputer yang mumpuni.

Demikian ulasan terkait aplikasi Adobe Premiere yang bisa dijadikan pertimbangan ketika ingin download software tersebut. Meskipun memiliki kekurangan, namun kekurangan dari perangkat lunak satu ini sebenarnya sangat wajar. Tentu aplikasi membutuhkan spesifikasi perangkat yang mumpuni dan memiliki ukuran besar, melihat bagaimana fitur dan kelebihan yang ditawarkannya.